Kehadiran e-commerce tidak hanya mendorong minat orang untuk berbelanja. Namun, platform ini juga membuat banyak orang ingin menambah penghasilan dengan mudah.

Hanya saja, mereka terkadang tidak mengetahui cara memulai bisnis online yang tepat dan menguntungkan. Sebab, persaingan dalam e-commerce begitu ketat, sehingga Anda perlu mempelajari strategi bisnis yang tepat untuk berjualan secara online.

Jika Anda berhasil menerapkan langkah sukses bisnis onlin di e-commerce, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Hostinger menjelaskan bisnis online dengan modal kecil di e-commerce bisa menghasilkan peluang besar dan menjanjikan.

Untuk itu, Anda bisa mengetahui cara memulai bisnis online retail secara tepat dengan menyimak pembahasan StickEarn di bawah ini. Pada artikel ini, kami membagikan 10 langkah memulai bisnis online yang dapat dipraktikan oleh pemula maupun profesional.

Baca juga: Rekomendasi Peluang Usaha Tanpa Modal Besar yang Wajib Dicoba

1. Tentukan Niche yang Diinginkan

tahapan memulai bisnis online yang tepat.jpg

Source: Freepik - Menentukan goals bisnis online perlu dilakukan sejak awal.

Bagaimana cara memulai bisnis online? Memulai bisnis online diawali dengan menentukan niche bisnis yang Anda inginkan. Pilihlah jenis bisnis online yang sesuai dengan passion dan minat Anda.

Pemilihan itu bertujuan untuk mempertahankan semangat dalam menjalankan bisnis. Sebab, melansir dari India Times, niche marketing adalah taktik pemasaran yang digunakan untuk menargetkan segmen pasar tertentu yang unik.

Niche market sering kali dibuat dengan mengidentifikasi apa yang diinginkan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan jika perusahaan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggannya.

StickFriends dapat mencari celah dari bentuk bisnis dengan berinovasi atau mencoba memberikan solusi yang lebih baik untuk masalah yang tidak disajikan oleh perusahaan lain. Dengan begitu, bisnis yang dibuat berpeluang menjadi pemimpin pasar.

2. Riset Pasar

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis online adalah melakukan riset pasar. Melakukan riset pasar bertujuan untuk memastikan bahwa bisnis yang Anda pilih memiliki potensi pasar dan daya beli yang cukup.

Selain itu, dalam melakukan riset ini, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1). Tentukan Tujuan Riset Pasar

Menentukan tujuan riset pasar sangat berguna untuk mengetahui apa yang ingin Anda pahami tentang target pasar, pesaing, hingga peluang bisnis.

2). Pelajari Tren Pasar

Dalam melakukan riset untuk memulai bisnis online, riset tren pasar saat ini juga penting untuk Anda lakukan. Sebab, dari sana, Anda juga akan mengetahui perubahan perilaku konsumen dan perkembangan teknologi dalam suatu industri.

3). Pelajari Data Analitik

Data analitik dapat menjadi instrumen penunjang untuk memperkuat riset pasar yang Anda teliti. Misalnya, ketika Anda memulai riset tentang cara memulai bisnis online makanan, Anda dapat melakukan riset mengenai preferensi pelanggan, jenis platform yang cenderung digunakan oleh pelanggan, hingga pengemasan yang disukai oleh pelanggan.

3. Analisis Kompetitor

bisnis online yang cepat laku.jpg

Source: Freepik - Suksesnya bisnis online yang menjanjikan disebabkan oleh riset kompetitor yang baik.

Tahap selanjutnya dari cara memulai bisnis online ialah melakukan analisis kompetitor. Analisis kompetitor Anda untuk mengetahui apa yang mereka tawarkan dan bagaimana mereka mempromosikan produk atau layanan mereka.

StickFriends juga perlu mempelajari kekuatan dan kelemahan dari setiap kompetitor. Hal ini akan membantu Anda menemukan peluang dari bisnis online yang dijalankan. Pada tahap ini beberapa hal yang dapat Anda perhatikan dalam menganalisis kompetitor adalah sebagai berikut.

1). Identifikasi Kompetitor

Mengidentifikasi kompetitor akan memudahkan Anda menentukan siapa saja pesaing Anda yang memiliki produk atau layanan serupa dengan bisnis yang akan Anda jalankan.

2). Kupas Tuntas Kompetitor

Dalam menganalisis secara mendalam terkait kompetitor, mempelajari tentang strategi pemasaran, harga dan penawaran yang diberikan, serta menganalisa kelemahan dan kekurangan dari kompetitor adalah hal yang perlu StickFriends lakukan.

Anda dapat memulai analisa dengan mencari apa saja contoh bisnis online yang mirip dengan bisnis Anda. Setelah itu, analisis dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dari kompetitor serta platform lainnya yang memungkinkan.

3). Ketahui Citra dari Kompetitor

Berkaitan dengan analisis media sosial kompetitor Anda, hal yang mesti menjadi perhatian Anda ketika menganalisis pesaing adalah mengetahui bagaimana citra yang kompetitor Anda.

Citra dari kompetitor dapat Anda pelajari dari berbagai aspek, mulai dari aspek brand dan identitas visual dari kompetitor Anda seperti logo, slogan, dan desain kemasan produk. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana merek mereka terlihat di mata pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat mempelajari reputasi dan ulasan yang diterima oleh kompetitor Anda dari pelanggan. Ulasan positif dapat menunjukkan bahwa brand mereka dianggap baik oleh pelanggan, sedangkan ulasan negatif dapat menunjukkan masalah yang harus diatasi.

4. Buatlah Rencana Bisnis

Dalam berbisnis, membuat rencana bisnis yang jelas dan terperinci sangat diperlukan. Hal ini akan memberikan acuan, pandangan, dan tujuan yang jelas ketika Anda menjalankan bisnis online.

Rencana bisnis dapat dilakukan dengan menentukan tujuan, strategi pemasaran, target pasar, dan lain sebagainya.

Di dalam rencana bisnis yang Anda susun, penting juga untuk menentukan proyeksi keuangan untuk bisnis Anda, termasuk pengeluaran, pendapatan, dan keuntungan. Pastikan rencana bisnis Anda mempertimbangkan biaya startup dan proyeksi pendapatan.

Meskipun memulai bisnis online dengan modal kecil, keseriusan dalam merencanakan dan mengelola keuangan menjadi hal krusial yang harus diperhatikan.

Banyak contoh bisnis online yang bermula dari modal kecil dan dengan pengelolaan yang tepat kini berkembang pesat.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Marketing Plan untuk Bisnis

5. Tentukan Branding dan Nama Bisnis

Tahapan selanjutnya dari cara memulai bisnis online dari nol adalah menentukan branding dan nama bisnis. Buatlah branding dan nama bisnis yang menarik dan mudah diingat oleh calon pelanggan.

Keunikan dari nama bisnis juga dapat menjadi faktor penentu kesuksesan Anda. Di tahap ini, Anda perlu benar-benar memahami identitas dan nilai dari bisnis Anda. Identitas dan nilai bisnis Anda harus tercermin dalam branding dan nama bisnis Anda.

Dengan menentukan branding dan nama yang sesuai, bisnis online yang menjanjikan dapat Anda dapatkan.

6. Buat Website Resmi untuk Bisnis Anda

Website menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis online. Website resmi dari bisnis Anda akan memudahkan pelanggan mencari informasi mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Buatlah website yang profesional dan mudah diakses oleh pengunjung.

7. Gunakan SEO

Salah satu cara memulai bisnis online agar mendapat hasil yang maksimal adalah penggunaan SEO atau Search Engine Optimization. Gunakan SEO untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari seperti Google.

Dengan menerapkan teknik SEO yang baik, situs Anda dapat muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari dengan kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis atau konten yang Anda tawarkan.

Sebab, tujuan dari SEO adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik organik ke web Anda. Hal ini dapat meningkatkan visibilitas web bisnis perusahaan, menghasilkan lebih banyak leads atau konversi, dan meningkatkan pengalaman pengguna di situs web Anda.

8. Suguhkan Produk yang Berkualitas

cara membuat produk online yang berkualitas.jpg

Source: Freepik - Menjual produk yang berkualitas merupakan indikator penting yang harus diperhatikan saat memulai bisnis online.

Sebuah bisnis yang baru dirintis tentu akan mengalami fase trial and error dari produknya. Namun, menyuguhkan produk yang berkualitas kepada pelanggan adalah sebuah kewajiban.

StickFriends dapat memulai dengan mempelajari harga dan kualitas produk atau layanan dari kompetitor. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana mereka memposisikan merek mereka di pasar dan bagaimana mereka memenuhi kebutuhan pelanggan.

9. Gunakan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial dapat menjadi cara memulai bisnis online shop yang sangat membantu. Penggunaan media sosial dilakukan untuk memperluas jangkauan bisnis Anda dan memperkenalkan produk kepada masyarakat.

Tak hanya untuk mempromosoikan usaha, media sosial juga dapat Anda gunakan untuk menjalankan kegiatan direct marketing ke para konsumen. Dari sana, Anda akan berhadapan langsung dengan konsumen potensial perusahaan.

Bagi bisnis online dengan modal kecil, media sosial dapat Anda manfaatkan sebagai saranan membangun citra dari produk. Hal ini juga dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness dari bisnis.

Ditambah lagi, saat ini kegiatan digital marketing dengan memanfaatkan media sosial sangat berkembang pesat. Banyak fitur di media sosial yang dapat Anda maksimalkan untuk menunjang bisnis, mulai dari berbagi foto, video, hingga iklan berbayar di kanal online advertising tersebut.

10. Buat Konten Berkualitas

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara jualan online yang laku setiap hari? Ternyata, konten yang dibuat di media sosial juga dapat membantu Anda memasarkan produk atau layanan yang ditawarkan.

Oleh karena itu, membuat konten yang berkualitas dan menarik sangat diperlukan agar pengunjung tertarik untuk membeli produk Anda. Anda dapat membuat berupa tips and trick, promo, atau product knowledge.

Namun, agar dapat mengunggah konten-konten tersebut, Anda wajib membuat content calender, semacam perencanaan konten. Nantinya, dengan content calender itu, Anda pun akan mengetahui apa saja yang ingin dibuat dan lebih konsisten dalam berbagi konten.

11. Berikan Pelayanan yang Maksimal

Tahap selanjutnya dari cara memulai bisnis online adalah proses transaksi. Di tahap ini, penting untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan Anda agar mereka merasa senang dan mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Memastikan bahwa pelayanan yang tepat dan baik bagi pelanggan dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda. Rasa percaya inilah yang dapat meningkatkan kesadaran dan loyalitas para pelanggan.

12. Analisis dan Evaluasi Bisnis

Terakhir, Anda perlu melakukan analisis dan evaluasi terhadap bisnis secara berkala. Hal ini diperuntukkan guna mengetahui apa yang sudah dilakukan dengan baik dan apa yang perlu diperbaiki agar bisnis Anda semakin berkembang.

Namun, jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda juga memiliki target, acuan, dan standarisasi yang jelas terhadap bisnis yang Anda rintis, ya.

Sudah Siap Memulai Bisnis Online?

Demikian pembahasan mengenai cara memulai bisnis online yang bisa Anda terapkan. Adapun langkah-langkah memulainya ialah dengan menentukan target bisnis dan jenis bisnis, kemudian memastikan hal-hal detail yang wajib dilakukan, seperti riset pasar dan analisis kompetitor.

Jika bisnis Anda sudah jalan, jangan lupa untuk mempromosikannya. Anda dapat mempromosikan bisnis itu dengan beriklan di secara online di layanan iklan digital StickEarn.

Melalui layanan ini, iklan Anda bisa tampil di aplikasi rekanan kami, seperti Grab in Apps. Iklan akan tampil dalam bentuk banner di berbagai fitur Grab yang Anda inginkan.

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png