News

Tingkatkan Brand Awareness dengan Iklan di Mobil

Thursday, 24 September 2020
Let everyone know!

Salah satu tujuan dari dibuatnya strategi marketing oleh perusahaan adalah untuk mendapatkan atau meningkatkan brand awareness. Mengapa brand awareness, atau kesadaran konsumen terhadap suatu merek menjadi hal yang penting dan menjadi tujuan para brand? Brand awareness sangat penting untuk keberlangsungan bisnis, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Seperti yang kita sama-sama tahu, pandemi covid-19 membuat banyak campaign marketing berubah. Penyesuaian butuh dilakukan, namun bila menahan kegiatan marketing di era pandemi seperti ini, salah satu resiko bagi brand adalah eksistensi brand dapat terlupakan oleh target market dan hal itu dapat berdampak kepada turunnya pembelian. Maka, brand perlu memikirkan cara meningkatkan brand awareness secara unik, tentunya dengan spending yang tidak terlalu mahal namun menghasilkan ROI yang positif. Campaign marketing apa yang bisa dilakukan oleh brand?

IKLAN DI MOBIL

Pasang iklan di mobil merupakan cara efektif untuk meningkatkan brand awareness. Saat ini, beragam marketing dan advertising agency menawarkan solusi beriklan secara digital atau konvensional secara terpisah. StickEarn, sebagai advertising technology yang memiliki visi menawarkan iklan yang cerdas, berdampak dan mudah diakses, hadir menawarkan gabungan layanan iklan luar ruang dan digital, melalui iklan di kendaraan yang dapat diukur efektivitasnya. Sejak awal berdiri di tahun 2017, StickEarn menghadirkan StickMob, sebuah layanan iklan di mobil yang mengusung konsep media iklan luar ruang yang berjalan, location based advertising, terkoneksi dengan dashboard canggih untuk melihat total impresi dari iklan yang dipasang.

StickMob

StickMob atau layanan iklan di mobil dari StickEarn pada saat ini merupakan pemimpin di kategori vehicle branding advertising plartform di Indonesia. Bekerjasama secara resmi dengan Grab Indonesia, StickMob memiliki lebih dari 100.000 armada Grab-car dan driver yang siap membawa iklan Brand di lebih dari 30 kota di Indonesia, dan saat ini telah dipercaya lebih dari 300 brand se-Indonesia. Lebih dari 5.000 unit StickMob beroperasi setiap bulannya.

Seberapa jauh iklan Brand Anda dapat dibawa oleh StickMob dan dilihat target konsumen? Berdasarkan data yang StickEarn dapatkan, setiap harinya iklan per brand yang pasang di mobil bersama StickEarn telah dibawa oleh mitra Grab selama lebih dari 8 jam sehari, melalui lebih dari 3.000 km per bulan, dan menghasilkan lebih dari 1 Juta impresi per bulannya dalam hitungan per satu mobil saja. Dengan perhitungan ini, melakukan car branding atau beriklan di mobil tentu bisa dijadikan solusi tepat buat pengiklan yang ingin Brand nya dilihat dan diketahui banyak orang secara lebih terukur dan targeted.

Multi-Platform Advertising bersama StickMob

Pasang iklan di mobil menggunakan StickMob juga membuka peluang brand Anda untuk berkreasi seluas mungkin dengan membuat aktivasi di dalam mobil untuk branding agar terhubung lebih dalam dengan penumpang. Biaya rendah per tayangan (CPM) dibandingkan dengan bentuk iklan lainnya. Marketing Campaign yang bisa dijalankan dengan StickMob berupa Car Wraps Advertising, In-Car Advertisement, atau Event & Activation.

StickMartLayanan StickMart di dalam mobil

Pasang Iklan di Badan Mobil Sesuai Kebutuhan

Lebih dari pasang iklan billboard atau media iklan luar ruang lainnya, dengan StickMob, brand Anda bebas memilih beberapa pilihan spot untuk pasang iklan di mobil sesuai dengan kebutuhan brand. Berikut jenis-jenis wrap advertising yang bisa dipilih di StickMob

  • Back window (pasang stiker iklan di kaca belakang mobil)
  • Partial Back (stiker iklan ditempel di kaca belakang dan badan belakang mobil)
  • Back Window dan Panel (iklan di kaca belakang dan sisi samping badan mobil)
  • Partial Back dan Panel (iklan di kaca hingga badan belakang dan sisi samping mobil)
  • Full Back (stiker iklan ditempel menyeluruh di bagian belakang mobil)
  • Half Wrap (iklan dipasang di setengah badan mobil ke bagian belakang)
  • Full Wrap (stiker iklan di mobil yang dipasang menyeluruh dari depan hingga belakang)

Selain itu, untuk memperkuat brand presence Brand Anda, Anda juga dapat beriklan di dalam mobil dengan menggunakan tambahan-tambahan media branding dalam mobil seperti Wobbler, Strip, StickTop, dan Door Trim yang berfungsi untuk menambah media informasi pesan yang ingin disampaikan, hingga mengimplementasikan QR Code untuk mengintegrasikan iklan offline to online (O2O).

PASANG IKLAN DIGITAL

Tidak hanya iklan di dalam dan luar mobil, dengan StickMob, Anda dapat mengintegrasikan iklan di mobil Grab dengan banner advertising seperti Grab in apps yang dapat menyambungkan iklan yang konsumen lihat secara visual di depan mata lalu terkoneksi dengan apa yang akan dilihat di dalam aplikasi Grab pada saat membuka aplikasi selama perjalanan.

Upaya-upaya ini apabila dilakukan secara menyeluruh, tentu mampu menghasilkan brand awareness yang efektif. Brand awareness merupakan hal yang harus dijaga secara berkala oleh brand. Bila brand awareness suatu brand mulai menurun, brand harus sigap membuat strategi pemasaran yang efektif untuk mengembalikan brand awareness dan membuat target audience mencari tahu lebih banyak tentang brand Anda seiring dengan menggiring ke arah pembelian. Secara konsep, brand awareness dapat dikategorikan dalam tiga tingkatan berupa:

  1. Brand recognition. Tingkatan awal dari brand awareness, yaitu fase dimana konsumen mulai mengenal suatu produk saat mereka melihat produk tersebut dari iklan atau paparan informasi yang mereka lihat.
  2. Brand recall. Tingkatan kedua dan lebih meningkat dari brand recognition dimana konsumen mulai dengan mudah mengingat nama sebuah brand berdasarkan kategori atau industri produk tersebut. Misalnya saat konsumen mendengar kategori pasta gigi, mereka dapat dengan mudah mengarahkan pikiran terhadap sebuah brand yang mereka ingat secara otomatis, atau cukup melihat sekilas produk yang mereka butuhkan dan langsung mengingat brand tertentu.
  3. Top-of-mind awareness. Tingkatan ini yang paling tinggi dan tentu diinginkan oleh banyak brand agar dapat mencapai fase ini. Dalam fase ini, konsumen dalam skala besar langsung dapat mengacu pada suatu brand atau produk tertentu dan otomatis muncul pertama kali di pikiran konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.

Sudah di fase brand awareness yang mana kah brand Anda? Apakah saat ini sedang berusaha untuk mencapai brand awareness, atau ingin meningkatkan awareness hingga ke tahap top-of-mind? Pasang iklan di mobil bersama StickMob dari StickEarn dan raih brand awareness hingga konversi yang maksimal.

Pelajari Selengkapnya

Get the latest updates !