Memasarkan produk saat ini tidak hanya melalui media online saja. Di era berkembangnya pemasaran, Anda juga dapat pasang iklan di angkot atau angkutan kota, StickFriends.

Jenis iklan luar ruangan yang satu ini sudah banyak digunakan oleh brand besar di Indonesia untuk mempromosikan produk mereka. Salah satunya ialah Kiranti, minuman herbal datang bulan, pernah mempromosikan produknya menggunakan Angkot Advertising StickEarn.

Media iklan offline tersebut dipilih karena dengan angkot brand dapat menyebarluaskan awareness kepada konsumen secara tepat. Contohnya ialah konsumen kalangan sub-urban, yang umumnya menggunakan angkot sebagai moda transportasi harian.

Meskipun sudah banyak digunakan, Anda pasti masih mempertimbangkan untuk beriklan di media OOH ini. Anda masih bertanya tentang apakah beriklan di kendaraan menggunakan Angkot Advertising mampu memberikan hasil yang positif untuk bisnis.

Untuk menjawabnya, Anda wajib menyimak pembahasan StickEarn di artikel ini sampai habis.

Pelajari Case Studies dari Brand yang Beriklan Menggunakan OOH di bawah ini:

Mengenal Iklan di Angkutan Umum

angkot advertising stickearn.JPG

Source: Doc. StickEarn - Memahami media iklan di angkot yang dapat beroperasi di jalanan Ibukota Jakarta.

Sebelum membahas soal manfaat iklan di angkot, Anda wajib mengenal media periklanan OOH di Indonesia tersebut terlebih dahulu. Dengan mengenal jenis promosi produk itu, Anda akan mengetahui positioning angkot sebagai sarana periklanan.

Pasang iklan di angkot adalah salah satu strategi marketing offline yang memanfaatkan transportasi umum, yaitu angkutan kota, sebagai media iklan. Iklan yang dimuat di angkot biasanya ditempel di kaca belakang, kaca kiri dan kanan, ataupun di badan angkot sebagai branding.

Ketika Anda beriklan menggunakan kendaraan bergerak ini, iklan Anda akan dibawa menuju lokasi eksklusif, yaitu lokasi operasional angkot tersebut. Contoh lokasi operasionalnya ialah daerah rural yang dipadati warga bersegmentasi menengah ke bawah.

Jika Anda ingin mengenal lebih dalam terkait outdoor advertising angkot, Anda dapat menyimak artikel "StickAngkot: Media Iklan Strategis untuk Konsumen Ekonomis" yang pernah StickEarn bahas. Di artikel itu kami secara khusus membahas tentang iklan di media tersebut.

Manfaat Pasang Iklan di Angkot

Selain dapat brand manfaatkan untuk menyasar audiens dengan karakteristik tertentu, pasang iklan di angkot Bandung maupun kota besar lainnya memberikan berbagai manfaat untuk bisnis Anda.

Adapun keuntungan pasang iklan di angkot, di antaranya ialah sebagai berikut. Mari simak pembahasannya di bawah.

1. Jangkauan Luas

Tidak jauh berbeda dengan beriklan di motor, promosi produk di angkot juga memberikan manfaat jangkauan yang luas untuk brand. Per harinya kendaraan umum ini beroperasi hingga 20 jam, mengitari jalan-jalan padat penduduk dan menyasar ke target konsumen yang Anda inginkan.

Berdasarkan waktu operasionalnya, angkot akan membantu Anda menjangkau target market dengan lebih mudah. Riset internal StickEarn juga membeberkan fakta bawah 83% audiens yang menaiki moda transportasi lain turut memerhatikan iklan di angkot yang mereka temui di jalan.

Artinya, iklan Anda akan Anda bisa menyasar berbagai kalangan dan tampil di mana saja selama angkot beroperasi di rute tetap maupun stay di suatu tempat.

2. Meningkatkan Brand Awareness dan Recall

Jika jangkauan iklan luas, maka bukan tidak mungkin Anda dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Audiens yang melihat iklan Anda pasti akan langsung memperhatikan promo dan perusahaan yang dipromosikan oleh angkot tersebut.

Ditambah lagi, operasional angkot yang melewati rute yang sama setiap harinya juga mampu meningkatkan brand recall, StickFriends.

Jika dalam sehari angkot melewati rute yang sama dan dilihat oleh orang yang sama, yaitu masyarakat sekitar yang tinggal atau sering hilir-mudik di area operasional, maka audiens akan mudah mengingat promosi bisnis Anda.

Lebih lanjut, jika promosi Anda menguntungkan, bukan tidak mungkin pula audiens akan menginformasikan penawaran iklan yang brand buat kepada orang lain atau kerabatnya. Hal ini tentu akan mendukung terjadi pemasaran dari mulut ke mulut secara organik.

Berdasarkan hasil riset internal StickEarn dari kampanye klien yang menggunakan media iklan ini, 56% orang yang melihat iklan di angkot terdorong untuk mencari informasi mengenai promo maupun brand yang beriklan. 33%-nya langsung mengunjungi website perusahaan untuk mencari tahu lebih lanjut.

3. Iklan Dapat Disesuaikan

Manfaat pasang iklan di angkot selanjutnya ialah Anda dapat menyesuaikan materi iklan dengan mudah. Sebagai pengiklan, Anda dapat membuat iklan sekreatif mungkin di media ini.

Jadi, tidak hanya sekadar memuat iklan di bagian belakang angkot saja. Anda pun dapat menyulap badan angkot dengan iklan Anda.

Anda bisa melakukan konvoi atau swarming marketing dengan menyewa beberapa unit angkot untuk iklan. Ide campaign marketing tersebut sering digunakan oleh brand ketika beriklan di angkutan umum ini.

Menariknya, jika Anda beriklan di angkot Jakarta, Anda juga bisa menyisipkan element of surprise di iklan Anda, StickFriends. Kejutan tersebut dapat berupa gimmick marketing seperti yang dilakukan oleh salah satu klien StickEarn yang mempromosikan film mereka di OOH.

Rumah produk film itu menggunakan layanan StickEarn berupa konvoi dan menghadirkan gimmick pocong yang keluar dari angkot. Hasilnya, iklan yang brand film tersebut buat pun menarik perhatian warga sekitar.

Baca juga: Mengenal Viral Marketing sebagai Strategi Pemasaran Terbaik

Cara Beriklan di Angkutan Kota (Angkot)

sewa iklan di kaca belakang angkot stickearn.jpg

Source: Doc. StickEarn - Bagaimana cara daftar pasang iklan di angkot dengan StickEarn?

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda jadi tertarik untuk sewa pemasangan iklan di angkot, bukan? Tidak perlu khawatir karena beriklan di media ini cukup mudah.

Jika Anda sudah memutuskan untuk mempromosikan produk menggunakan angkot, langkah selanjutnya ialah And wajib membuat strategi pemasaran secara menyuruh dan detail. Strategi yang Anda buat nantinya akan membantu Anda menentukan tujuan dan segmentasi audiens yang akan disasar.

Selain itu, hal tersebut juga akan membantu Anda menentukan format campaign yang sesuai dengan niche bisnis. Apakah Anda akan beriklan pada beberapa unit atau sejumlah unit angkot untuk melakukan konvoi agar iklan dapat mencuri perhatian banyak orang.

Lalu, pilihlah perusahaan OOH yang menyediakan layanan Transportation Advertising berupa angkot untuk beriklan. Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn jika ingin menggunakan media tersebut.

StickEarn menyediakan layanan pasang iklan di angkot yang Anda membantu Anda dalam menjalankan campaing perusahaan. Layanan StickEarn pun tepercaya dan lengkap, jadi Anda dapat beriklan dengan nyaman.

Ayo, Pasang Iklan di Angkot Sekarang!

Bagimana, Apakah pasang iklan di angkot menguntungkan untuk bisnis? Tentu saja! Karena, dengan beriklan di media ini, Anda bisa menyasar calon konsumen tertentu, menyebarluaskan kesadaran merek, meningkatkan brand recall, dan membuat iklan yang lebih kreatif serta unik.

Jika tertarik beriklan, Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn. Caranya ialah dengan klik banner di bawah, kemudian tim kami akan segera menghubungi Anda.

Sebagai bahan pertimbangan sekaligus menambah insight, Anda dapat simak informasi mengenai deretan produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png