Menerapkan pemasaran yang baik dan efektif membutuhkan serangkaian sistem marketing yang terstruktur. Sistem tersebut dapat Anda buat secara mandiri dengan menjalankan manajemen pemasaran.

Manajemen pemasaran adalah proses penting untuk bisnis yang dapat membuat objektif perusahaan berjalan lebih baik. Melalui kegiatan ini, Anda bisa mengatur berbagai strategi pemasaran guna mencapai target marketing yang telah dibuat.

Apa yang Anda buat melalui manajemen pemasaran juga sangat berpengaruh pada proses pemasaran produk yang efektif. Jika proses manajemen dilakukan dengan benar, bisnis pun bisa stabil dalam jangka pendek maupun panjang.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin meningkatkan efektivitas pemasaran, Anda wajib mengetahui tentang manajemen pemasaran secara detail, mulai dari apa itu manajemen pemasaran, fungsi, tujuan, contoh, dan strategi di pembahasan ini.

Baca juga: Memahami Aspek Pemasaran yang Dapat Membuat Bisnis Berkembang

Apa itu Manajemen Pemasaran?

manajemen pemasaran produk_stickearn.jpg

Source: Freepik - Manajemen pemasaran adalah suatu pendekatan yang terencana dalam merencanakan dan melaksanakan pemasaran produk.

Pengertian dari manajemen pemasaran adalah suatu pendekatan yang terencana dan terorganisasi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan aktivitas pemasaran suatu produk atau layanan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Proses ini mencakup berbagai hal, yakni kebutuhan target pasar, penentuan harga, distribusi, sampai pada tahap memastikan bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan target pasar.

Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan melakukan pembelian ulang karena mereka merasa membeli kebutuhan yang mereka miliki.

Selain itu juga termasuk dalam pemilihan dan penggunaan media periklanan harus diperhatikan dalam manajemen pemasaran. Sebab, media periklanan akan membantu Anda memasarkan produk yang ingin dijual kepada target audiens.

Namun, tak perlu bingung karena kini banyak brand yang bekerjasama dengan StickEarn. Berbagai brand ini pun menggunakan layanan Billboard statis untuk kebutuhan campaign iklan mereka.

Salah satunya adalah brand kecantikkan Whitelab yang memasang iklannya pada Billboard Statis untuk menyebarluaskan informasi produk baru dan penggunaan brand ambassador.

Pemasangan Billboard Sttatis iklan Whitelab juga tampil di berbagai daerah dan lokasi-lokasi yang strategis, seperti di Jakarta, Semarang, Bali, Bandung, Medan, Makassar, dan lainnya.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Tujuan pelaksanaan manajemen pemasaran ialah untuk membantu Anda menjalankan cara kerja marketing yang sehat dan terorganisasi. Ditambah lagi, ada berbagai fungsi dari manajemen marketing ini, StickFriends. Nah, apa sajakah fungsinya itu bisa Anda simak melalui penjelasan di bawah ini.

1. Sebagai Analisis Pasar

Fungsi pertama dari manajemen pemasaran ialah dapat dijadikan sebagai analisis pasar. Dengan melakukan analisis pasar secara mendalam, Anda akan mengetahui target pasar, seperti karakteristik, kebutuhan, dan perilaku mereka.

Jika sudah memahami dan mengetahui tentang target pasar, Anda akan mudah untuk melakukan segmentasi pasar dan identifikasi tren pasar ini seperti apa, produk Anda akan mudah beradaptasi dengan hal tersebut.

2. Perencanaan Produk

Manajemen pemasaran dapat menghasilkan perencanaan produk Anda yang lebih unggul. Dalam artian produk yang unggul di sini adalah produk yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan target pasar, tren pasaran, dan dapat bersaing dengan kompetitor yang menjual produk serupa.

3. Manajemen Hubungan Pelanggan

Selanjutnya ialah dengan melakukan manajemen pemasaran dapat berdampak positif pada tatanan hubungan Anda sebagai penjual dengan pelanggan setia Anda.

Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif dengan pelanggan dapat dilakukan dengan mengadakan pelayanan yang baik, membantu, dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Hal tersebut juga Anda akan dapatkan pelanggan yang royal terhadap bisnis Anda.

4. Sebagai Penelitian

Manajemen pemasaran juga dapat berperan besar dalam penelitian bisnis Anda. Pasalnya, manajemen pemasaran berfungsi sebagai analisis yang membantu Anda melihat perkembangan produk sudah baik dan apakah kualitas produk mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Hal tersebut dapat termasuk dalam manajemen pemasaran, sehingga Anda akan lebih mudah memahami bagaimana terus memproduksi produk yang unggul dan berkualitas.

5. Pengembangan Produk

Fungsi yang terakhir berhubungan dengan perkembangan produk itu sendiri. Manajemen pemasaran dapat membangun dan mengelola citra brand perusahaan untuk menciptakan identitas brand yang kuat.

Selain itu, dengan menjalankan manajemen ini, Anda juga bisa membuat brand Anda unik. Hal itu karena marketing management mampu menjadikan produk Anda berbeda dengan para pesaing.

Baca juga: Anda Wajib Tahu, Panduan Riset Pasar untuk Kebutuhan Iklan!

Contoh Manajemen Pemasaran

manajemen pemasaran produk_stickearn.jpg

Source: Freepik - Contoh penerapan manajemen pemasaran yang tepat dan efektif.

Jika sudah mengimplementasikan manajemen pemasaran, suatu brand akan lebih mudah dalam menjalankan kegiatan pemasaran maupun kegiatan penjualannya. Berikut adalah contoh-contoh manajemen pemasaran yang harus Anda ketahui.

1. Segmentasi Pasar

Manajemen pemasaran yang efektif akan terlihat dalam kemampuan suatu perusahaan dalam mengidentifikasi beragam segmentasi pasar. Sebagai contoh, suatu perusahaan perawatan kulit berhasil memahami kebutuhan pelanggan dan tren pasar, sehingga mengembangkan strategi pemasaran yang berbeda untuk masing-masing segmen.

2. Pemasaran Digital

Memasuki era digital saat ini, manajemen pemasaran mencakup pemanfaatan platform online. Sebagai contoh suatu perusahaan yang berhasil memanfaatkan media sosial, ataupun platform-platform online untuk memasarkan produknya. Pembuatan konten yang menarik juga mendukung strategi pemasaran yang kuat.

3. Pelayanan Pelanggan yang Unggul

Manajemen pemasaran yang baik akan mencakup pelayanan pelanggan yang unggul. Perusahaan yang merespons cepat terhadap keluhan pelanggan, timbal balik, dan memberikan solusi yang memuaskan kepada pelanggan.

Pelayanan pelanggan yang baik ini juga akan berdampak pada citra perusahaan yang baik, sehingga akan mempengaruhi dampak jangka panjang.

4. Penyesuaian Terhadap Tren Pasar

Manajemen pemasaran yang menunjukkan tingkat adaptabilitas yang tinggi memiliki kapasitas untuk dengan cepat menangkap dan merespons perubahan tren pasar yang dinamis.

Contoh dari tingkat adaptabilitas ini dapat ditemukan pada perusahaan-perusahaan yang tidak hanya mampu responsif dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Namun, juga adaptif terhadap tren industri dan mampu mengintegrasikan inovasi-inovasi produk ke dalam strategi pemasaran mereka.

Bahkan, mampu menciptakan diferensiasi yang signifikan dan memposisikan diri sebagai pionir dalam penerapan konsep baru dan teknologi yang relevan.

5. Pemasaran yang Berjalan Baik

Perusahaan yang melakukan pemasaran dengan baik adalah termasuk bagian dari upaya manajemen pemasaran.

Kini, pemilihan media pemasaran yang baik dan efektif dapat Anda temukan. Salah satunya media iklan luar ruang. Media iklan luar ruang dinilai efektif karena dapat menyebarluaskan campaign dan iklan produk Anda secara langsung pada target audiens, khususnya audiens yang ada di jalan.

Sebagai saran, Anda dapat mencoba bekerjasama dengan StickEarn menggunakan media iklan luar ruang. StickEarn adalah perusahaan periklanan yang terintegrasi yang dapat membantu Anda menjalankan promosi yang efektif.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Setelah mengetahui pengertian dari manajemen pemasaran dan contoh-contohnya, pertanyaan berikutnya adalah apa tujuan utama dari manajemen pemasaran?

Tujuan utama dari manajemen pemasaran adalah mencapai kesuksesan pemasaran bisnis dengan mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar produk atau layanan produk.

Jelasnya, manajemen pemasaran ini sebagai suatu proses pondasi penting dan pendukung besar dalam menjalankan bisnis Anda.

Sudah Paham Mengenai Manajemen Pemasaran?

Itulah penjelasan mengenai pengertian manajemen pemasaran, contoh-contoh, dan tujuannya. Dengan memahami pengertian, contoh-contoh, dan tujuan manajemen pemasaran, Anda dapat memastikan kesuksesan bisnis.

Sebagai saran, terdapat cara dan strategi lain yang dapat Anda coba untuk meningkatkan penjualan, yaitu dengan beriklan di luar ruang menggunakan iklan Billboard StickEarn. Media iklan Billboard StickEarn sangat efektif, tidak hanya di Jakarta saja, tetapi juga di berbagai wilayah.

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah untuk langsung berkolaborasi dengan StickEarn atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png