Meningkatkan brand awareness menjadi salah satu fokus utama berbagai perusahaan. Dengan membuat brand atau produk terkenal, perusahaan dapat mendorong transaksi dari aktivitas promosi yang dilakukan.

Saat ini, cara meningkatkan brand awareness suatu produk juga tidak sulit untuk dilakukan. Anda dapat tingkatkan brand awaness dengan iklan di mobil. Media Out-of-Home yang satu ini dipercaya berbagai brand dalam menyebarluaskan kesadaran merek kepada khalayak.

Dalam sehari, iklan yang dipasang di kendaraan roda empat beroperasi selama 8 jam dan selama satu bulan menghasilkan 1.000.000 impression. Mobil iklan akan membawa materi promosi Anda menuju lokasi yang strategis, sehingga dapat bertemu dengan konsumen potensial.

Selain itu, ada berbagai keuntungan lainnya yang akan brand peroleh ketika menjalankan campaign marketing untuk mendorong brand awareness menggunakan iklan luar ruang tersebut. Agar Anda lebih paham, simak pembahasan StickEarn di bawah ini!

Pelajari Case Studies Brand yang Beriklan Menggunakan OOH

Cara Meningkatkan Brand Awareness dengan Beriklan di Kendaraan

iklan nutrisari di mobil untuk tingkatkan brand awareness.jpg

Source: Doc. StickEarn - Meningkatkan kesadaran merek menggunakan media iklan luar ruang seperti Car Advertising.

Brand awareness adalah suatu kemampuan konsumen untuk mengenali produk kita melalui logo, image, warna, dan indikator terkait brand lainnya yang mudah dikenali. Agar konsumen kenal dengan brand, brand wajib mempromosikan produknya secara berkala.

Contohnya ialah dengan pasang iklan di kendaraan berjalan seperti mobil. Pasang iklan di mobil merupakan cara efektif untuk mencapai objektif perusahaan tersebut.

Saat ini, beragam marketing dan advertising agency menawarkan solusi beriklan secara digital atau konvensional secara terpisah. StickEarn, sebagai perusahaan advertising technology OOH dan DOOH di Indonesia yang memiliki visi menawarkan iklan yang cerdas, berdampak dan mudah diakses oleh banyak orang.

Salah satu produk StickEarn yang digandrungi berbagai brand sebagai sarana iklan outdoor mereka ialah Car Advertising. Car Advertising StickEarn adalah layanan iklan di mobil yang mengusung konsep media iklan luar ruang yang berjalan, location based advertising, terkoneksi dengan dashboard canggih untuk melihat total impresi dari iklan yang dipasang.

Bekerjasama secara resmi dengan Grab Indonesia, Car Advertising memiliki lebih dari 100.000 armada Grab Car yang siap membawa iklan Anda hilir-mudik dan bertemu dengan konsumen spesifik, yaitu pengguna Grab.

Lalu, iklan Anda juga akan dibawa oleh mitra driver StickEarn yang tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia. Saat ini, mitra driver StickEarn juga telah dipercaya lebih dari 300 brand se-Indonesia. Lebih dari 5.000 unit Car Advertising beroperasi setiap bulannya.

Seberapa jauh iklan brand dapat dibawa oleh Car Advertising dan dilihat target konsumen? Berdasarkan internal riset StickEarn, setiap harinya iklan per brand yang pasang di mobil mitra StickEarn telah dibawa oleh mitra Grab selama lebih dari 8 jam sehari, melalui lebih dari 3.000 km per bulan, dan menghasilkan lebih dari 1 Juta impresi per bulannya dalam hitungan per satu mobil saja.

Dengan data ini, menjalankan kampanye beriklan di mobil atau branding mobil tentu bisa menjadi solusi yang tepat buat pengiklan yang ingin brand-nya dilihat dan diketahui oleh banyak orang secara lebih terukur dan targeted.

Beriklan di Mobil Sesuai Kebutuhan

cara meningkatkan brand awareness di mobil.jpg Source: Doc. StickEarn - Beriklan di kendaraan untuk meningkatkan kesadaran merek.

Tak jauh berbeda ketika Anda beriklan di KRL, melalui jenis iklan OOH yang satu ini, Anda juga bisa membuat promosi produk di beberapa bagian komersial kendaraan roda empat. Di mana sajakah itu?

Berikut spot iklan di mobil yang dapat Anda manfaatkan untuk menyasar piramida brand awareness tertentu.

  • Back window ialah lokasi pasang stiker iklan di kaca belakang mobil.
  • Partial back ialah lokasi stiker iklan ditempel di kaca belakang dan badan belakang mobil.
  • Back Window dan Panel ialah lokasi iklan di kaca belakang dan sisi samping badan mobil.
  • Partial Back dan Panel ialah lokasi iklan di kaca hingga badan belakang dan sisi samping mobil.
  • Full Back ialah lokasi stiker iklan ditempel menyeluruh di bagian belakang mobil.
  • Half Wrap ialah lokasi iklan dipasang di setengah badan mobil ke bagian belakang.
  • Full Wrap ialah lokasi stiker iklan di mobil yang dipasang menyeluruh dari depan hingga belakang.

Selain lokasi di atas, Anda juga dapat beriklan di dalam mobil dengan menggunakan tambahan-tambahan media branding dalam mobil seperti Wobbler, Strip, StickTop, dan Door Trim yang berfungsi untuk menambah media informasi pesan yang ingin disampaikan, hingga mengimplementasikan QR Code untuk mengintegrasikan iklan Offline-to-Online Advertising (O2O)

Baca juga: Mengenal O2O Channel, Media Promosi Produk Paling Masif

Mengintegrasikan Iklan di Mobil dengan In Apps Banner

beriklan di dalam mobil.jpg

Source: Doc. StickEarn - Mempromosikan produk di dalam mobil untuk menyasar brand awareness secara masif.

Tidak hanya iklan luar dan di dalam mobil melalui wobbler, dengan Car Advertising, Anda juga dapat mengintegrasikan iklan di mobil Grab dengan banner advertising seperti Grab in apps yang dapat menyambungkan iklan yang konsumen lihat secara visual di depan mata, kemudian terkoneksi dengan apa yang akan dilihat di dalam aplikasi Grab pada saat membuka aplikasi selama perjalanan.

Pemasangan iklan banner ads jika dilakukan secara menyeluruh, tentu mampu menghasilkan brand awareness yang efektif. Sebab, indikator branding tersebut harus dijaga secara berkala oleh brand.

Ketika brand awareness suatu brand mulai menurun, brand harus sigap membuat strategi pemasaran yang efektif untuk mengembalikan brand awareness dan membuat target audiens mencari tahu lebih banyak tentang brand Anda.

Sebagai informasi, secara konsep brand awareness dikategorikan dalam tiga tingkatan yang terdiri dari:

  1. Brand recognition, yaitu tiingkatan awal dari brand awareness. Tingkat ini disebut juga sebagai fase konsumen mulai mengenal suatu produk saat mereka melihat produk tersebut dari iklan atau paparan informasi yang mereka lihat.
  2. Brand recall, yaitu tingkatan kedua dan lebih meningkat dari brand recognition. Sebab, di fase ini, konsumen mudah mengingat nama sebuah brand berdasarkan kategori atau industri produk tersebut. Misalnya saat konsumen mendengar kategori pasta gigi, mereka dapat dengan mudah mengarahkan pikiran terhadap sebuah brand yang mereka ingat secara otomatis atau cukup melihat sekilas produk yang mereka butuhkan dan langsung mengingat brand tertentu.
  3. Top-of-mind awareness, yaitu tingkatan ini yang paling tinggi dan tentu diinginkan oleh banyak brand agar dapat mencapai fase top of mind. Dalam fase tersebut, konsumen dalam skala besar langsung dapat mengacu pada suatu brand atau produk tertentu dan otomatis muncul pertama kali di pikiran konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.

Nah, pertanyaannya, sudah di fase mana brand awareness audiens terkait produk Anda? Apakah saat ini Anda sedang berusaha untuk mencapai awareness atau ingin meningkatkan awareness hingga ke tahap top of mind?

Ayo, Tingkatkan Brand Awareness dengan Beriklan di Mobil

Brand awareness menjadi indikator yang krusial dalam mengembangkan brand. Oleh karena itu, Anda pun wajib meningkatkannya secara berkala melalui media iklan.

Cara yang terbilang efektif untuk tingkatkan brand awareness dengan beriklan di mobil. Kendaraan tersebut dapat membantu Anda memperkenalkan dan menyebarluaskan iklan And kepada khalayak. Iklan Anda tampil secara masif di lokasi-lokasi strategis.

Jika Anda tertarik memanfaatkan layanan iklan di mobil, Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn. Sebagai perusahaan periklanan teknologi, StickEarn siap membantu brand dalam menyebarluaskan awareness kepada audiens yang ada di luar ruang.

Pasang iklan di mobil melalui Car Advertising dari StickEarn dan raih brand awareness hingga konversi yang maksimal. Klik banner di bawah untuk segera beriklan atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 02.png