Reklame menjadi salah satu jenis iklan media cetak yang sering Anda jumpai di jalan. Media yang satu ini tampil di pinggir jalan dekat gedung atau pepohonan untuk mempromosikan sesuatu.

Namun, tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana strategi pemasaran saja. Ada juga reklame non komersial yang kini banyak digunakan oleh brand maupun organisasi untuk menyuasarakan sesuatu, seperti ajakan untuk menjaga kebersihan, hidup sehat, sampai soal pemilu yang mengajak masyarakat menggunakan hak suaranya pada pemilihan umum 2024 mendatang.

Reklame non-komersial adalah bentuk iklan yang tidak bertujuan untuk mencari keuntungan. Isi dari reklame non komersial juga menggunakan bahasa iklan yang halus karena berupa ajakan dan informati yang bisa mengedukasi para pembaca.

Karena peranan reklame non-komersial sangat penting, apalagi bagi perusahaan yang ingin membangun brand image positif mengenai sisi kemanusiaan bisnisnya, maka Anda perlu mempelajari tentang jenis iklan ini. Berikut ulasannya!

Baca juga: Jenis Iklan Berdasarkan Fungsi, Media, dan Tujuan yang Perlu Diketahui!

Apa yang Dimaksud dengan Reklame Non-Komersial?

reklame nonkomersial di jalan.jpg

Source: Shutterstock - Memahami tentang apa itu iklan reklame nonkomerial

Secara umum, reklame adalah media iklan yang digunakan untuk mempromosikan atau menginformasikan sesuatu kepada khalayak yang ada di jalan. Lewat jenis promosi yang satu ini, Anda bisa menyampaikan berbagai informasi dengan mudah.

Dalam buku Model Implementasi Kebijakan Penataan Reklame karya Hernimawati, Yulisar (2010) yang diketahui dari Detik.com menjelaskan bahwa reklame adalah benda, alat atau perbuatan yang menurut bentuk, susunan dan atau corak ragamnya.

Reklame tersebut hadir dengan tujuan untuk memperkenalkan, menganjurkan atau memujikan suatu barang, jasa atau seseorang yang kemudian diletakkan pada suatu tempat yang dapat dilihat, dibaca dan atau didengar oleh umum.

Ada beberapa jenis reklame, di antaranya ialah reklame komersial dan reklame non komersial yang StickEarn bahas. Perbedaan reklame komersial dan non-komersial terletak pada tujuannya.

Reklame komersial digunakan untuk kebutuhan pemasaran, seperti iklan atau untuk membuat campiagn marketing lainnya di perusahaan. Sementara, reklame non-komersial digunakan untuk kebutuhan nirlaba, seperti menginformasikan, mengajak, atau mengedukasi sesuatu hal.

Dalam beberapa tahun terakhir, tren reklame non-komersial telah meningkat secara signifikan sebagai respons terhadap meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Banyak brand, yang alih-alih mempromosikan diri, juga menggunakan medium ini untuk mengedukasi.

Contohnya iklan Aqua, yang walaupun tidak dipasang di reklame biasa, melainkan di Billboard statis, dapat menarik perhatian banyak orang. Aqua membuat iklan sederhana berupa teks untuk mengingatkan masyarakat agar tetap di rumah selama masa PSBB.

Kampanye iklan seperti brand tersebut juga makin banyak dibuat. Jika Anda ingin menjalankan iklan non-komersial, khususnya menggunakan Billboard statis, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. StickEarn menyediakan iklan offlline melalui Billboard yang bisa Anda gunakan sebagai sarana penyampaian pesan kepedulian atau mengedukasi masyarakat.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Baliho, Billboard, Megatron, & Videotron

Tujuan Dibuatnya Reklame Non Komersial

Jurnal International Council for Ad-Self Regulation di situs icas.global yang diketahui dari Detik.com, mengatakan bahwa reklame non komersial tidak bertujuan untuk menjual produk. Namun, bisa untuk menyampaikan ide gagasan, peringatan akan kesehatan, hingga untuk iklan partai politik beserta calon peserta Pemilu.

Berikut beberapa contoh poin tujuan adanya reklame non komersial:

  • Mengubah kebiasaan dalam beraktivitas.
  • Ajakan menghemat sumber daya.
  • Menambah pengetahuan.
  • Memperbaiki sikap masyarakat.
  • Mengingatkan masyarakat untuk berbagi.
  • Mempopulerkan tujuan sosial.
  • Menyampaikan pandangan politik.

Pentingnya Reklame Non-Komersial

Selain bisa digunakan sebagai sarana meningkatkan brand awareness, reklame non-komersial juga berperan sebagai sarana meningkatkan kreativitas dan emosional.

Sebab, kampanye yang menggunakan media itu juga dapat membangkitkan perhatian dan memicu perubahan target audiens. Berikut beberapa hal mengenai pentingnya membuat iklan informatif dan edukatif di reklame.

1. Kesadaran Sosial dan Lingkungan

Reklame non-komersial seringkali difokuskan pada upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu kritis, seperti perubahan iklim, pelestarian lingkungan, atau masalah sosial seperti kemiskinan dan ketidaksetaraan.

The Power of Emotional Advertising (Journal of Consumer Research) menyoroti peranan reklame ini. Pasalnya, reklame tersebut dinilai mampu membangkitkan emosi audiens. Bahkan, reklame non-komersial mampu memberikan dampak yang jauh lebih besar daripada iklan yang bersifat rasional.

2. Edukasi Masyarakat

Dengan memberikan informasi yang relevan dan mudah dicerna, reklame non-komersial dapat berperan sebagai agen edukasi. Kampanye kesehatan, anti-diskriminasi, dan anti-kekerasan seringkali berhasil membuka mata masyarakat terhadap realitas kompleks yang membutuhkan perhatian kolektif.

3. Dukungan untuk Organisasi Nirlaba

Sebagian besar reklame non-komersial bertujuan untuk menggerakkan hati dan kantong masyarakat untuk mendukung organisasi nirlaba. Melalui kampanye penggalangan dana, iklan ini membantu memastikan bahwa bantuan finansial dan dukungan tidak hanya dialokasikan, tetapi juga diperlukan.

Dalam "The Impact of Nonprofit Advertising on Donations and Brand Attitudes" (Journal of Marketing) mengatakan bahwa kampanye layanan masyarakat yang dibuat di reklame non-komersiall mampu menekan dampak sosial dan meningkatkan jumlah sumbangan dan meningkatkan reputasi bisnis Anda.

Apa Saja Contoh Reklame Non-Komersial?

contoh reklame iklan kesehatan.jpg

Source: Shutterstock - Iklan kesehatan adalah contoh reklame advertising.

Ada banyak contoh-contoh iklan reklame nirlaba yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi. Iklan ini disajikan dengan formula copywriting sederhana, tetapi terkadang tetap kreatif. Lebih lanjut, silakan simak ulasannya di bawah.

1. Informasi Kesehatan

Contoh reklame non komersial bisa Anda temui melalui iklan informasi kesehatan yang sering muncul di rumah sakit atau pusat layanan kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Reklame jenis ini tampil dalam balutan desain sederhana dan menonjolkan kalimat persuasif, seperti "Ayo, terapkan 3M" atau "Rutinlah cuci tangan agar terhindar dari kuman".

Selain menggunakan bahasa yang halus, terkadang juga iklan jenis ini dibuat menggunakan bahasa yang monohok. Contohnya ialah "Narkoba membunuh generasi bangsa". Kalimat tersebut digunakan agar dapat menyadarkan masyarakat akan bahaya dari narkoba. Jadi, tidak lagi menggunakan kalimat yang halus.

2. Reklame Gerakan Sosial

Lalu, ada juga jenis iklan reklame yang dibuat untuk mendukung gerakan sosial. Iklan ini dirilis dengan maksud untuk menyuarakan dukungan terhadap suatu masalah atau aksi tertentu.

Contohnya ialah reklame aksi untuk menyuarakan pesan rakyat terhadap negara alias unjuk rasa. Lalu, ada juga reklame gerakan sosial yang dibuat brand untuk menanam tanaman di hutan mangrove, dan lain sebagainya.

Baca juga: Memahami Aspek Pemasaran yang Dapat Membuat Bisnis Berkembang

3. Reklame Donasi

Terakhir, reklame non komersial berupa ajak untuk berdonasi. Reklame ini dibuat untuk memberikan sumbangan terhadap sesama manusia yang tertimpah musibah, seperti kebakaran, banjir, atau yang terbaru ialah donasi untuk membantu Palestina.

Sedikit berbeda dari tipe reklame non komersial di atas, jenis donasi biasanya akan mencantumkan nomor seseorang sebagai penanggung jawab dan rekening untuk menampung uang donasi. Selain itu, poster iklan reklame non komersial juga dibuat dengan mengedepankan sisi emosional agar pembuat pesan bisa menyentuh perasaan audiens.

Sebab, jika audiens tersentuh, artinya iklan tersebut berhasil mencapai objektifnya, yaitu mengajak masyarakat untuk mengulurkan tangan dan bantuan terhadap sesama saudara.

Beriklan di Reklame Non-Komersial

Reklame non-komersial memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk pandangan masyarakat terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Bahkan, jenis media penyampaian informasi yang satu ini juga bisa mendorong kesan positif terhadap brand.

Karena itu, jika perusahaan Anda ingin membuat iklan layanan masyarakat, nirlaba, Anda bisa menggunakan reklame. Namun, selain reklame, Anda dapat memanfaatkan Billboard statis untuk menyampaikan informasi yang lebih efektif dan mendukung kreativitas.

Jika tertarik, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn untuk pasang iklan di Billboard tersebut. Silakan klik banner yang ada di bawah atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png