Tak dapat dimungkiri kalau memahami cara kerja digital marketing sangat diperlukan di era sekarang. Pasalnya, digital marketing kini banyak digunakan dan diyakini sangat efektif dalam menjalankan strategi pemasaran produk di ranah digital.

Korean Tourism Organization (KTO), sebagai salah satu organisasi pemerintah, telah membuktikan hal tersebut melalui campaign iklan luar ruangan mereka bersama StickEarn. Meskipun aktivitas promosinya berfokus pada OOH, tetapi tetap mengaitkan digital sebagai strategi marketing online yang dapat mendorong audiens untuk bertransaksi.

Saat audiens melihat iklan di luar ruang yang ditampilkan KTO, audiens juga akan melihat iklan yang sama di layar ponsel mereka. Hal ini mampu mendukung aktivitas brand, sehingga audiens lebih aware dan mau membeli produk yang ditawarkan.

Nah, itu salah satu contoh cara kerja digital marketing yang dikombinasikan melalui OOH. Sebetulnya, ada cara kerja lain yang wajib Anda ketahui. Silakan simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing? Strategi, Jenis, Panduan, & Contohnya

Apa itu Digital Marketing?

arti digital marketing.jpg

Source: Freepik - Digital marketing adalah usaha mempromosikan bisnis melalui internet.

Menurut Hubspot, digital marketing mencakup semua usaha pemasaran yang dilakukan di internet. Dengan memanfaatkan alat seperti search engines, media sosial, email, dan situs web, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan mengubah prospek menjadi pelanggan setia.

Statistik dari We Are Social dan Hootsuite pada tahun 2024 menunjukkan bahwa pengguna internet global mencapai 5,18 miliar, atau sekitar 64,6% dari total populasi. Angka ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran digital bagi bisnis yang ingin tetap kompetitif.

Cara Kerja Digital Marketing

digital marketing contohnya apa saja.jpg

Source: Freepik - Cara kerja digital marketing terbagi menjadi 6 langkah.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja dari digital marketing? Pendekatan ini sangat bergantung pada bagaimana berbagai platform digital dimanfaatkan untuk menjangkau dan berinteraksi dengan audiens target. Pada dasarnya, teknik pemasaran digital bekerja dengan memanfaatkan data dan teknologi untuk menciptakan strategi pemasaran yang tepat sasaran.

Umumnya, ada enam langkah utama dalam cara kerja marketing online. Berikut adalah penjelasan untuk setiap tahapan:

1. Menentukan Audiens Target

Langkah pertama dalam marketing online adalah memahami siapa audiens target Anda. Dengan menggunakan tools, seperti Google Analytics atau Facebook Insights, Anda dapat menganalisis demografi dan perilaku konsumen potensial.

Namun, bagaimana jika Anda bisa menggabungkan data ini dengan strategi offline? O2O StickEarn memungkinkan brand untuk menargetkan audiens spesifik, baik secara online maupun offline, dengan data real-time dari iklan luar ruang.

Misalnya, kampanye billboard Anda bisa menampilkan iklan berbeda berdasarkan waktu atau lokasi. Ini memberikan pengalaman yang lebih personal kepada audiens.

2. Memilih Platform yang Tepat

Selain memanfaatkan media sosial dan mesin pencari, platform omnichannel seperti O2O menawarkan solusi unik untuk menjangkau audiens melalui media offline. Dengan O2O, Anda bisa memperluas jangkauan iklan di ratusan kendaraan atau billboard digital yang tersebar di berbagai kota, meningkatkan visibilitas produk secara signifikan.

Anda juga dapat mengintegrasikan kampanye digital di Facebook atau Instagram dengan iklan fisik di lokasi strategis yang sesuai dengan demografi target. Strategi ini memastikan pesan tersampaikan secara efektif, baik online maupun offline, sehingga menjangkau audiens lebih luas.

Baca Juga: Digital Branding: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

3. Membangun Konten yang Relevan dan Berkualitas

Setelah memahami audiens target dan memilih saluran yang tepat, langkah selanjutnya adalah menciptakan konten yang berkualitas dan relevan. Sebab, konten adalah kunci utama dalam digital marketing.

Strategi O2O yang StickEarn tawarkan dapat memperkuat konten digital Anda dengan iklan fisik yang relevan. Sebagai contoh, jika Anda menjalankan kampanye content marketing tentang produk baru di Instagram, Anda bisa memperkuat pesan tersebut dengan billboard atau iklan mobil.

4. Optimalisasi dan Penggunaan Data

Menggunakan data dari kampanye yang sedang berjalan sangat penting untuk mengoptimalkan hasil. Anda dapat memanfaatkan data dari iklan luar ruang untuk mengukur efektivitas kampanye offline secara real-time dengan omnichannel O2O.

Teknologi ini memungkinkan Anda melacak jumlah orang yang melihat iklan di lokasi tertentu serta memahami bagaimana audiens meresponnya. Dengan data ini, Anda mendapatkan wawasan yang lebih mendalam untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda.

5. Membangun Hubungan Berkelanjutan

Digital marketing bukan hanya fokus pada penjualan, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Melalui O2O, Anda dapat mengintegrasikan kampanye email marketing atau media sosial dengan iklan OOH untuk menciptakan strategi pemasaran yang lebih kohesif dan efektif.

6. Mengukur Keberhasilan

Salah satu keunggulan dari digital marketing adalah kemampuannya untuk diukur dengan akurat. Layanan O2O milik StickEarn menyediakan metrik dan analisis untuk kampanye offline, yang memungkinkan Anda untuk mengukur ROI (Return on Investment) dari iklan luar ruang dengan presisi. Memanfaatkan data ini dapat menyempurnakan strategi pemasaran dan memastikan setiap investasi menghasilkan keuntungan yang signifikan. Selain itu, analisis berbasis data juga membantu dalam mengoptimalkan penempatan iklan di lokasi-lokasi yang paling relevan bagi audiens target.

Baca Juga: Contoh Social Media Advertising: Definisi, Strategi, dan Manfaat

Mengapa Digital Marketing Diperlukan?

Dalam era di mana hampir semua aspek kehidupan terhubung dengan internet, keberadaan digital marketing menjadi penting bagi kesuksesan bisnis. Pertama, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih efisien dibandingkan metode pemasaran tradisional.

Selain itu, penggunaan data dan analitik memungkinkan bisnis untuk memahami perilaku konsumen dan menyesuaikan strategi mereka agar lebih efektif. Integrasi antara online dan offline melalui strategi O2O, seperti yang dilakukan oleh StickEarn, memberikan pendekatan holistik yang dapat meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan.

Keberhasilan Kampanye O2O StickEarn x Oriflame

campaign digital marketing Oriflame di OOH.jpg

Source: Doc. StickEarn - Kampanye O2O StickEarn dan Oriflame.

StickEarn berhasil meluncurkan kampanye grand yang memanfaatkan pendekatan omnichannel untuk mencapai efektivitas dan efisiensi maksimal dalam menjangkau audiens. Dengan menggabungkan berbagai bentuk iklan, seperti Car Advertising, MRT Branding , Lift Branding, Videotron Advertising, Train Advertising, Mobile LED, Motorbike Advertising, dan Bus Advertising, Oriflame berhasil memperkuat eksistensi brand mereka.

Pendekatan ini juga meningkatkan keterlibatan konsumen secara signifikan. Dengan O2O, Oriflame dapat menjangkau berbagai segmen pasar dan memaksimalkan eksposur merek di lokasi-lokasi strategis.

Hal ini memberikan dampak yang luas dan terukur pada kampanye pemasaran mereka. Keberhasilan strategi ini menunjukkan pentingnya integrasi antara iklan digital dan luar ruang untuk efektivitas pemasaran yang lebih tinggi.

Beriklan dengan O2O Sekarang!

Beriklan dengan O2O memungkinkan Anda mengintegrasikan iklan luar ruang (OOH) dengan iklan digital, sehingga dapat memberikan dampak yang lebih signifikan dan terukur untuk campaign Anda. Teknologi O2O StickEarn juga memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang sama di dalam ruang digital, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Jika Anda tertarik, Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn melalui iklan O2O yang menawarkan beragam benefit, seperti peningkatan cakupan visibilitas audiens yang lebih luas dan iklan yang lebih terukur. Tak hanya itu, melalui layanan ini, Anda juga dapat meningkatkan brand awareness di luar ruang dan digital.

Klik banner di bawah ini untuk mulai beriklan atau pelajari produk-produk StickEarn lainnya!

CTA Banner Blog - 01.png