Sales dan marketing merupakan bagian dari suatu strategi bisnis yang hadir untuk membantu perusahaan dalam menawarkan produknya kepada konsuemn. Divisi ini begitu beririsan, sehingga sering dianggap sama.

Padahal, pada praktiknya ada perbedaan antara sales dan marketing yang membuat kedua peran itu tidaklah sama, persis seperti asumsi yang mengatakan kalau branding dan marketing sama. Perbedaan itu terletak pada kegiatan sales dan marketing yang berhubungan dengan tugasnya.

Secara sederhana, sales adalah orang yang bertugas untuk menjual produk secara langsung kepada calon konsumen, sedangkan marketing adalah posisi di perusahaan yang mengemban tugas untuk memastikan terlaksananya strategi pemasaran yang efektif.

Lalu, ada banyak contoh perbedaan sales dan marketing yang bisa Anda ketahui dalam berbagai model bisnis. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak pembahasan StickEarn di bawah tentang apa itu sales dan marketing serta tugas keduanya.

Baca juga: Apa Itu Marketing? Ini Contoh Strategi & Aktivitas Pemasaran Produk

Perbedaan Marketing dan Sales dari Definisi

perbedaan marketing dengan sales.jpg

Source: Freepik - Memahami pengertian marketing dan sales.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai contoh pekerjaan marketing dan sales, sebagai pebisnis Anda perlu memahami pengertian kedua peran tersebut terlebih dahulu. Dengan mengetahuinya, Anda tidak akan keliru dalam memanajemen dan menentukan pencapaian dari masing-masing pekerjaan.

Sederhananya, sales adalah divisi atau suatu pekerjaan yang fokus pada kegiatan penjualan produk, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui pemaparan mengenai produk, membujuk, hingga akhirnya konsumen mau membeli produk.

Sementara, marketing adalah langkah pertama dalam perjalanan produk atau layanan menuju pelanggan. Layanan yang diberikan melibatkan serangkaian strategi dan aktivitas yang bertujuan untuk membangun kesadaran, menciptakan ketertarikan, dan membentuk persepsi positif di kalangan audiens target.

Flow Kerja Perbedaan Sales dan Marketing

Selain dari pengertian sales dan marketing yang berbeda, flow atau konsep divisi ini juga tidak sama. Baik sales maupun marketing mempunyai konsep kerja seperti di bawah. Berikut konsep utama pekerjaan staff marketing yang tidak sama dengan sales.

  • Segmentasi Pasar: tim marketing pada praktiknya melakukan segmentasi pasar untuk membantu perusahaan mengenali pasar dan industri. Segmentasi pasar adalah proses mengidentifikasi dan membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil berdasarkan karakteristik yang sama, seperti demografi, geografi, atau perilaku pembelian.

  • Pengembangan Merek: tim marketing juga membantu perusahaan membangun identitas yang unik untuk produk atau layanan perusahaan. Hal ini dilakukan guna membedakan brand dari pesaing dan menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan.

  • Riset Pasar: riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan tren pasar yang akan membentuk strategi pemasaran. Kegiatan ini menjadi salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh tim marketing.

  • Promosi dan Kampanye: Penggunaan berbagai saluran, seperti iklan, media sosial, dan kampanye konten, untuk mencapai audiens target dan membangun minat terhadap produk atau layanan.

Lalu, beberapa konsep lainnya dalam pekerjaan sales ialah sebagai berikut.

  • Penjajakan Awal: Tim sales menghubungi prospek yang telah diidentifikasi oleh tim marketing, dan memulai proses interaksi yang lebih mendalam.

  • Penyampaian Nilai: Setelah menjajakan, tim sales akan menjelaskan manfaat dan nilai produk atau layanan kepada pelanggan potensial, dengan menyesuaikan presentasi sesuai kebutuhan individu.

  • Penanganan Keberatan: Tim sales juga akan mengatasi pertanyaan atau keberatan pelanggan potensial dan memberikan jawaban yang memuaskan untuk membangun kepercayaan.

  • Penutupan Penjualan: Upaya terakhir untuk memastikan kesepakatan dicapai, termasuk negosiasi dan penandatanganan kesepakatan.

Baca juga: Panduan Riset Pasar untuk Kebutuhan Iklan

Ruang Lingkup dan Fungsi

Dilihat dari lingkup dan fungsinya, sales dan marketing mempunyai cakupan yang berbeda-beda. Tim sales bekerja dengan linkup yang bersifat short term, sedangkan marketing lingkupnya long term.

Mengapa demikian? Sebab, tugas marketing ialah membangun dan membina relasi dengan konsumen, sehingga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Proses tersebut cendurung panjang karena memerlukan penerapan strategi yang matang.

Semantara, sales lingkupnya dapat dilihat langsung, sehingga terbilang cepat. Sales bertugas untuk meyakinkan pelanggan agar mau membeli Produk yang perusahaan jual.

Lalu, berdasarkan fungsinya, marketing menjadi divisi yang berfungsi menjangkau dan membangun relasi yang baik dengan para customer sampai menjadi pelanggan setia perusahaan.

Namun, untuk membangun hubungan yang baik, dibutuhkan juga dukungan dari sales. Oleh karena itu, sales pun berfungsi sebagai akomodator yang menyediakan segala kebutuhan konsumen terhadap produk yang perusahaan tawarkan.

Target Pekerjaan Sales dan Marketing

cara sales menawarkan produk kepada konsumen.jpg

Source: Freepik - Contoh pekerjaan sales dan marketing yang berbeda..

Indikator terakhir yang membedakan sales dan marketing terletak pada target atau goal pekerjaan. Target utama dari tim sales ialah memastikan proses transaksi hingga konsumen mau membeli produk.

Lalu, tim marketing akan bertugas untuk mencapai target pemenuhan kualitas dari produk yang perusahaan tawarkan. Tujuannya, agar produk yang brand luncurkan itu dapat bersaing dengan kompetitor dan diterima oleh masyarakat.

Selain itu, bertujuan untuk membantu sales dalam berjualan secara langsung kepada calon konsumen. Coba bayangkan jika produk yang Anda buat tidak dipasarkan dengan baik, mulai dari penentuan USP hingga komunikasi penjualannya, tim sales maupun stakeholder lain pasti akan kesulitan dalam mempromosikan produk tersebut.

Contoh pekerjaan sales ialah menawarkan produk kepada target konsumen secara langsung. Mereka akan menghubung konsumen potensial untuk mengadakan pertemuan (rapat) agar bisa mempresentasikan produk yang perushaaan tawarkan.

Bagaimana dengan tim pemasaran? Contoh pekerjaan tim marketing ialah membuat perencanaan pemasaran produk ke berbagai channel, seperti offline maupun online.

Manfaat Memahami Perbedaan Marketing dan Sales

Memahami perbedaan mendasar antara marketing dan sales memiliki implikasi yang signifikan pada strategi bisnis dan alokasi sumber daya. Dengan memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang peran masing-masing itu, perusahaan dapat:

  • Mengembangkan strategi pemasaran yang tepat sasaran, menghasilkan prospek berkualitas yang lebih tinggi untuk tim sales.
  • Meningkatkan kolaborasi antara tim marketing dan sales, membantu mengurangi potensi ketidakselarasan antara dua fungsi ini.
  • Mengukur dan mengevaluasi kinerja masing-masing tim dengan parameter yang sesuai dengan tujuan mereka.

Sudah Paham Mengenai Perbedaan Marketing dan Sales?

Itulah sejumlah indikator yang membuat sales dan marketing tidak sama. Sebab, ada sejumlah perbedaan di antara keduanya yang terletak pada tugas, ruang lingkup, fungsi, dan tujuan.

Meskipun berbeda, tetapi sejatinya sales dan marketing saling bersinergi dalam membantu perusahaan meningkatkan penjualan. Marketing membantu sales memasarkan produk, sales pun membantu marketing untuk menjual produk yang sudah dipasarkan secara langsung kepada konsumen.

Nah, Anda pasti sudah paham mengenai marketing dan sales, bukan? Jika sudah, Anda dapat segera menyiapkan strategi pemasaran dan penjualan bersama divisi tersebut.

Dalam hal mempromosikan produk kepada khalayak, tim marketing Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn mempromosikan melalui iklan luar ruang. StickEarn siap membantu Anda menjalankan campaign iklan OOH dan DOOH yang berdampak untuk bisnis.

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah ini atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 02.png