Beriklan di media iklan luar ruang kini makin inovatif. Sebagai pengiklan, Anda tak hanya bisa mempromosikan produk menggunakan gambar statis saja, tetapi Anda juga dapat beriklan dengan gambar dinamis di billboard 3D.

Hal ini mungkin dilakukan karena sekarang tren outdoor advertising menawarkan billboard kreatif untuk promosi Anda. Hanya saja, kehadiran billboard ini jarang diketahui sehingga pengiklan lebih mengenal iklan di spanduk, baliho, dan iklan kendaraan dengan visual biasa.

Namun, jika saat ini Anda berencana beriklan di billboard jenis 3D, Anda wajib menyimak artikel ini. StickEarn akan mengulas secara lengkap mengenai media yang termasuk kategori DOOH advertising itu.

Simak juga case study brand yang beriklan menggunakan billboard di bawah ini:

Apa Itu Billboard 3D?

contoh iklan di billboard digital yang kreatif.jpg Source: Doc. StickEarn - Billboard 3D artinya ialah iklan kreatif yang memililki tampilan 3D.

Billboard 3D adalah salah satu media iklan out-of-home platform yang mampu membuat pengalaman visual menjadi lebih memorable dan nyata.

Kombinasi antara iklan billboard dan teknologi 3D membuat platform ini memiliki terobosan teknologi paling modern sehingga menjadikannya sebagai tren pemasaran terbaru yang menjanjikan.

Selain memorable, modernisasi yang hadir di 3D billboard juga mampu memberikan kesan realistis terhadap iklan yang tayang di papan iklan tersebut. Hasilnya, iklan pun makin eye-catching.

Hal tersebut terjadi karena gambar atau video yang dipasang memiliki efek 3D dan berbeda dari billboard konvensional. Namun, Anda pasti bertanya-tanya tentang apakah billboard tersebut nyata atau tidak, bukan?

Secara sederhana, itu hanyalah gambar biasa yang dibuat seakan-akan muncul dan bergerak setiap mata berubah arah. Billboard pun dapat membuat orang yang melihat merasakan efek realistisnya.

Keunggulan Iklan di 3D Billboard

Saat Anda beriklan menggunakan media outdoor advertising, Anda akan merasakan privilege khusus yang tak kalah dari iklan digital, StickFriends. Pasalnya, ada berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan dari layanan ini.

Berikut adalah keunggulan billboard 3D yang Anda wajib ketahui jika ingin beriklan di media out of home tersebut.

1. Visual Lebih Menonjol

Billboard 3D mampu menampilkan visual yang jauh lebih menarik dan menonjol. Gambar 2D memiliki tampilan yang sudah terlalu biasa di mata masyarakat.

Karena itu, iklan dengan gambar 2D akan membuat audiens lebih mudah merasa bosan dan kehilangan rasa tertarik untuk melihat iklan.

Berbeda dengan efek 3D dengan kesan lebih nyata memberikan pengalaman yang lebih baru dan berbeda untuk setiap orang yang melihatnya. Tidak bisa dimungkiri, dengan visual menarik tersebut iklan akan lebih mudah menarik perhatian audiens.

Billboard 3D akan membantu bisnis untuk menyampaikan pesan yang lebih kuat. Lalu, iklan di billboard juga dapat menyita perhatian khalayak untuk terus melihatnya.

2. Impresi Lebih Kuat

Billboard dengan visual unik dapat meningkatkan brand awareness yang lebih kuat. Impresi yang kuat juga akan lebih mudah untuk diingat audiens.

Dengan begitu, iklan berpeluang membuat audiens melihat dan mencari kembali informasi seputar produk di dalam iklan dengan impresi yang melekat di pikiran mereka tersebut. Iklan pasti dilirik!

3. Berpeluang Menjadi Channel Marketing Masa Depan

Billboard konvensional tentu masih memiliki impact yang baik untuk sebuah brand. Namun, daya tarik dari billboard 3D pastinya jauh lebih kuat dan sulit untuk diabaikan khalayak, StickFriends.

Bahkan, bisa kami katakan kalau media ini bisa menjadi kanal marketing masa depan yang berdampak untuk bisnis. Tren yang terus berkembang terhadap billboard 3D akan memberikan berbagai keuntungan dan popularitas bagi brand yang memanfaatkan.

Manfaat Iklan Billboard 3D

iklan di mobile led videotron yang unik.jpg

Source: Doc. StickEarn - Apa saja manfaat beriklan di billboard untuk bisnis?

Selain unggul dari beberapa sisi, iklan tersebut juga memberikan manfaat tersendiri bagi Anda. Dilansir dari Kompas.com, billboard secara khusus, terlebih jenis 3D, membawa banyak manfaat untuk promosi usaha.

  • Billboard menjadi media iklan luar ruang yang paling populer. Hal itu karena banyak brand yang memanfaatkannya sebagai salah satu teknik promosi produk mereka. Jadi, tentunya potensial, StickFriends!

  • Dapat membantu perusahaan atau brand dalam menyebarkan awareness dengan tepat dan terarah. Sebab, billboard, utamanya 3D, lebih dilihat oleh orang.

  • Mendukung kreativitas perusahaan. Jika Anda ingin membuat iklan luar ruang yang lebih kreatif, maka billboard 3D pilihannya. Di sana, Anda bisa membuat visualisasi iklan yang lebih unik dan menarik.

  • Membantu brand untuk meningkatkan reputasi produk. Dengan beriklan di billboard 3D, audiens bisa lebih memandang brand dibanding iklan dari brand lainnya. Citra bisnis pasti lebih terlihat!

  • Memudahkan audiens untuk lebih melihat dan mengenali iklan yang Anda buat.

Baca juga: Mengenal Brand Image, Contoh, & Manfaatnya untuk Bisnis

Contoh Billboard 3D

Billboard dengan efek 3D memang jauh lebih mudah ditemukan di luar negeri. Namun, saat ini beberapa videotron billboard 3D juga sudah ada yang tampil di Jakarta, StickFriends.

Berikut adalah contoh billboard 3D Jakarta dan negara lainnya yang dapat Anda ketahui. StickEarn sudah merangkumnya untuk menambah pemahaman Anda.

1. 3D Billboard House of The Dragon

Pertama adalah 3D Billboard HBO GO House of The Dragon yang diluncurkan oleh StickEarn di Fly Over Pasupati, Bandung. Billboard ini sempat viral karena keunikannya.

Elemen visual naga yang tampil dari billboard tersebut dapat mengeluarkan api dan asap sehingga menarik perhatian pengguna jalan. Ketika khalayak melihat iklan di media itu, tak sedikit masyarakat yang berhenti untuk sekadar melihat maupun mengambil foto.

Keunggulan lainnya yang membuat billboard ini menjadi sorotan adalah desain yang sangat langka karena tidak menutup semua bagian billboard. Tentu dengan look yang anti-mainstream, orang akan semakin tertarik untuk melihatnya. Out of the box!

2. 3D Digital Billboard Giant Cat Tokyo

Masyarakat Tokyo sempat dihebohkan dengan munculnya Billboard kucing raksasa di tengah pandemi Covid-19. Kucing raksasa tersebut berasal dari 3D digital billboard.

Hal paling menarik dari kucing raksasa itu adalah gerakannya yang terlalu realistik sehingga tampak nyata. Kucing seolah-olah berjalan keluar dari iklan.

Karena itulah, billboard unik di Jepang ini menarik perhatian berbagai audiens yang ada di jalan. Lagi-lagi, mereka tak hanya sekadar berhenti untuk melihatnya, tetapi ada yang sampai memotret dan membagikan fotonya ke media sosial.

Alhasil, billboard pun populer lantaran menjadi bahan obrolan warganet Jepang di media sosial.

3. 3D Billboard Nike Japan

Masih di Jepang, brand sepatu terkenal, yaitu Nike juga sempat menarik perhatian dengan iklan billboard 3D-nya. Perusahaan tersebut membuat iklan di billboard dengan Campaign Air Max Day.

Dalam iklan itu, Nike menampilkan visual dari sepatu yang seakan-akan dapat keluar dari billboard. Visualnya yang sangat unik dan keren mampu menarik perhatian masyarakat.

Bahkan, banyak orang membicarakan campaign billboard Nike melalui media sosial hingga dari iklan yang Nike buat dapat tercipta interaksi, promosi, dan word of mouth marketing digital yang menguntungkan bisnis mereka.

4. Samsung Galaxy S22 A Tiger 3D Billboard

Samsung juga pernah membuat billboard dengan efek 3D yang menampilkan macan. Tujuannya adalah untuk mempromosikan campaign Samsung Galaxy S22 Series.

Setidaknya ada beberapa tempat yang menampilkan billboard Samsung ini. Tak hanya di kota Seoul, New York, London, Dubai, hingga Kuala Lumpur juga turut menampilkan iklan perusahaan tersebut.

Cara Membuat 3D Billboard

tips membuat billboard 3d yang menarik dan kreatif.jpg Source: Unsplash - Strategi membuat promosi yang efektif dan dengan harga billboard 3D terbaik.

Cara membuat 3D billboard dapat dilakukan melalui berbagai langkah. Namun, salah satunya ialah dengan forced perspective, yaitu seni menciptakan ilusi kedalaman dengan memanipulasi skala dan ukuran gambar berdasarkan sudut pandang audiens..

Karena teknik ini, gambar yang sebenarnya datar dapat terlihat memiliki dimensi melalui sudut pandang tertentu. Apalagi dengan teknologi yang semakin maju, layar bisa memberikan ilusi yang semakin nyata.

Lalu, dalam seni tersebut juga terdapat format anamorphic yang membuat gambar terlihat keluar dari layar dan menghampiri orang yang melihatnya.

Mata biasa mungkin dapat melihat efek 3D karena mata sebelah kanan dan kiri akan menerima gambar dalam posisi yang berbeda.

Setelah itu, otak akan menggabungkan dua informasi yang berbeda tersebut untuk membentuk gambar dari berbagai arah. Pada dasarnya forced perspective akan menarik mata manusia pada suatu objek yang spesifik dalam sebuah gambar.

Contohnya adalah ketika terdapat gambar seseorang yang berdiri di depan bagunan. Pengamat tidak dapat mengetahui mana yang lebih dekat karena, secara otomatis, otak akan berasumsi bahwa seseorang di dalam gambar tersebut memiliki ukuran yang sama dengan bangunannya.

Namun, jika orang dalam gambar berdiri sangat dekat dengan pengamat, maka otak akan berpikir jarak itu jauh lebih dekat dari yang sebenarnya. Hal ini karena kebanyakan orang tidak terbiasa melihat hal-hal dari jarak yang sangat dekat.

Buat Iklan Anda di Billboard 3D Sekarang!

Harus diakui bahwa tren iklan menggunakan billboard 3D tengah menjadi primadona di beberapa negara, tak terkecuali di Indonesia. Berbagai perusahaan yang ada di Tanah Air bahkan sudah menggunakannya.

Billboard 3D tersebut mampu menghasilkan visualisasi yang luar biasa sehingga dapat menarik perhatian banyak orang. Oleh karena itu, tak heran jika media ini lebih menjadi pilihan ketika brand memutuskan untuk beriklan di media luar ruang.

Nah, jika Anda tertarik, tak perlu bingung mencari perusahaan iklan billboard Indonesia. Anda dapat bekerja sama bersama StickEarn melalui layanan DOOH Advertising MobileLED kami dengan klik banner yang ada di bawah ini.

CTA Banner Blog - 01.png