Banyak perusahaan telah mengakui direct selling sebagai metode paling efektif untuk membangun bisnis fleksibel dengan biaya rendah. Pasalnya, ada sekitar 41,6 juta konsumen yang lebih menyukai pembelian melalui saluran penjualan langsung pada tahun 2020 di Amerika Serikat.

Itulah bukti nyata penjualan langsung merupakan salah satu peluang paling menjanjikan apabila StickFriends dapat menerapkannya dengan cara yang tepat. Pada artikel ini, StickFriends akan mengkaji secara mendalam mengenai apa itu direct sales? Apa saja macam, manfaat, dan contohnya?

Apa Itu Direct Selling?

Direct sales atau direct selling adalah sistem penjualan yang menghilangkan keterlibatan perantara atau pihak ketiga dalam proses distribusi antara produsen dan konsumen.

Hal paling penting yang perlu StickFriends ketahui tentang direct selling adalah penjualan yang akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, tanpa takut terkendala kemerosotan. Terbukti dengan penjualan langsung di Amerika Serikat melonjak dari $76.7 miliar di tahun 2019 menjadi $123.3 miliar di tahun 2021.

Sehubungan dengan itu, para pakar pengamat memperkirakan angka yang fantastis pada tahun 2023, yaitu mencapai $175 miliar. Dalam catatan statistika lainnya, penjualan langsung menyumbangkan kekayaan pada ekonomi dunia di tahun 2019 sebesar $193 miliar.

Dengan kata lain, industri penjualan langsung yang mencakup lebih dari 118,4 juta perwakilan di seluruh dunia, membawa dampak yang sangat besar. Perwakilan dunia itu 59% diantaranya berada di sektor Asia, 26% di sektor Amerika Utara dan Amerika Selatan, dan 12% terakhir berada di sektor Eropa.

Cara Kerja Direct Selling

Screen Shot 2022-11-11 at 09.35.14.png

Penjualan langsung termasuk dalam kategori penjualan B2C (business-to-customer) yang terjadi secara langsung ataupun melalui media online. Penjualan dengan metode ini umumnya terjadi di lingkungan non-ritel, yang mana Stickfriends tidak akan menemukan produknya di toko konvensional biasa.

Maka dari itu, penjualan dengan sistem ini sangat bergantung pada tenaga penjualan (sales) yang akan langsung mendatangi target market untuk menawarkan produk. Kemampuan mereka dalam memperkenalkan dan menawarkan produk akan mempengaruhi tingkat keberhasilan penjualan. Dengan menerapkan sistem penjualan seperti ini, StickFriends dapat mengurangi biaya pemasaran dan biaya overhead. Tambahan pula, StickFriends juga dapat membangun hubungan yang solid dengan para konsumen dalam jangka waktu yang lama.

Di sisi lain, StickFriends juga perlu mempertimbangkan situasi dan kondisi perusahaan serta produk yang akan dijual, terlebih jika bisnis masih baru. Lagi pula, metode penjualan ini membutuhkan orang-orang yang cakap di bidangnya. Sehingga, StickFriends harus memperhitungkan segalanya dengan cermat.

Manfaat Direct Selling

Populernya teknik penjualan langsung tentunya berkaitan dengan beragam manfaat atau keuntungan yang dapat perusahaan StickFriends peroleh dengan menggunakan model penjualan ini. Di bawah ini adalah deretan keuntungan dari direct selling, antara lain:

  • Perusahaan berkesempatan untuk mempersonalisasi produk dengan cara yang efektif dan efisien.
  • Perusahaan dapat menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen.
  • Sistem yang mudah StickFriends kontrol di setiap tahap interaksi konsumen.
  • Membangun hubungan erat antara perusahaan dan konsumen.
  • Tugas dan jam kerja yang fleksibel bagi para sales.
  • Minimalisir kegagalan atau penipuan atas ditiadakannya perantara.

Macam-Macam Direct Selling

Informasi mengenai macam-macam penjualan langsung tidaklah selalu konsisten. Sebab, pengkategoriannya berhubungan dengan metode yang digunakan di berbagai perusahaan. Namun, penjualan langsung dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori secara umum, antara lain:

1. Penjualan Satu Tingkat (Single-level Sales)

Dalam penjualan jenis ini, seorang tenaga penjualan (sales) akan mendapatkan komisi untuk memperdagangkan produk tertentu. Contohnya, karyawan di suatu biro iklan mendapat sejumlah komisi dari beberapa layanan yang mereka berikan.

2. Penjualan Bertingkat (Multi-level Sales)

Berbeda dengan pemasaran satu tingkat yang langsung fokus ke penjualan, di dalam penjualan bertingkat para sales tidak hanya bertanggung jawab untuk menjual produk. Tapi, mereka juga harus merekrut tenaga penjualan baru. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan remunerasi dari hasil penjualan mereka sendiri dan persenan dari hasil penjualan orang yang mereka rekrut. Metode seperti ini biasanya populer di kalangan perusahaan MLM (Multi Level Marketing).

Baca Juga: 10+ Strategi Pemasaran dan Langkah - Langkahnya yang Efektif!

Metode Direct Selling

Seperti yang ada pada pernyataan sebelumnya, metode yang perusahaan lakukan mempengaruhi pengkategorian penjualan langsung. Sementara itu, tenaga penjualan (sales) menggunakan pendekatan komunikasi yang berbeda-beda sesuai dengan prospek mereka masing-masing. Simak penjelasan singkat berikut ini:

1. Penjualan Satu Lawan Satu (One-on-one Sales)

Metode ini menggunakan sistem komunikasi tatap muka secara langsung antara produsen dengan konsumen. Misalnya, seorang sales pergi ke pertemuan bisnis individu untuk membicarakan produk dengan seorang client. Selain itu, sales datang dari rumah ke rumah konsumen (door-to-door) untuk menawarkan produk.

2. Penjualan Secara Daring (Online Sales)

Screen Shot 2022-11-11 at 09.47.38.png

Perusahaan single-level dan multi-level sales kerap menggunakan metode ini sebagai metode berkelanjutan mereka. Artinya, direct selling yang menggunakan metode online sales sangat cocok untuk penjualan jangka panjang.

Screen Shot 2022-11-11 at 09.49.32.png

Misalnya, baik perusahaan MLM besar skala internasional maupun usaha lokal kecil, sama-sama menjual produk atau layanan mereka melalui situs website atau akun media sosial mereka sendiri.

3. Mengadakan Acara Penjualan (Host or party-plan Sales)

Screen Shot 2022-11-11 at 09.50.39.png

Metode ini dapat StickFriends lakukan saat terdapat banyak target market berkumpul. Namun, StickFriends tidak harus menunggu kesempatan orang berkumpul. Dalam rangka menjemput bola, perusahaan Stickfriends dapat menggelar sebuah acara sosial yang mengundang banyak masyarakat.

Setelah itu, hadirkan produk perusahaan di hadapan para tamu undangan dan tugas sales yang mempresentasikannya. Pertemuan macam ini dapat menjadi alternatif yang mendorong target market untuk melakukan pembelian sambil menikmati suasana perayaan santai mereka.

Baca Juga: 9 Cara Memasarkan Produk Yang Belum Dikenal Dengan Cepat & Efektif

Contoh Direct Selling

Setelah mengetahui macam dan metodenya, simak beberapa contoh penjualan langsung yang dapat StickFriends jadikan sebagai referensi pembanding, antara lain:

1. D2C (Direct-to-consumer) Sales

Para konsumen cenderung membeli produk Apple secara langsung di Apple Store kepercayaan mereka, baik melalui online maupun offline store Apple.

2. Single-level Sales

Konsumen Vivint Solar akan mendapatkan penawaran menarik melalui situs web mereka, tapi sebagian besar penjualan melalui vendor direct selling yang mereka lakukan di telepon atau door-to-door. Vendor tersebut tentunya mendapat komisi berdasarkan hasil penjualan mereka.

3. Multi-level Sales

Pelanggan perusahaan Monat cenderung melakukan pembelian melalui sales distributor atau tim perwakilan. Sementara itu, pendapatan sales tidak hanya bersumber pada pembelian produk, tapi persenan hasil perekrutan sales baru di bawah tim mereka.

Bagaimana Cara Agar Strategi Direct Selling Semakin Efektif?

Jika sudah membaca sampai di sini, berarti StickFriends pasti sudah memahami peran penting direct selling bukan? Terlebih, StickFriends harus menemukan strategi-strategi efektif untuk meningkatkan performa bisnis. Oleh sebab itu, salah satu langkah tepat adalah bekerjasama dengan StickEarn.

Mengapa harus StickEarn? Karena StickEarn merupakan startup yang bekerja di bidang teknologi periklanan terbaik di Indonesia. Perusahaan ini fokus pada konsep layanan pengiklanan digital yang lengkap dengan teknologi mutakhir dan efisien menjangkau lebih banyak konsumen.

Beberapa layanan iklan yang dapat StickFriends kolaborasikan dengan strategi pemasaran direct selling, yaitu Transportation Advertising, DOOH Advertising, dan Digital Platform Advertising. Apabila StickFriends tertarik, silahkan kunjungi situs resmi stickearn.com dan dapatkan rekomendasi produk yang tepat. Selamat mencoba!

CTA Banner Blog - 02.png