StickFriends pasti sudah tidak asing dengan istilah billboard, apalagi keberadaannya yang mudah ditemui di jalan-jalan. Namun, apa StickFriends pernah menemui billboard yang nampak nyata? Jika iya, itulah yang disebut sebagai billboard 3D. Lantas, bagaimana cara membuatnya dan apa saja contohnya? Simak ulasan berikut!

Apa itu 3D Billboard?

Billboard 3D adalah out-of-home platform yang mampu membuat pengalaman visual yang lebih memorable dan nyata. Kombinasi antara iklan billboard dan teknologi 3D membuat platform yang satu ini memiliki terobosan teknologi paling modern sekarang dan menjadikannya sebagai tren terbaru.

Media satu ini mampu memberikan kesan yang lebih realistis, sehingga setiap produk yang diiklankan menjadi lebih menarik. Hal tersebut terjadi karena gambar atau video yang dipasang memiliki efek 3D dan berbeda dari billboard konvensional.

Mungkin sekarang StickFriends bertanya-tanya tentang apakah billboard tersebut nyata atau tidak. Secara sederhana, itu hanyalah sebuah gambar biasa yang dibuat seakan-akan muncul dan bergerak setiap mata berubah arah. Sehingga setiap orang yang melihat merasa dapat menyentuhnya.

Keunggulan 3D Billboard

Iklan menggunakan billboard 3D memiliki keunggulan tersendiri. Apalagi jika dibandingkan dengan billboard konvensional. Berikut adalah keunggulannya yang StickFriends wajib ketahui:

1. Visual Lebih Menonjol

Billboard 3D mampu menampilkan visual yang jauh lebih menarik dan menonjol. Gambar 2D memiliki tampilan yang sudah terlalu biasa di mata masyarakat. Karena itu, iklan dengan gambar 2D akan membuat audiens lebih mudah merasa bosan dan kehilangan rasa tertarik untuk melihat iklan.

Berbeda dengan efek 3D dengan kesan lebih nyata memberikan pengalaman yang lebih baru dan berbeda untuk setiap orang yang melihatnya. Tidak bisa dipungkiri, dengan visual menarik tersebut iklan akan lebih mudah menarik perhatian audiens. Billboard 3D akan membantu bisnis untuk menyampaikan pesan yang lebih kuat.

2. Impresi Lebih Kuat

Billboard dengan visual unik ini dapat meningkatkan brand awareness yang lebih kuat. Impresi yang kuat juga akan lebih mudah tinggal di pikiran audiens. Sehingga akan terdapat peluang membuat audiens melihat dan mencari kembali informasi seputar produk di dalam iklan dengan impresi yang melekat di pikiran mereka tersebut.

3. Berpeluang Menjadi Marketing Masa Depan

Billboard konvensional tentu masih memiliki impact yang baik untuk sebuah brand. Namun, daya tarik dari billboard 3D tentu jauh lebih kuat dan sulit untuk diabaikan. Bahkan dapat dikatakan dapat menjadi marketing masa depan. Tren yang terus berkembang ini akan membawa banyak sekali keuntungan dan popularitas brand.

Baca Juga: Mengenal Digitron: Digital Billboard Pintar dari StickEarn

Cara Membuat 3D Billboard

Cara membuat 3D billboard sendiri adalah dengan forced perspective. Gambar yang sebenarnya datar bisa terlihat memiliki dimensi melalui sudut pandang tertentu. Apalagi dengan teknologi yang semakin maju, layar bisa memberikan ilusi yang semakin nyata.

Efek 3D akan menggunakan format anamorphic yang membuat gambar terlihat akan keluar dari layar dan menghampiri orang yang melihatnya. Mata telanjang dapat melihat efek 3D, karena mata sebelah kanan dan kiri akan menerima gambar dalam posisi yang berbeda. Setelah itu, otak akan menggabungkan dua informasi yang berbeda tersebut untuk membentuk gambar dari dari berbagai arah. Pada dasarnya forced perspective akan menarik mata manusia pada suatu objek yang spesifik dalam sebuah gambar.

Contohnya adalah ketika terdapat gambar seseorang yang berdiri di depan bagunan besar. Pengamat tidak dapat mengetahui mana yang lebih dekat, karena secara otomatis otak akan berasumsi bahwa seseorang di dalam gambar tersebut memiliki ukuran yang sama dengan bangunannya. Namun, jika orang dalam gambar tersebut berdiri sangat dekat dengan pengamat, maka otak akan berpikir jarak tersebut jauh lebih dekat dari yang sebenarnya. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan orang tidak terbiasa melihat hal-hal dari jarang yang sangat dekat.

Kesimpulannya, manusia memiliki kemampuan bawaan untuk menilai jarak hanya dengan mata. Manusia dapat mengetahui seberapa jauh suatu benda atau hal lainnya hanya dengan melihat seberapa besar atau kecil benda tersebut terlihat dibandingkan dengan benda lainnya.

Baca Juga: Apa Itu OOH (Out-Of-Home Advertising)? Ketahui Tren & Contohnya!

Contoh Billboard 3D

Billboard dengan efek 3D memang jauh lebih mudah ditemukan di luar negeri. Namun, sekarang sudah terdapat videotron 3D yang muncul di Jakarta. Berikut adalah berbagai contohnya:

1. 3D Billboard House of The Dragon

Pertama adalah 3D Billboard HBO GO House of The Dragon yang diluncurkan oleh StickEarn, tepatnya terletak di Fly Over Pasupati, Bandung. Billboard ini sempat viral dan menarik karena keunikannya. Tepatnya adalah saat naganya sesekali mengeluarkan api dan asap sehingga menarik perhatian orang sekitar.

Salah satu keunggulan lainnya yang membuat billboard ini mendapatkan sorotan banyak orang adalah desain yang sangat langka karena tidak menutup semua bagian billboard. Tentu dengan look yang anti mainstream ini, orang akan semakin tertarik untuk melihatnya. Out of the box!

2. 3D Digital Billboard Giant Cat Tokyo

Masyarakat Tokyo sempat dihebohkan dengan munculnya Billboard kucing raksasa di tengah pandemi covid-19. Kucing raksasa tersebut berasal dari 3D digital billboard. Hal paling menarik dari kucing raksasa tersebut adalah gerakannya yang terlalu realistik seperti kucing nyata.

Hal inilah yang berhasil menarik banyak sekali perhatian audiens. Hingga membuat beberapa orang mulai membagikannya di media sosial dan meningkatkan kepopuleran billboard satu ini.

3. 3D Billboard Nike Japan

Masih di Jepang, brand sepatu terkenal yaitu nike juga sempat menarik perhatian dengan iklan billboard 3D. Iklan tersebut merupakan Billboard Campaign Air Max Day. Billboard tersebut menayangkan sebuah kotak sepatu yang mengeluarkan berbagai model sepatu Nike.

Dalam iklan tersebut Nike menampilkan visual dari sepatu yang seakan-akan dapat keluar dari billboard. Visualnya yang sangat unik dan keren tentu mampu menarik banyak sekali perhatian masyarakat. Bahkan banyak orang membagikannya melalui media sosial, hingga membangun interaksi dan word of mouth digital.

4. Samsung Galaxy S22 A Tiger 3D Billboard

Samsung juga pernah membuat billboard dengan efek 3D yang menampilkan macan. Tujuannya adalah untuk menjadi bagian dari campaign Samsung Galaxy S22 Series. Beberapa tempat yang menampilkan billboard ini adalah kota Seoul, New York, London, Dubai, hingga Kuala Lumpur.

Yuk, Gunakan Billboard 3D untuk Bisnis Sekarang Juga!

Menggunakan billboard 3D sebagai media iklan akan memberikan dampak yang lebih signifikan untuk bisnis karena pengalaman visual yang lebih istimewa. Jika tertarik untuk mencoba menggunakan billboard sebagai media promosi, maka StickFriends bisa menggunakan jasa Stickearn.

Sebagai perusahaan periklanan dengan layanan yang selalu mengikuti tren, StickEarn akan membantu bisnis melakukan promosi secara maksimal. StickEarn memiliki layanan Digital Out-of-Home Advertising, salah satu produknya yang bisa StickFriends gunakan adalah Digitron.

Namun, jika StickFriend tertarik menggunakan platform media lain, maka jangan khawatir. Karena StickEarn masih memiliki berbagai layanan lain yaitu Transportation dan Digital Advertising. StickFriends bisa mengunjungi stickearn.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Yuk, kembangkan bisnis bersama StickEarn!

CTA Banner Blog - 01.png