Pemasaran adalah kegiatan dalam usaha yang meliputi beberapa aksi terencana untuk memenuhi permintaan pasar. Pemasaran ini memiliki beberapa cabang yang biasa digunakan oleh masyarakat secara umum. Jenis pemasaran tersebut bisa para StickFriends gunakan untuk memajukan proses penjualan dalam bisnis serta membantu kelangsungan usaha di masa depan.

Beberapa strategi pemasaran di bawah ini juga dapat membentuk citra perusahaan dengan baik di mata calon pelanggan. Sehingga produk atau jasa bisa jadi lebih efektif dan berpromosi pun bisa terjadi bersamaan.

12 Jenis Pemasaran untuk Dipraktekkan

Di bawah ini adalah contoh pemasaran yang umum untuk perusahaan besar. Inilah dia daftarnya.

1. Iklan Berbayar

Jenis strategi pemasaran yang pertama yaitu dengan melakukan pengiklanan secara berbayar. Iklan berbayar ini bisa menggunakan sosial media atau bahkan media konvensional.

Untuk sosial media, kamu bisa menggunakan Google Ads, Instagram Ads dan lain sebagainya. Sedangkan untuk media konvensional, kamu bisa menggunakan poster, iklan di televisi, billboard, juga iklan di transportasi umum seperti pada kereta.

Baca Juga: Pengertian Billboard dan Manfaatnya bagi Pengiklan

Kedua jenis iklan ini memiliki beberapa perbedaan dalam keefektifan juga masalah harga. Namun, keduanya merupakan media yang efektif dalam pemasaran.

2. Pemasaran Transaksional

Jenis pemasaran transaksional biasa dilakukan untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Pemasaran ini menggunakan program diskon, potongan, kupon, dan juga promosi acara besar untuk menarik pelanggan. Pemasaran ini biasanya biasa terjadi dalam jangka waktu yang pendek.

Namun, banyak perusahaan besar yang menggunakannya karena dianggap ampuh untuk meningkatkan penjualan.

3. Jenis Pemasaran Media Sosial

Pemasaran selanjutnya bisa dengan menjangkau pengguna sosial media. Pengguna sosial media di Indonesia ada lebih dari 2 juta orang. Hal ini membuat promosi pemasaran dengan media ini menjadi sangat efektif.

Apalagi media sosial adalah media promosi produk yang cukup hemat daripada cara lainnya. Media sosial juga bisa digunakan untuk membangun citra perusahaan dengan lebih baik.

Jika ingin berpromosi dengan media sosial, StickFriends bisa menggunakan Instagram, Twitter, Facebook, bahkan YouTube. Gunakan agensi digital marketing jika ingin lebih sukses promosi dengan cara ini.

Baca Juga: 9 Cara Memasarkan Produk Yang Efektif dan Cepat

4. Pemasaran Interaktif

Pemasaran interaktif menerapkan strategi penjualan dengan melibatkan calon pelanggan dalam prosesnya. Hal ini bisa terjadi dengan adanya proses kustomisasi dalam produksi. Selain itu hal ini juga dapat diterapkan pada pembuatan produk dengan sistem edisi terbatas.

Hal ini bisa memberikan efek baik pada penjualan karena membuat konsumen bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan dan membuat mereka mengetahui informasi mengenai produk dan jasa yang ada. Sehingga nantinya akan membuat permintaan konsumen meningkat daripada sebelumnya.

5. Pemasaran Konten

Jenis pemasaran selanjutnya yaitu dengan menggunakan konten. Pemasaran ini berguna untuk memberikan informasi yang dibutuhkan serta diinginkan oleh calon konsumen. Dengan begitu konsumen akan tertarik dengan produk dan layanan tersebut.

Pemasaran konten ini bekerja dengan membuat pelanggan merasa tertarik dengan produk dari konten berguna dari perusahaan terkait. Untuk melakukannya, kamu harus bisa memahami konsumen. Mulai dari apa yang mereka suka, apa yang mereka inginkan dan masalah apa saja yang biasa terjadi oleh konsumen.

6. SEO

Strategi pemasaran berikut yaitu dengan SEO atau Search Engine Optimization. Cara ini sangat digandrungi oleh banyak perusahaan besar di dunia. Hal ini karena penggunaan SEO terbukti efektif dan efisien untuk masa-masa sekarang ini.

Pemasaran SEO berusaha mendapatkan traffic dari mesin pencarian seperti Google dengan menggunakan konten berbasis SEO pada website masing-masing. Semakin berkualitas konten SEO maka akan semakin tinggi peringkatnya. Hal ini akan membuat pemasaran jadi semakin baik.

Baca Juga: Teknik Pemasaran Paling Efektif Untuk Bisnis Yang Kamu Harus Tahu!

7. Jenis Pemasaran Menggunakan PR

Pemasaran PR atau Earned Media adalah pemasaran yang didapatkan dengan cuma-cuma dari pelanggan. Jenis strategi ini tidak bisa dibuat-buat adanya karena sangat bergantung pada kualitas produk atau jasa yang dimiliki.

Earned Media ini bisa dari testimoni, review dari pelanggan, pembicaraan produk dan jasa di media sosial, juga pembicaraan produk dari mulut ke mulut. Untuk menikmati pemasaran jenis ini, kamu harus memastikan bahwa produk dan layanan yang ada telah memuaskan pelanggan. Sehingga akan ada efek positif yang didapat dari mereka.

8. Inbound Marketing

Jenis pemasaran berikutnya yaitu dengan cara inbound marketing. Strategi ini yaitu berupa pemberian konten yang relevan kepada konsumen, sehingga menarik konsumen lebih dekat dengan perusahaan.

Metode ini berusaha membangun hubungan yang positif dengan para konsumen sehingga penggunaan produk dan jasa bisa terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Pemasaran dengan cara ini harus terencana dengan benar dan dengan relevansi yang tepat. Sehingga mendapatkan hasil yang sesuai tujuan.

Baca Juga: Pengertian Iklan? Ini Fungsi, Ciri - Ciri, dan Tujuan Beriklan

9. Telemarketing

Strategi satu ini sudah sering digunakan oleh banyak perusahaan dari zaman dahulu. Walau begitu, cara ini dianggap masih bekerja dengan baik.

Strategi pemasaran telemarketing menggunakan sambungan telepon atau website dengan pelanggan untuk menawarkan jasa atau produk dari perusahaan. Biasanya cara ini dilakukan oleh perusahaan kartu kredit atau pada perusahaan komunikasi.

10. Jenis Pemasaran Email Marketing

Selanjutnya yaitu dengan email. Pemasaran menggunakan email memberikan promosi produk dan layanan jasa pada pelanggan. Hal ini harus terencana dengan benar. Karena jika tidak, pelanggan akan jenuh melihat email yang terus datang dan membuat mereka berhenti berlangganan.

11. Program Referral

Jenis pemasaran lainnya yaitu dengan cara referral. Strategi ini berusaha membuat para calon konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa dan produk yang ada dengan bantuan konsumen lainnya. Cara ini dianggap efektif dan sudah banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan besar.

12. Conversational Marketing

Pemasaran jenis ini memberikan suatu usaha promosi dengan menyediakan layanan dan informasi secara konversasional melalui pesan. Sehingga konsumen bisa memperoleh informasi dengan cepat dan bisa membeli produk dengan langsung.

Kira-Kira, Jenis Pemasaran Mana yang Akan Kamu Coba?

Begitulah artikel tentang jenis-jenis pemasaran yang dapat kamu gunakan untuk solusi penjualan usaha kamu. Jika kamu penasaran ingin coba memasarkan produk buatanmu sendiri, bisa nih gunakan jasa dari StickEarn.

StickEarn memberikan jasa pengiklanan produk yang efektif dan sesuai dengan citra dari produk para StickFriends. Yaitu dengan menggunakan teknologi yang inovatif, dapat terakses dengan mudah dan tentunya berimbas besar pada bisnis. Sehingga target yang kamu inginkan untuk usaha bisa tercapai dengan lebih cepat dan lebih tepat.

StickEarn menggunakan media pengiklanan berupa iklan transportasi seperti mobil, motor, bis, pesawat, angkutan umum, hingga kereta yang pasti dapat terakses oleh orang banyak. Hal ini akan membuat usaha para StickFriends jadi bisa lebih dikenal oleh kalangan masyarakat luas di Indonesia.

Selain itu, StickEarn juga telah bekerja sama dengan berbagai merek terkenal di Indonesia dan telah terbukti sebagai perusahaan yang terpercaya.

Jika kamu mau coba salah satu jenis pemasaran di atas, coba dengan perusahaan yang berpengalaman dan terpercaya seperti StickEarn. Kami siap membantu keberhasilan usaha Anda!

CTA Banner Blog - 01.png