Mengembangkan usaha menjadi suatu keharusan yang perlu Anda upayakan. Selain membuat perusahaan tetap eksis, hal tersebut juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu cara yang perlu dilakukan ialah dengan menjalankan brand extension. Brand extension adalah upaya untuk melakukan inovasi produk agar bisnis makin besar dan berkembang.

Hanya saja, menjalankan strategi branding ini tidak mudah. Anda harus mengetahui lebih dahulu mengenai apa itu brand extension dan belajar dari contoh pengembangan produk brand lain yang ada di Indonesia.

Untuk itu, agar memudahkan Anda mempelajari hal itu, Anda bisa simak seputar pengertian, keuntungan, cara menerapkan, dan beberapa contoh brand extension yang berhasil maupun gagal di artikel berikut ini.

Baca juga: Perbedaan Branding & Marketing yang Mempengaruhi Bisnis, Apa Sajakah?

Apa Itu Brand Extension?

what is brand extension.jpeg

Source: Freepik - Memahami defini dari brand extension.

Brand extension adalah strategi pemasaran dengan mengembangkan citra dari suatu brand. Penerapan strategi ini hanya berlaku bagi sebuah merek yang sudah terkemuka, supaya bisa menghadirkan berbagai jenis produk baru yang berbeda dari produk utamanya.

HubSpot menjelaskan bahwa brand extension merupakan strategi bisnis yang paling mujarab untuk meningkatkan pendapat. Hal itu karena Anda bisa mendapatkan konsumen baru yang berpotensi menjadi pelanggan Anda.

Bahkan, Anda juga bisa meningkatkan hubungan dan brand loyality melalui strategi ini. Konsumen lama Anda mungkin saja membeli produk baru dari induk produk Anda.

Contoh brand extension di Indonesia yang berhasil ialah Indomaret. Awalnya toko ini hanya dikenal sebagai minimarket yang menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari masyarakat secara self service.

Namun, seiring berkembangnya zaman, Indomaret juga berinovasi dengan mengeluarkan produk atau brand baru. Adapun inovasi itu ditandai dengan munculnya Indomaret Point yang menjual kopi kemasan dan camilan kekinian lainnya.

Tujuan Brand Extension

Brand extension atau dikenal juga dengan perluasan mempunyai tujuan khusus. Tujuan umum dari strategi pemasaran ini adalah untuk memperluas jangkauan promosi, sehingga dapat meraih konsumen secara lebih luas dan lebih masif.

Selanjutnya, sebuah merek bisnis perlu memiliki brand equity dan brand loyalty yang stabil agar penerapan strateginya dapat berlangsung secara efektif. Selain itu, peluncuran produk baru juga harus memiliki asosiasi brand yang logis dengan produk utamanya agar upaya perluasan merek dapat berhasil dengan baik.

Hingga saat ini, sudah banyak perusahaan atau brand-brand yang memanfaatkan keuntungan brand extension demi kemujuran usahanya. Bahkan, perusahaan multinasional besar sekelas Google juga turut menerapkan strategi meningkatkan penjualan dengan perluasan agar bisa meraup lebih banyak.

Google, yang semula menyediakan produk utama berupa layanan search engine (mesin pencari), kini sudah menghadirkan banyak produk digital lain yang masih berkaitan dengan produk utamanya.

Beberapa produk digital milik Google tersebut, yakni Google Play Store, Google Cloud Platform, Google Chromebook, dan masih banyak lagi. Berkaca dari perusahaan Google, StickFriends juga bisa lho menerapkan contoh brand extension tersebut untuk memperbesar jumlah keuntungan bisnis.

Jika berhasil menerapkan upaya perluasan merek secara strategis, siapa tahu brand usaha milik StickFriends bisa berkembang dan sama mujurnya dengan brand bisnis Google.

Cara Memperluas Citra Brand Bisnis

Lalu, pertanyaan yang muncul setelah mengetahui definisi dan contoh keberhasilan brand extension ialah bagaimana cara mengembangkan usaha agar strategi tersebut berjalan? Nah, untuk menjawabnya, Anda bisa simak langkah-langkah membangun brand extension di bawah ini.

  • Mengembangkan produk serupa dalam bentuk yang berbeda.
  • Menambahkan fitur terbaru untuk produk lama.
  • Menambahkan sentuhan unik yang khas pada peluncuran produk baru.
  • Memperluas produk sesuai dengan bidang dan keahlian khusus brand.
  • Meluncurkan produk baru yang memiliki keterikatan kuat dengan produk utama, sehingga dapat konsumen gunakan secara berdampingan.

Manfaat dan Keuntungan Brand Extension

cara menjalankan perluasan bisnis.jpeg

Source: Freepik - Apa saja manfaat menjalankan tahapan brand extension?

Source: Freepik - Rebranding strategy wajib dipersiapkan dengan baik agar rencana pembaruan brand tercapai secara sempurna.

Apabila StickFriends berhasil merealisasikan cara-cara di atas dengan tepat dan selaras dengan kebutuhan bisnis, bersiaplah untuk memperoleh keuntungan brand extension. Apa sajakah untungan yang akan didapat?

1. Memiliki Demografi Baru

Selain dapat menjangkau calon konsumen secara lebih luas, perluasan merek juga akan menciptakan segmen konsumen lain dari tipe demografi baru. Semakin luas jangkauan pasarnya dan semakin variatif jenis demografinya.

Oleh karena itu, akan terjadi peningkatan terhadap penjualan dan peluang terciptanya pangsa pasar baru di perusahaan Anda. Lalu, margin keuntungan dan ekuitas suatu brand juga akan semakin meningkat secara keseluruhan.

Selain itu, munculnya demografi konsumen bisnis baru juga dapat menggaet lebih banyak daya tarik terhadap peluncuran produk baru secara lebih mudah.

2. Menghemat Anggaran Promosi

Kestabilan dan tingginya brand loyalty konsumen terhadap suatu merek mempunyai peran penting dalam menyukseskan peluncuran produk baru atau jenis penerapan brand extension lainnya.

Apabila sebuah brand sudah memiliki jumlah pengikut yang melimpah, perusahaan terkait akan mampu memangkas anggaran bisnis untuk keperluan branding dan pemasaran. Jika sudah seperti ini, pelaku usaha bisa menghemat lebih banyak uang dan dapat mengalokasikan dana tersebut untuk pemenuhan kebutuhan yang lain.

Jika merek bisnis milik StickFriends sudah banyak masyarakat ketahui, para konsumen juga akan lebih mungkin untuk percaya dan menerima kehadiran produk baru dari brand tersebut.

3. Meningkatkan Reputasi

Salah satu tujuan dari penerapan brand extension oleh suatu perusahaan adalah untuk menghidupkan citra brand yang kuat dan memperjelas kembali makna bisnis yang mereka hadirkan.

Ketika pelaku bisnis melakukan salah satu strategi perluasan merek, para konsumen akan memberikan perhatiannya kepada brand tersebut bersama dengan pembaharuan produk yang perusahaan tawarkan.

Perhatian yang diberikan oleh para konsumen dalam jumlah besar dapat menghidupkan kembali eksistensi serta meningkatkan reputasi brand induk di mata masyarakat umum.

Baca juga: Cara Meningkatkan Brand Awareness Produk agar Makin Dikenal

Contoh Brand Extension

Selain perluasan produk, strategi brand stretching (_extension) juga menerapkan upaya perluasan lini produk yang sama dengan sentuhan komponen yang berbeda. Lebih jelasnya, contoh brand extension lainnya juga dapat StickFriends jumpai pada merek produk alas kaki Edward Forrer. Selain alas kaki (sepatu dan sandal), brand ini juga memproduksi jenis barang lain yang selaras dengan bidang bisnis fashion, yaitu produk tas.

Sementara itu, ada juga contoh brand extension di Indonesia pada strategi perluasan lini produk mie instan terkemuka, yakni Indomie. Meski hanya berupa mie, Indomie telah berhasil menciptakan berbagai varian rasa yang lezat, seperti original, soto, rendang, dan lain-lain.

Strategi Menerapkan Brand Extension

Sebagai salah satu pelaku usaha, Anda pasti bercita-cita mengembangkan bisnis agar terkenal brand-brand di atas, bukan? Maka dari itu, terapkan beberapa tips dan strategi penerapan perluasan merek berikut ini:

  • Ukur ekuitas brand terlebih dahulu: Hal ini bertujuan untuk melacak kemungkinan dan dampak perluasan merek di masa mendatang.
  • Menimbang potensi dan risiko: Melakukan analisis bisnis untuk mengidentifikasi efek positif maupun negatif pada keberlangsungan brand stretching.
  • Memanfaatkan kompetensi inti bisnis: Tujuannya untuk memperoleh keuntungan yang kompetitif, memperoleh efisiensi, dan membangun diferensiasi pasar.
  • Lakukan riset pemasaran: Analisis potensi, peluang, dan kebutuhan pasar.

Terapkan Brand Extension untuk Brand!

Itulah tadi pembahasan mengenai brand extension yang bisa menjadi insight untuk Anda. Menerapkan perluasan bisnis dan produk sangat penting untuk dilakukan agar Anda tetap eksis dan tidak tumpang karena persaingan.

Mulai sekarang pikirkan produk atau lini bisnis mana yang ingin Anda kembangkan. Lalu, lakukan analisis SWOT terhadap produk tersebut agar mudah dikembangkan oleh tim terkait.

Jika sudah, Anda bisa menyebarluaskan promosi produk itu menggunakan jasa iklan luar ruang StickEarn. Kami mempunyai beragam media iklan OOH dan DOOH yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk kepada khalayak.

Silakan klik banner di bawah untuk berkolaborasi dengan SticEarn atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png