Sebagai salah satu strategi pemasaran, iklan pop up saat ini masih diperhitungkan oleh berbagai brand. Marketers percaya bahwa dengan menampilkan iklan tersebut, mereka bisa meningkatkan interaksi dan penjualan.

Iklan pop up adalah bentuk iklan digital yang muncul secara otomatis. Iklan pop up tampil tiba-tiba saat audiens mengunjungi website atau aplikasi di iPhone, Android, atau Chrom miliknya.

Meskipun dipercaya dapat meningkatkan penjualan, tetapi bagi sebagian audiens iklan ini mengganggu, sehingga mereka mencari cara menghilangkan iklan pop up di HP. Nah, itulah yang kini menjadi tantangan bagi Anda dalam membuat call to action yang menarik untuk iklan pop up notification.

Jika Anda ingin mengetahui caranya, silakan simak pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan iklan pop up dan strategi membuatnya di bawah ini sampai habis!

Baca juga: Inilah Teknik Pemasaran Produk yang Paling Efektif untuk Bisnis

Apa Itu Iklan Pop Up?

iklan pop up yang muncul tiba tiba.jpg

Source: Shutterstock - Iklan pop up adalah sarana promosi online yang efektif untuk bisnis.

Iklan pop up telah menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang cukup lama populer. Meskipun sudah lama, tetapi berbagai jenis bisnis masih menggunakannya sebagai sarana meningkatkan konversi dan penjualan.

Sederhananya, iklan pop up adalah bentuk iklan yang muncul secara otomatis di layar perangkat pengguna ketika mengakses suatu halaman web. Selain itu, iklan ini juga bisa muncul dalam aplikasi bisnis e-commerce Anda.

Tujuan brand dalam membuat iklan pop up ialah untuk menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka agar mau melakukan tindakan tertentu, seperti berlangganan newsletter, mengisi formulir, atau membeli produk.

Menurut Smith dan Johnson (2019), iklan pop up dapat meningkatkan tingkat konversi hingga 30%. Iklan yang muncul secara tiba-tiba ini dapat menarik perhatian pengguna. Bahkan, bisa mendorong mereka untuk melakukan tindakan responsif terhadap penawaran atau informasi yang disajikan oleh perusahaan.

Apa Fungsi dari Iklan Pop Up?

Namun, selain untuk mendorong tindakan pemasaran yang Anda inginkan, iklan ini juga dapat Anda andalkan dalam hal-hal berikut ini.

  • Menarik perhatian banyak orang,
  • meningkatkan brand awareness melalui kegiatan promosi yang dilakukan,
  • membantu brand dalam mendekati audiens potensial yang diinginkan,
  • mendukung strategi pemasaran produk secara efektif.

Baca juga: Strategi Branding Produk yang Efektif & Berhasil

Manfaat Beriklan Menggunakan Pop Up

contoh iklan pop up.jpg

Source: Shutterstock - Contoh iklan pop up ialah promosi berlangganan email yang bermanfaat untuk meningkatkan registrasi.

Sejalan dengan fungsinya itu, iklan pop up juga memberikan berbagai keuntungan besar untuk bisnis. Nah, apa saja manfaat dari iklan ini bisa Anda cari tahu di bawah.

1. Penargetan yang Tepat

Iklan pop up dapat dikustomisasi untuk menargetkan audiens tertentu berdasarkan perilaku online mereka. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyajikan penawaran yang relevan dan menarik bagi setiap pengguna.

Dengan begitu, iklan display maupun native yang Anda buat bisa diterima dengan baik. Tidak akan ada lagi yang ingin menghilangkan iklan pop up, mereka pasti bisa menerima iklan itu.

2. Peningkatan Keberkesanan Kampanye

Manfaat selanjutnya ialah iklan pop up dapat menjadi elemen kunci dalam kampanye pemasaran online yang sukses. Jenis promosi yang satu ini dapat memberikan dorongan tambahan untuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan retensi pelanggan.

Saat iklan pop up muncul tiba-tiba, audiens yang melihatnya secara tidak langsung dapat meningkatkan kesadaran mereka akan brand dan produk Anda. Hal itulah yang membuat iklan ini mampu mendorong strategi branding produk Anda.

3. Mendorong Konsiderasi

Lalu, iklan tersebut juga mampu mendorong konsiderasi audiens akan iklan promosi bisnis yang Anda buat, StickFriends. Bayangkan, jika iklan Anda muncul tiba-tiba, saat audiens sedang scroll sesuatu, mungkin saat pertama kali mereka melihat, iklan tidak memberikan dorongan apapun

Namun, jika iklan itu muncul beberapa kali, bukan tidak mungkin mereka akan memperhatikan iklan Anda. Inilah kekuatan iklan pop up yang harus Anda perhatikan.

Strategi Penggunaan Iklan Pop Up yang Efektif

push notification advertising.jpg

Source: Shutterstock - Langkah-langkah menjalankan iklan pop up.

Jika sampai di sini Anda penasaran bagaimana cara membuat iklan pop up yang menarik, Anda bisa melakukannya dengan menyimak strategi di bawah ini. Melalui cara ini, Anda bisa membuat iklan online tanpa dilewati begitu saja oleh target sasaran.

1. Tentukan Waktu yang Tepat

Menentukan waktu yang tepat untuk menghadirkan iklan pop up dapat meningkatkan efektivitas pemasaran Anda. Anda harus mempelajari data tentang pukul berapa saja trafik aplikasi atau website meningkat.

Karena, pada waktu-waktu tersebut, Anda bisa mendapatkan klik atau awareness yang tinggi. Namun, jangan terlalu sering menampilkan banner iklan pop up, ya, karena itu mengganggu.

2. Buat Desain yang Menarik dan Responsif

Desain iklan pop up yang menarik dan responsif pada berbagai perangkat dapat meningkatkan interaksi pengguna. Selain lebih diperhatikan, tampilan iklan juga bisa menjadi faktor pendorong tindakan, StickFriends.

Anda perlu pelajari bagaimana cara membuat poster yang menarik agar bisa menghasilkan kampanye pop up yang berkualitas. Dengan begitu, iklan yang Anda buat lebih bekerja.

3. Penyeimbangan dan Kritik Iklan Pop Up

Meskipun iklan pop up memiliki manfaat, kritik terhadapnya tidak dapat diabaikan. Mempertimbangkan kebijakan privasi dan pengalaman pengguna menjadi kunci.

Dalam riset oleh Consumer Advocacy Group (2019), ditemukan bahwa pengguna menganggap iklan pop up yang terlalu intrusif dapat merugikan citra merek. Jadi, mari utamakan privasi pengguna dan jangan berlebihan dalam membuatnya, ya.

Sebagai informasi, selain iklan pop up yang tampil dan menargetkan audiens secara online, Anda juga bisa memanfaatkan iklan Offline-to-Online (O2O) sebagai sarana iklan digital Anda.

Iklan O2O secara masif dapat membantu Anda mencapai objektif marketing yang diinginkan. Pasalnya, iklan yang menjadi optimasi strategi marketing mix ini memungkinkan Anda untuk mendekati siapa saja audiens yang sudah melihat iklan di luar ruang dan menyasarnya kembali secara digital melalui media sosial.

Baca juga: Apa Itu Marketing Mix? Simak Pengertian dan Contoh Implementasi

Buat Iklan Pop Up Anda Sekarang!

Sampai di sini dapat disimpulkan bahwa iklan pop up adalah strategi pemasaran yang efektif untuk berbagai brand. Melalui cara ini, Anda bisa meningkatkan kesadaran merek, mendorong konsiderasi, hingga meningkatkan penjualan.

Namun, Anda harus hati-hati dalam membuat iklan pop up. Sebagian pengguna tidak senang dengan strategi ini karena dinilai mengganggu pengalamannya.

Selain pop up iklan, sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk. Anda bisa beriklan dengan StickEarn melalui Offline-to-Online Advertising yang lebih efektif dan masif.

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png