Sebagai salah satu inovasi produk dalam bidang ritel, vending machine kini banyak digunakan. Berbagai brand menjalankan promosi produk dengan sewa vending machine ke perusahaan OOH.

Dari brand makanan, minuman, buku, hingga obat-obatan seperti Kimia Farma, memanfaatkan vending machine (VM) untuk menyuguhkan kenyamanan bagi konsumen. Pasalnya, ketika bertransaksi di vending machine, konsumen akan lebih leluasa memilih produk yang diinginkan.

Bahkan, VM dilengkapi dengan audio visual dan programmatic advertising yang mumpuni, sehingga dapat menarik perhatian banyak orang. Menurut data Global Market Insights, pasar vending machine juga diperkirakan akan tumbuh dengan CAGR sekitar 9% antara 2021 dan 2027.

Data tersebut menunjukkan bahwa VM sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Jika Anda berencana menggunakanya, Anda bisa sewa mesin vending machine melalui StickEarn. Kami menyediakan mesin VM yang bisa Anda sewa dengan menawarkan keuntungan seperti di bawah ini.

Baca juga: Kenali Cara Kerja Marketing

Apa Itu Vending Machine?

Sebelum membahas apa saja keuntungan menggunakan vending machine, Anda yang belum mengenal apa itu vending machine advertising perlu mengetahuinya lebih dulu. Sebab, mesin tersebut sangat membantu Anda dalam memasarkan produk kepada khalayak.

Vending machine adalah mesin otomatis yang digunakan untuk menjual berbagai produk. Produk-produk yang dijual tidak hanya makanan dan minuman siap konsumsi, tetapi juga yang diolah lewat mesin, seperti vending machine kopi.

VM biasanya ditempatkan di tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, bandara, stasiun kereta api, halte bus. Namun, vending machine di Indonesia terkadang juga ditempatkan dalam acara-acara tertentu, konser dan pameran, misalnya.

Selain karena keleluasaan penempatan dan pelayanan, lantas apa saja yang membuat banyak brand mau bekerjasama menggunakan vending machine sebagai strategi pemasaran produknya?

Mengapa Harus Sewa Vending Machine?

Ada berbagai faktor keberhasilan dalam beriklan maupun promosi bisnis melalui vending machine yang bisa Anda ketahui. Alasan-alasan ini dapat menambah keyakinan Anda untuk tidak melewatkan mesin pemasaran tersebut.

Nah, apa sajakah itu keunggulan menggunakan vending machine untuk jualan makanan maupun produk lainnya dapat Anda simak di bawah.

1. Kenyamanan Pelanggan

Seperti yang sudah StickEarn sebutkan sebelumnya bahwa VM memberikan kenyamanan kepada konsumen dalam bertransaksi. Hal itulah yang menyadi penyebab utama mengapa Anda harus sewa vending machine.

Dengan vending machine, pelanggan dapat dengan mudah membeli produk tanpa harus antre atau berinteraksi langsung dengan karyawan Anda. Ini memberikan pengalaman yang cepat dan efisien bagi mereka yang sedang dalam perjalanan atau sibuk.

Jadi, mereka tinggal menghampiri vending machine brand saja. Lalu, menekan tombol untuk memilih produk yang diinginkan, kemudian memasukkan uang atau pindai kode pembayaran, dan produk pun bisa langsung didapatkan.

2. Pendapatan Pasif

Bagi pemilik usaha, vending machine dapat menjadi sumber pendapatan pasif yang menarik. Tanpa perlu pengelolaan yang intensif, mesin-mesin ini dapat bekerja 24/7, sehingga dapat memberikan keuntungan yang stabil tanpa memerlukan banyak perhatian.

Ketika Anda menggunakanya, Anda tidak perlu melakukan pengawasan intensif. Cukup memeriksa secara berkala, Anda pun bisa berjualan dengan nyaman dan aman.

3. Diversifikasi Produk

Dari minuman dingin dan makanan ringan hingga barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti permen atau produk kesehatan, vending machine dapat menampung berbagai macam produk. Ini memungkinkan pemilik usaha untuk menyediakan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan mereka.

Contohnya penggunaan VM yang pernah digunakan oleh industri obat-obatan, Kimia Farma. Brand ini memanfaatkan vending machine StickEarn untuk menjalankan kampanye pemasaran yang efektif.

Konsumen bisa membeli produk obat-obatan tanpa harus ke apotik terlebih dahulu. Jika dalam keadaan mendesak, misalnya saat perjalanan pusing dan tidak enak badan, mereka bisa langsung membelinya di VM Kimia Farma yang tersedia di beberapa titik halte bus.

Baca juga: Panduan Membuat Marketing Campaign yang Tepat untuk Penjualan

4. Sarana Branding

Selain untuk jualan, sewa vending machine juga bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan strategi branding produk StickFriends. Sebab, saat Anda menggunakan VM, VM tersebut dapat Anda kostumisasi penampilannya sesuai keinginan.

Anda bisa mendesain tampilan VM menggunakan poster atau desain yang Anda inginkan. Anda dapat me-wrapping seluruh tampilan VM atau bahkan hanya setengahnya saja. Dengan memanfaatkan hal tersebut, secara tidak langsung, Anda bisa meningkatkan brand awareness.

5. Menyediakan Data Analisis

Faktor terakhir yang mengharuskan Anda untuk menyewa vending machine ialah adanya data analisis terhadap kampanye pemasaran yang dilakukan. Mesin canggih yang satu ini tidak hanya menyediakan kenyamanan dalam bertransaksi.

Namun, VM juga bisa menghadirkan insight yang mendalam mengenai kegiatan penjualan yang Anda lakukan. Adapun data yang disediakan ialah berupa laporan keramaian pengunjung di sekitar mesin, impresi, dan berapa banyak yang sudah menggunakan VM untuk bertransaksi.

Data yang didapat juga dijamin akurat. Bahkan, Anda pun bisa mengombinasikan VM dengan campaign online untuk mendapatkan data yang lebih mendalam.

Contohnya ialah kampanye VM Sprite bersama StickEarn. Dalam rangka berbagai product sampling di luar ruang, Sprite mengajak audiens untuk mencicipi varian baru mereka di VM.

Cara mendapatkannya cukup mudah. Hanya dengan memindai QR Marketing yang tertera di layar VM dan mengisi data diri di form dari pemindaian tersebut. Audiens pun sudah bisa mendapatkan produk Sprite secara gratis.

Sewa Vending Machine untuk Pemasaran Sekarang!

Menyewa vending machine menjadi langkah yang tepat guna mendukung pemasaran produk yang lebih efektif. Sebab, dengan menggunakan mesin ini, Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.

Selain itu, VM fleksibel digunakan untuk menjual berbagai produk. Anda bisa menempatkan mesin canggih tersebut di berbagai tempat yang Anda inginkan. Contohnya di stasiun kereta, Transjakarta, dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik berjualan menggunakan alat ini, Anda bisa sewa vending machine StickEarn. VM kami dilengkapi teknologi canggih, seperti programmatic ads, sehingga dapat mendukung aktivitas pemasaran dan branding Anda.

Silakan klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png