Indonesia dikenal sebagai salah satu negara di Asia Tenggara dengan penggunaan sepeda motor tertinggi. Menurut data Statista, 71,65% masyarakat Indonesia di tahun 2023 ini menjadikan motor sebagai transportasi utama untuk bepergian.

Dengan melihat data tersebut, Anda perlu memanfaatkan momentum ini untuk mulai beriklan di kendaraan, terutama dengan pasang iklan di motor. Selain iklan Anda berpotensi dibawa oleh banyak orang yang menjadikan motor sebagai kendaraan utama untuk bepergian dan menambah pendapatan, memasang iklan di motor juga dapat membantu brand dalam meningkatkan brand awareness.

Ditambah, saat Anda iklan di motor, Anda bisa menampilkan iklan berbagai tempat, seperti di panel belakang dan di helm pengemudi maupun penumpang. Nah, karena itu, bagi Anda yang berencana membuat campaign iklan di kendaraan tersebut, Anda harus menyimak pembahasan ini sampai habis!

Pelajari juga strategi brand saat beriklan di kendaraan roda dua:

Manfaat Beriklan di Motorbike Advertising

pasang iklan di motor grab gojek.jpg Source: Doc. StickEarn - Iklan di motor memberikan berbagai keuntungan untuk perusahaan.

Motorbike Advertising adalah salah satu jenis periklanan luar ruang yang kini banyak ditawarkan oleh perusahaan OOH di Jakarta. Dengan memanfaatkan media ini, iklan Anda akan ditempel di kendaraan roda dua dan dibawa berjalan menuju lokasi tertentu.

Lokasi yang dituju oleh pengemudi iklan terbilang strategi. Iklan Anda dapat dibawa ke tempat yang ramai, seperti pusat kota, atau menyasar segmentasi pasar tertentu.

Pasalnya, terkadang perusahaan iklan bekerja sama dengan layanan transportasi online, misalnya di Grab. Maka, sudah pasti iklan Anda akan dibawa menuju lokasi yang padat penduduk dan beragam setiap harinya.

Bahkan, melalui iklan di kendaraan tersebut juga Anda bisa menentukan wilayah tayangan, StickFriends. Anda dapat beriklan di Jakarta, Medan, Surabaya, ataupun Bali.

Per satu kota, iklan yang dipasang di motor dapat digaransikan berjalan hingga 1.500 km. Dalam satu bulan, total impression iklan bisa mencapai lebih dari 82 juta dan menembus lebih dari 200.000 km total jarak tempuh iklan dibawa dalam satu area campaign.

Langkah-Langkah Pasang Iklan di Motor

Setelah Anda mengetahui manfaat dari pasang iklan di motor, pasti saat ini Anda penasaran mengenai bagaimanakah cara pasang iklan di motor, bukan? Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah pasang iklan di motor, khususnya di StickEarn.

1. Menentukan Target Audiens

Menentukan target audiens dapat membantu kelangsungan campaign iklan yang ingin Anda buat. Dengan memerhatikan target audiens, Anda bisa membuat iklan yang lebih menarik dan segmented, sehingga iklan yang akan Anda buat akan lebih dilihat.

2. Buat Desain Iklan yang Menarik

Desain iklan yang menarik akan meningkatkan visibilitas iklan Anda dan membuat iklan produk Anda mudah diingat oleh target audiens. Oleh karena itu, pastikan buatlah desain yang menarik dan buat pesan iklan Anda terbaca dengan jelas oleh target audiens.

3. Pilih Perusahaan OOH Tepercaya

Terdapat banyak perusahaan OOH dan DOOH di Jakarta, maupun di daerah lainnya. Namun, tak banyak perusahaan yang menyediakan iklan di kendaraan, khususnya iklan di motor.

Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn, yaitu perusahaan iklan luar ruang tepercaya dan profesional. StickEarn menawarkan layanan pasang iklan di motor yang lengkap; mulai dari media sampai konsultasi materi iklan yang ingin Anda tayangkan di kendaraan tersebut.

StickEarn juga menyediakan laporan saat dan setelah selesai campaign yang bisa menjadi insight bagi bisnis Anda. Laporan kami sangat lengkap dan terukur.

Dengan beriklan bersama StickEarn, iklan Anda siap untuk disebarluaskan pada target audiens yang tepat. Sebab, mitra Motorbike Advertising kami ialah driver Grab yang setiap hari selalu hilir-mudik di jalan dan berbagai lokasi.

4. Evaluasi Kerja Secara Berkala

Setelah Anda memilih perusahaan OOH untuk pasang iklan di motor, pastikan pantau campaign atau iklan Anda secara berkala. Evaluasi kerja ini bertujuan untuk memantau progres apakah ada yang harus diperbaiki dari proses iklan ataupun tidak.

Contoh Perusahaan yang Pasang Iklan di Motor

Menurut data StickEarn, Motorbike Advertising menjadi salah satu produk terfavorit karena banyak dimanfaatkan brand untuk beriklan. Nah, kira-kira siapa saja perusahaan yang menggunakan kendaraan ini untuk beriklan?

1. PUMA

iklan kreatif di motor.jpg

Source: Doc. StickEarn - Dokumentasi kampanye iklan PUMA bersama mitra pengemudi StickEarn.

Advertising service untuk iklan di motor dilengkapi dengan Add-On yang bisa digunakan untuk berkreasi lebih luas dan meningkatkan brand recall. Jika Anda butuh layanan lebih untuk melakukan sounding yang besar dan ingin memperoleh share of voice yang tinggi, Anda bisa melakukan konvoi menggunakan motor.

Maksudnya ialah Anda menyewa sejumlah unit, 20 sampai sekitar 40-an unit, Motorbike Advertising untuk menampilkan iklan Anda. Lalu, unit-unit tersebut akan membawa iklan ke lokasi-lokasi yang berbeda selama periode campaign.

Kegiatan pemasaran konvoi ini pernah dilakukan oleh brand sepatu ternama, yaitu PUMA. Berkolaborasi dengan StickEarn, PUMA menggunakan Motorbike Advertising kami untuk menginformasikan pembukaan toko offline mereka.

Dengan melakukan konvoi iklan, PUMA dapat menarik perhatian lebih banyak audiensnya. Sebab, melakukan konvoi artinya iklan Anda akan menguasai jalan dan akan menjadi spotlight. Brand awareness juga impression pasti akan jauh lebih tinggi.

2. Nivea

Iklan di grab.jpg

Source: Doc. StickEarn - Iklan Nivea di motor dan helm.

Selain PUMA, Nivea juga melakukan campaign serupa. Nivea memanfaatkan swarming marketing menggunakan sejumlah unit Motorbike Advertising StickEarn untuk mempromosikan produknya di jalan Ibukota.

Menariknya, Nivea tidak hanya sekadar pasang iklan di motor melalui papan iklan di bagian belakang saja. Brand ini juga memanfaatkan motor pengemudi dan penumpang sebagai sarana iklannya, StickFriends.

Nivea me-wrapping helm dengan stiker iklan mereka. Dengan digunakan helm sebagai sarana promosi, iklan Nivea tentunya lebih dilihat oleh penumpang Grab.

Sebab, saat penumpang menerima helmnya, mereka akan dibuat salah fokus oleh stiker iklan di helm tersebut. Selain itu, sepanjang perjalanan juga penumpang pasti akan memerhatikan iklan Nivea di helm pengemudi motor.

3. Bawaslu

iklan layanan masyarakat dari Bawaslu_StickEarn.jpg

Source: Doc. StickEarn - Iklan Bawaslu di jalan.

Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu turut beriklan di motor. Lembaga pengawas ini memanfaatkan iklan luar ruang StickEarn untuk menyampaikan informasi mengenai pemilu.

Ada empat kreatif iklan yang ditampilkan melalui iklan offline StickEarn. Adapun pesan iklan layanan masyarakat dari kreatif itu ialah mengenai imbauan agar masyarakat tidak menjual suara saat pemilu 2024 mendatang.

Lalu, Bawaslu mengajak masyarakat untuk tidak menyebarluaskan hoax atau ujaran kebencian kepada calon dan wakil presiden maupun partai politik yang sedang berkontestasi. Terakhir, mengenai ajakan agar masyarakat bekerjasama dengan Bawaslu dalam menciptakan pemilu yang damai dan bersih.

Namun, selain beriklan di motor, Bawaslu memanfaatkan media iklan OOH lainnya. Iklan Bawaslu tampil di mobil dan MobileLED Advertising secara masif.

4. Dapur Cokelat

iklan makanan di motor.jpeg

Source: Doc. StickEarn - Contoh iklan di papan motor Dapur Cokelat.

Contoh iklan di motor berikutnya datang dari Dapur Cokelat. Brand yang menjual makanan pencuci mulut ini meramaikan periklanan luar ruangan dengan mempromosikan campaign Ramadan mereka.

Dapur Cokelat membuat iklan produk makanan yang menarik di kendaraan roda dua. Dikatakan menarik karena iklan brand dibuat dengan sangat soft selling.

Dengan menggunakan formula copywriting berupa “Rayakan Kemenangan dengan Silaturahmi”, Dapur Cokelat mengajak masyarakat untuk silaturahmi sambil membawa hampers produknya.

Poster iklan soft selling itu ditutup dengan CTA berupa QR code yang bisa dipindai audiens untuk melakukan pemesanan. Jadi, tanpa menambahkan ajakan berupa “Hubungi kami di nomor xxx”, brand itu memilih menampilkan QR agar terlihat modern dan trackable.

Baca juga: Mengenal Penggunaan QR Code sebagai Sarana Pemasaran

Tertarik Pasang Iklan di Motor?

Memanfaatkan moda transportasi umum dengan pasang iklan di motor kini memang menjadi pilihan yang menggiurkan. Harga iklan di motor juga bersahabat dan memberikan keuntungan yang signifikan untuk bisnis Anda.

Jika Anda tertarik beriklan di media ini, Anda bisa melakukannya di StickEarn. Sebagai perusahaan periklanan OOH tepercaya di Indonesia, kami menyediakan layanan iklan di kendaraan roda dua yang akan dibawa oleh mitra Grab.

Khusus di bulan ini, kami mengadakan program "YES" (Year End Sales) untuk beriklan di Motorbike Advertising, Car Advertising, atau MobileLED Advertising. Dengan memanfaatkan promo tersebut, Anda tentunya bisa menghemat anggaran beriklan, StickFriends.

Untuk mendapatkan promonya, silakan klik banner yang di bawah atau pelajari produk-produk kami terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png