Brand recall adalah suatu ukuran kualitatif yang digunakan sebagai acuan seberapa baik nama brand di mata konsumen. Untuk mengetahui apa itu brand recall, StickFriends bisa menyimak contoh, manfaat, dan cara mengukur brand recall serta apa perbedaan brand recall, brand recognition, dan brand awareness berikut ini.

Apa Itu Brand Recall?

Brand recall adalah suatu ukuran kualitatif yang digunakan untuk mengukur seberapa baik nama brand di mata konsumen. Pengukuran suatu brand ini berkaitan dengan jenis, kelas, dan kualitas produk di mata konsumen.

Metode yang dilakukan untuk melakukan pengukuran suatu brand ini biasanya menggunakan wawancara secara langsung atau melalui survey. Beberapa jenis pertanyaan umum brand yang biasanya ditanyakan kepada konsumen seperti “Ada berapa varian produk dari brand X?” atau pengetahuan tentang brand X itu sendiri.

Brand recall secara umum terbagi menjadi dua bentuk. Pertama adalah aided brand recall yaitu pengukuran brand yang bisa StickFriends lakukan dengan membandingkan kualitas suatu brand dengan kompetitornya. Konsumen akan mengidentifikasi suatu brand dan komponen lainnya di antara kompetitor brand tersebut.

Kedua adalah unaided brand recall yaitu pengukuran suatu brand yang bisa StickFriends lakukan dengan membandingkan beberapa produk yang sama dari berbagai brand yang berbeda. Konsumen akan mengidentifikasi nama brand dari setiap produk tersebut berdasarkan pengetahuan mereka masing-masing.

Baca Juga: Apa Itu Branding? Manfaatnya dalam Marketing?

Contoh Brand Recall

Beberapa contoh brand recall yang bisa StickFriends temui dengan mudah di kehidupan sehari-hari antara lain brand air mineral dan detergen. Jika mendengar tentang produk air mineral beberapa konsumen langsung teringat dengan salah satu brand air mineral terkenal yaitu Aqua.

Selain itu ada juga salah satu brand detergen atau sabun cuci baju yang juga terkenal dan mudah diingat oleh beberapa konsumen yaitu Soklin. Konsumen dapat mengenali nama-nama brand tersebut dengan mudah karena memiliki nama yang mudah diingat dan pendekatan brand yang tepat kepada konsumen.

Manfaat Brand Recall

Brand recall memiliki beberapa manfaat yang bisa StickFriends rasakan secara langsung. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Meningkatkan Penjualan

Kemudahan suatu brand untuk dapat diingat oleh konsumen akan memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan penjualan suatu produk. Hal ini karena ingatan konsumen terhadap suatu merek berbanding lurus dengan pembelian nyata terhadap suatu produk atau brand tertentu.

Pembelian produk dari suatu brand yang mudah diingat oleh konsumen juga akan membuat konsumen meningkatkan frekuensi pembelian mereka. Ingatan yang positif akan suatu brand juga akan meningkatkan loyalitas konsumen secara kognitif dan emosional.

Baca Juga: 7 Tren Outdoor Advertising Untuk Meningkatkan Penjualan

2. Unggul Dalam Persaingan Brand

Ingatan akan suatu brand juga merupakan salah satu faktor terjadinya penjualan dari suatu produk. Jika konsumen memiliki ingatan yang positif akan suatu brand, maka konsumen juga akan memberikan prioritas pada brand tersebut ketika ingin membeli barang yang mereka butuhkan. Dengan ingatan yang dimiliki oleh konsumen terhadap suatu brand, maka akan berdampak pada kepercayaan konsumen pada brand tersebut.

Kepercayaan yang berbanding lurus dengan frekuensi jumlah konsumen maka akan menciptakan keunggulan brand dalam persaingan dengan para kompetitor.

3. Membangun Brand Bisnis yang Kuat

Salah satu faktor yang menjadikan suatu brand kuat dan bisa bertahan di dunia bisnis adalah kepercayaan dan loyalitas konsumen. Kepercayaan dan loyalitas konsumen akan menciptakan frekuensi pembelian yang berulang.

Selain itu kepercayaan dan loyalitas konsumen juga akan menciptakan pondasi bisnis yang kuat. Kualitas brand yang terus terjaga dengan baik juga akan semakin memperkuat pondasi brand bisnis yang StickFriends bangun.

Cara Mengukur Brand Recall

StickFriends juga dapat mengukur performa brand recall sebagai bentuk evaluasi efektivitas strategi pemasaran yang sudah StickFriends buat. Berikut adalah formula yang bisa StickFriends gunakan untuk mengukurnya: Persentase Brand Recall (%) = (Responden survei yang mengidentifikasi atau mengingat merek dengan benar / Jumlah total responden) X 100. Teknik tersebut harus StickFriends kombinasikan dengan KPI (Key Performance Indicators) lainnya dan benchmark industri serupa yang sesuai.

Sebagai contoh, perhitungan brand recall dari suatu perusahaan startup bisa StickFriends bandingkan dengan perusahaan startup dengan bidang dan level yang sesuai bukan dengan perusahaan besar yang sudah mapan seperti Coca Cola.

Perbedaan Brand Recall, Recognition, dan Awareness

Setelah mengetahui ulasan di atas, lalu apa perbedaan brand recall, brand recognition, dan brand awareness?

Brand recall adalah ukuran kualitatif seberapa baik nama suatu brand di mata konsumen jika dibandingkan dengan brand lain yang memiliki produk serupa.

Baca Juga: Cara Memahami Pelanggan Dengan Marketing Funnel

Pengukuran performanya bisa StickFriends lakukan melalui survey kepada para konsumen. StickFriends dapat menggunakan survey sebagai metode untuk mengetahui pengetahuan konsumen terhadap suatu brand.

Sementara itu brand recognition adalah ukuran kualitatif dari seberapa mudah suatu brand untuk bisa teridentifikasi oleh konsumen. Istilah brand recognition ini biasanya berkaitan dengan strategi pemasaran atau periklanan yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kemudahan konsumen dalam mengidentifikasi suatu brand dan atributnya.

Brand recognition ini bisa StickFriends anggap berhasil jika konsumen yang merupakan target pemasaran tersebut dapat menangkap isyarat visual atau audio yang StickFriends sampaikan. Isyarat tersebut dapat berupa slogan, logo, warna, kemasan, jingle, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan brand tersebut. Sementara itu pengukuran dari brand recognition bisa StickFriends lakukan melalui proses riset pasar. Strategi brand recognition yang baik akan meningkatkan keunggulan suatu brand.

Sedangkan brand awareness adalah kemampuan suatu konsumen untuk dapat mengenali suatu brand dari produk-produk brand tersebut. Membangun brand awareness adalah salah satu tujuan utama dari sebuah strategi pemasaran. Brand awareness dapat StickFriends bangun melalui proses promosi dan branding.

Pengukuran brand awareness bisa StickFriends lakukan melalui analisis trafik situs website brand tersebut, analisis engagement media sosial brand, dan pencarian nama brand di mesin pencarian seperti Google.

Baca Juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif dan Langkah - Langkahnya

Tertarik Mencoba Metode Brand Recall untuk Bisnismu?

Setelah membaca ulasan tersebut, terbukti jika brand recall, brand recognition, brand awareness adalah beberapa tujuan dari strategi pemasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, StickFriends membutuhkan strategi pemasaran dan periklanan yang tepat dan kreatif. Dimana kamu bisa mendapatkan service tersebut? StickEarn solusinya!

StickEarn adalah salah satu perusahaan startup periklanan yang dapat membantu StickFriends untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat dan menjangkau konsumen secara lebih luas.

Selain itu, StickEarn juga merupakan perusahaan periklanan yang aktif dalam mengikuti perkembangan tren periklanan saat ini. Beberapa produk periklanan StickEarn yang bisa StickFriends manfaatkan antara lain Transportation Advertising, Digital Out of Home Advertising, dan Digital Platform Advertising. Produk-produk StickEarn tersebut bisa StickFriends dapatkan dengan mudah melalui website StickEarn.com.

StickFriends juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai promo menarik yang StickEarn tawarkan seperti diskon hingga 60% dan promo menarik lainnya. Jadi apa lagi yang StickFriends tunggu? Yuk tingkatkan optimasi brand bersama StickEarn sekarang juga!

CTA Banner Blog - 01.png