Pemandangan deretan poster di pinggir jalan saat pemilu memang sudah jadi hal umum yang sering kita temui. Poster-poster ini menampilkan calon kandidat dengan desain yang catchy sebagai strategi branding untuk menarik simpati dan suara masyarakat.

Namun, apakah contoh poster kampanye tersebut hanya sekadar gambar dan teks saja? Lebih dari itu, poster kampanye adalah media iklan nonkomersial yang bertujuan mengubah opini publik atau memengaruhi perilaku sosial.

Poster kampanye juga sering digunakan sebagai alat ajakan untuk mendukung suatu kandidat yang sedang berkontestasi. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan media iklan luar ruang tersebut sebagai sarana promosi.

Contohnya BAWASLU yang pada saat presiden Februari 2024 lalu bekerjasama dengan StickEarn. Sebagai penyelenggara pemilu, BAWASLU menggunakan iklan OOH untuk mengajak masyarakat agar tidak golput dan lebih cerdas dalam menyaring informasi tentang pemilu.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Rebranding Produk, Cara, dan Manfaatnya

Apa Itu Poster Kampanye?

Seperti yang telah Anda ketahui, poster kampanye adalah media komunikasi visual yang digunakan untuk keperluan politik dan sosial. Fungsinya adalah menyebarkan pesan, mendukung kandidat, atau mempromosikan isu tertentu guna mendapatkan dukungan publik.

Biasanya, poster ini didesain dengan kombinasi gambar, slogan, teks yang menggunakan bahasa iklan persuasif untuk memengaruhi opini masyarakat. Desain menarik dan informasi yang jelas sangat penting untuk menciptakan kesan pertama yang lebih positif.

Pada poster kampanye pemilu, mungkin Anda sering melihat foto kandidat yang dipasangkan dengan logo partai dan slogan yang mencerminkan visi mereka. Lalu, ada juga poster reklame nonkomersial yang tampil di jalan dan mengangkat isu-isu sosial.

Contoh Poster Kampanye

Ada beragam jenis poster kampanye yang sering tampil di jalan. Masing-masing memiliki karakteristik yang unik dan tujuan spesifik untuk menyampaikan pesan kepada publik. Berikut ini adalah beberapa contoh poster kampanye yang sering digunakan.

1. Poster Kampanye Pemilu

kampanye BAWASLU.JPG

Source: Dokumentasi StickEarn - Kampanye iklan BAWASLU di OOH.

Poster kampanye pemilu adalah salah satu yang paling umum karena sering dibuat, terutama saat menjelang pemilihan umum. Poster ini digunakan oleh calon kandidat untuk menarik perhatian dan mendukung elektoral mereka.

Desain poster pemilu biasanya mencakup foto kandidat, logo partai, serta slogan yang mencerminkan visi, misi, dan program kerja yang ditawarkan. Contohnya, sebuah poster dengan foto calon legislatif tersenyum dan tagline “Bersama Kita Bangun Desa!” akan menciptakan kesan positif terhadap masyarakat.

Selain foto yang berkualitas, warna yang digunakan harus mencolok namun tetap selaras dengan identitas kandidat atau partai. Penggunaan logo partai politik dan pesan yang menjanjikan dapat membantu memperkuat citra kandidat di mata pemilih.

Contoh nyata kampanye Pemilu bisa Anda temui pada promosi BAWASLU bersama StickEarn. Saat Pemilihan Presiden Februari 2024 lalu, BAWASLU bekerjasama dengan StickEarn melalui Car Advertising untuk mengajak masyarakat agar tidak golput dan kritis terhadap informasi.

Iklan di kendaraan yang satu ini dipilih karena tergolong efektif dalam mendekati masyarakat. Car Advertising hilir-mudik membawa poster iklan BAWASLU, sehingga berpotensi dilihat oleh banyak orang.

2. Poster Kampanye Caleg

kampanye pemilu di MobileLED Advertising.JPG

Source: Dokumentasi StickEarn - Contoh kampanye caleg di luar ruangan.

Poster ini bertujuan meningkatkan popularitas dan dukungan terhadap calon legislatif. Desainnya sering menonjolkan pengalaman, prestasi, dan komitmen kandidat.

Misalnya, poster dengan foto seorang caleg yang sedang berbicara disertai teks yang menonjolkan program kerja, seperti “Program Kesehatan Gratis untuk Semua!” akan lebih mampu menarik perhatian masyarakat yang peduli pada isu tersebut.

Penting juga untuk membuat informasi singkat mengenai riwayat dan pencapaian calon dalam poster kampanye caleg. Ini akan membuat pemilih dapat lebih percaya pada kapasitas dan kompetensi calon.

Kampanye caleg yang menggunakan OOH sebagai media promosi dapat Anda temui pada aktivitas kampanye Fahira Idris. Saat pemilih Caleg DPR RI 2024, Fahira Idris menggunakan MobileLED Advertising.

MobileLED Advertising dipilih karena mobile display truck tersebut mampu menampilkan visual multimedia yang menarik. Promosi Fahira Idris hadir dalam bentuk video, sehingga lebih kekinian dan mampu menyangkau banyak orang.

3. Poster Kampanye Sosial

contoh poster kampanye ajakan untuk menjaga lingkungan.jpeg

Source: X (@Plastoken) - Poster kampanye tentang buang sampag pada tempatnya.

Selain untuk kepentingan politik, poster kampanye juga sering digunakan dalam kampanye sosial. Contoh poster kampanye ini berfokus pada isu-isu lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan berbagai isu lainnya yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

Poster kampanye sosial yang mengangkat isu lingkungan mungkin akan menampilkan gambar tumpukan sampah dengan slogan: “Sampah Bukan Warisan untuk Anak Cucu Kita.” Pesan ini langsung mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Poster kampanye sosial biasanya memanfaatkan visual yang kuat dan teks persuasif yang membangkitkan kesadaran atau emosi dari audiens. Tujuan poster ini bukan hanya untuk memberikan informasi, tetapi juga mendorong perilaku atau sikap masyarakat terhadap isu yang diangkat.

Selain poster kampanye sosial, ada juga iklan layanan masyarakat (ILM) yang bertujuan untuk mengedukasi publik tentang masalah sosial, seperti keselamatan jalan raya, pencegahan penyakit, atau kesetaraan gender. Jika tertarik, Anda bisa membaca artikel tentang iklan layanan masyarakat.

4. Poster Kampanye Lucu

contoh poster kampanye lucu.jpg

Source: Liputan 6 - Poster kampanye lucu oleh caleg.

Alih-alih bergaya monoton berisi foto formal dan janji-janji politik, kini tren poster kampanye telah bergeser. Sentuhan humor yang segar semakin sering menghiasi poster kampanye, memberikan nuansa baru dalam menyampaikan pesan politik.

Di Indonesia, beberapa poster kampanye tidak lagi menampilkan kandidat dengan pose formal, tetapi mungkin dengan gaya karikatur disertai teks humoris yang mengundang gelak tawa masyarakat. Ini memberikan kesan bahwa kandidat merupakan sosok yang mampu membangun hubungan lebih dekat dengan masyarakat.

Tak jarang, kandidat yang menggunakan poster kampanye lucu akan viral di media sosial. Strategi ini terbukti efektif untuk membuat calon lebih mudah diingat oleh audiens.

5. Kampanye Organisasi

IMG_5514.JPG Source: Dokumentasi StickEarn - Kampanye iklan dari organisasi untuk promosi layanan.

Selain pemilu, lembaga atau organisasi juga sering memanfaatkan OOH sebagai media promosinya. Mereka menggunakan Car Advertising, Motorbike, dan terkadang juga MobileLED Advertising sebagia sarana campaign-nya.

Contohnya promosi dari Korean Tourism yang menjalankan kampanye untuk mengajak audiens mengunjungi Korea. Selain itu, ada juga Taiwan Tourism yang menggunakan Car Advertising dan StickTop untuk membuat promosi iklan kreatif di luar ruang.

Taiwan Tourism berkreativitas melalui iklan di mobil StickEarn dengan menggunakan beberapa materi iklan kreatifnya. Materi kreatif tersebut diambil dari ornamen Taiwan sebagai visual utama.

Lalu, brand ini juga mempertahankan naunsa periklanan luar ruang Taiwan dengan memanfaatkan StickTop di atas mobil. Dengan begitu, ketika audiens melihat iklan Taiwan, mereka semakin tertarik untuk berwisata ke negara tersebut.

Cara Membuat Poster Kampanye yang Efektif

bagaimana cara membuat kampanye pemilu yang sehat.jpg

Source: Pexel - Cara membuat poster kampanye dimulai dari memahami target audiens.

Membuat poster kampanye yang efektif membutuhkan perpaduan desain yang menarik dan pesan yang kuat. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Kenali Audiens Anda

StickFriends perlu memahami siapa target audiens yang dituju. Apakah itu masyarakat umum atau komunitas tertentu. Pasalnya, dengan mengetahui audiens, Anda dapat menentukan gaya visual, bahasa, dan pesan yang tepat.

Dengan memahami audiens, Anda juga bisa menentukan gaya visual, bahasa, dan pesan dengan lebih efektif lagi. Hal ini akan membuat poster kampanye Anda lebih unik dan diterima target dibanding yang lain.

2. Gunakan Pesan yang Singkat dan Jelas

Cara membuat kampanye promosi yang efektif selanjutnya ialah dengan menentukan pesan. Pesan dalam poster kampanye harus langsung to the point, sehingga bisa diterima dalam waktu singkat oleh audiens yang melintas.

Hindari penggunaan teks yang terlalu panjang atau rumit. Hal itu karena slogan yang efektif harus dapat diingat dengan mudah dan memengaruhi orang untuk bertindak.

3. Pilih Gambar yang Relevan dan Menarik

Visual merupakan elemen utama dalam poster. Gambar yang dipilih harus relevan dengan pesan yang ingin disampaikan, baik itu foto calon, logo partai, atau ilustrasi yang mendukung tema kampanye.

Untuk menciptakan kesan profesional dan kredibel, gunakan gambar dengan resolusi tinggi. Dengan visual yang menarik, poster akan mampu menarik perhatian audiens.

4. Berikan Call to Action (CTA)

Setiap poster kampanye harus memiliki Call-to-Action (CTA) yang jelas. Ajakan untuk bertindak seperti “Pilih Nomor 1!” atau “Ayo Gunakan Hak Suaramu!” dapat memotivasi audiens untuk mengambil tindakan.

Sama seperti dalam pemasaran produk, CTA berfungsi untuk mengarahkan konsumen melakukan pembelian. Dalam kampanye, CTA bertujuan untuk mendorong keterlibatan aktif dari audiens Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Poster Iklan Produk Paling Menarik

Tampil Beda dengan MobileLED Advertising

Di era modern seperti sekarang, ada banyak cara inovatif untuk menarik perhatian audiens agar terlibat dalam kampanye. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan MobileLED, yang memungkinkan Anda menciptakan poster kampanye yang kreatif dan benar-benar berbeda dari yang lain.

Bayangkan, poster Anda bukan hanya terpanjang di jalanan, tetapi juga bisa bergerak dan menampilkan informasi dengan cara yang interaktif. MobileLED StickEarn menawarkan solusi canggih dengan layar LED dinamis dan dapat memberikan daya tarik visual yang jauh lebih kuat.

MobileLED sebagai sarana promosi juga sudah banyak digunakan dalam kegiatan pemilu atau promosi nonkomersial. Contohnya oleh BAWASLU, oleh Caleg DPR RI, dan kegiatan hiburan, seperti untuk mendukung event Korea di Jakarta yang digunakan oleh suatu komunitas.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan MobileLED untuk membuat promosi nonkomersial, silakan klik banner di bawah untuk bekerjasama dengan StickEarn, ya.

CTA Banner Blog - 01.png