Mempromosikan produk melalui iklan luar ruang memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis Anda. Salah satu iklan luar ruangan yang menguntungkan ialah Mobile Billboard dan Digital Billboard.

Digital Billboard ataupun Mobile Billboard adalah salah satu jenis iklan DOOH yang dapat Anda gunakan untuk beriklan di jalan secara lebih targeted, segmented, dan lebih terukur. Dalam satu kali penayangan di iklan tersebut, katakanlah iklan di billboard LED, Anda bisa mendapatkan 600.000 per hari.

Oleh karena adanya keunggulan ini, tidaklah heran jika anggaran DOOH naik 5% dari tahun sebelumnya. Banyak brand yang menggunakan media itu untuk mempromosikan produknya secara lebih efektif.

Namun begitu, apa sajakah manfaat beriklan di Mobile Billboard Advertising dan Digital Ads yang bisa brand dapatkan? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel ini.

Pelajari insights lainnya dari berbagai brand yang beriklan di DOOH:

Manfaat Beriklan di Mobile Billboard

beriklan di billboard digital_stickearn.jpg

Source: Doc. StickEarn - Keunggulan promosi bisnis di MobileLED Advertising StickEarn.

Mobile Billboard atau disebut juga MobileLED Advertising ialah media iklan DOOH yang menampilkan iklan brand di sisi badan mobil (truk). MobileLED dilengkapi dengan layar LED interaktif yang dapat menampilkan promosi perusahaan dalam format video.

Jika diartikan secara sederhana, Mobile Billboard adalah videotron raksasa outdoor berjalan yang hadir dari kombinasi LED tron di atas truk yang dioperasikan di jalan. Truk ini beroperasi menelusuri rute-rute strategi Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sebagainya.

Membuat iklan di media outdoor seperti MobileLED mampu menghasilkan impresi lebih dari 600.000 per hari. Selain itu, ada beberapa manfaat Billboard Digital di Jakarta ini yang bisa Anda dapatkan, di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Data yang akurat

Beriklan di MobileLED Advertising mampu menyajikan data impresi yang lebih akurat. Pengiklan pun bisa menargetkan audiens secara lebih spesifik, mulai dari populasi, latar belakang etnis, dan karakteristik demografis dengan memilih rute.

Terkait teknis penentuan lokasi, Anda bisa berkonsultasi dengan perusahaan OOH di Indonesia, seperti StickEarn yang menyediakan dashboard Demand-site Platform Programmatic DOOH untuk brand dan media buyer agar bisa mempersonalisasikan iklan DOOH mereka.

Dengan menggunakan teknologi DSP StickEarn, Anda bisa menyewa iklan DOOH dan mengetahui titik mana saja yang potensial untuk iklan Anda. Menariknya, Anda juga dapat memantau perkembangan industri yang beriklan di media luar ruang ini.

Misalnya, Anda bisa menargetkan audiens yang berada di lokasi pusat kota ataupun tempat tertentu. Bahkan, Anda bisa membuat iklan bergerak tersebut berada di satu titik selama satu hari untuk menampilkan iklan.

Aktivitas promosi itu dapat Anda lihat lewat campaign marketing kami bersama 88Rising saat mempromosikan Head in the Cloud (HITC) 2022 lalu. 88Rising bekerjasama dengan StickEarn menggunakan MobileLED untuk hilir-mudik di jalan dan stay di lokasi guna menyemarakkan dan mempromosikan event HITC.

2. Besar dan mencuri perhatian

Jika Anda melihat iklan Billboard Digital bergerak di jalan, Anda pasti tidak mungkin melewatkannya. Mobile Truck Advertising berukuran besar dan menyala yang satu ini menayangkan hingga 8 iklan per 1 kali looping, tentu iklan-iklan yang ditampilkan bisamencuri perhatian ribuan pasang mata ketika melihatnya.

Audiens akan melihat, mencermati, dan mencari tahu lebih lanjut mengenai iklan tersebut. Ditambah lagi jika pesan promosi yang disampaikan menarik, bukan tidak mungkin audiens yang ditargetkan tertarik dan langsung bertransaksi.

3. Harga Dapat Disesuaikan

Bicara soal harga sewa Mobile Billboard di Jakarta atau di kota besar lainnya berbeda-beda. Dapat kami katakan bahwa beriklan di Mobile Billboard maupun Digital Billboard dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan, harganya juga sebanding dengan manfaat yang didapat.

Sebab, ketika Anda memanfaatkan jenis promosi bisnis Mobile Billboard Car, Anda bisa menjangkau ribuan orang, StickFriends. Khalayak yang melihat iklan juga pasti akan langsung aware dengan iklan yang Anda buat, sehingga tujuan untuk meningkatan brand awareness tercapai dengan baik.

Ditambah lagi, saat iklan dilihat orang, iklan billboard LED itu juga mampu mendorong audiens untuk bertransaksi. Tentu saja, tujuan pemasaran Anda pun ikut tercapai.

4. Tepat Sasaran

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, manfaat beriklan di Billboard Digital memudahkan pengiklan dalam menyasar target market-nya. Anda dapat menentukan rute beriklan untuk menyasar ke target audiens yang diharapkan dan menargetkan beberapa demografi secara bersamaan.

Pasalnya, MobileLED adalah cara terbaik untuk menciptakan kesadaran brand untuk menjadikan brand top-of-mind bagi pelanggan. Hal ini memudahkan Anda untuk mempromosikan brand secara lebih terarah, sesuai lokasi, dan latar belakang konsumen yang dituju.

Di dalam dashboard programmatic DOOH, yaitu DSP StickEarn, data penentuan demografi dan personalisasi audiens juga dapat Anda temukan dengan mudah. Data ini nantinya akan menjadi insights untuk berbagai brand dalam mengambil keputusan iklan yang lebih terarah.

5. Prime Time Setiap Hari

Tidak seperti beriklan di media massa yang memiliki jam-jam tertentu sebagai puncak waktu beriklan, beriklan dengan MobileLED artinya iklan Anda dapat masuk di puncak waktu beriklan selama beberapa kali, setiap harinya.

Pada hari-hari kerja, iklan dapat dilihat oleh banyak orang, seperti pada jam berangkat kerja, jam makan siang, dan jam pulang kantor. Lokasi perkantorannya juga bisa Anda tentukan, misalnya Anda dapat menargetkan lokasi penayangan MobileLED di area Thamrin atau SCBD Sudirman.

Sementara pada akhir pekan, iklan Anda dapat dilihat lebih banyak di sekitar area pusat hiburan. Lalu, misalnya lagi, pada saat makan siang atau jam makan malam. Anda dapat menampilkan iklan dengan mudah.

Hal ini tentu sangat berguna untuk penargetan, StickFriends. Karena Anda dapat menentukan waktu yang sesuai dengan target audiens tertentu. Anda

Baca juga: Cara Menarik Pelanggan agar Membeli Produk, Mudah & Efektif!

Manfaat Beriklan di Digital Billboard/Digitron

beriklan di digital billboard_stickearn.jpg

Source: Doc. StickEarn - Apa saja manfaat beriklan di Digitron?

Digital Billboard atau Digitron merupakan media iklan luar ruang dengan format papan iklan digital yang dipasang di titik-titik strategis. Papan iklan ini dapat Anda temui di area, seperti iklan di badan gedung, menyesuaikan dengan target audience yang akan disasar.

Data menyebutkan bahwa beriklan di Digitron meningkatkan 49% brand recall dan memberikan keuntungan lain untuk bisnis. Nah, berikut beberapa manfaat bisa Anda dapatkan.

1. Lokasi strategis

Digital Billboard atau Digitron dipasang di pusat keramaian yang strategis, seperti universitas, perkantoran, atau jalanan menuju bandara, sebagai beberapa lokasi tersibuk dalam suatu kota. Beberapa titik Digitron paling efektif ialah K-Link Tower Gatot Subroto Jakarta dan City of Tomorrow (CITO), Surabaya.

Beriklan di Digitron dapat membuka peluang yang besar untuk Anda menargetkan iklan kepada pelanggan potensial yang ada di jalan. Ukuran digitron besar dan lebih tinggi, sehingga mudah dilihat oleh pengguna jalan.

2. Hemat Biaya Produksi

Selanjutnya, beriklan dengan Digital Billboard juga tidak membutuhkan biaya percetakan. Saat menjalankan campaign branding](https://stickearn.com/insights/blog/jenis-jenis-branding) di luar ruang, Anda hanya perlu membuat iklan di Billboard Digitron dalam format digital, seperti dalam format .jpg, .mp3, atau movie.

Anda cukup menyerahkan materi iklan kepada jasa sewa billboard DOOH di Indonesia. Mereka akan menayangkan iklan Anda menggunakan dashboard periklanan mereka secara remote. Lalu, iklan pun akan langsung tampil di lokasi tujuan.

Bahkan, seiring berkembangnya digitalisasi dan teknologi, Anda sudah bisa memasang iklan Digitron langsung dari rumah atau kantor ke lokasi tujuan. Lokasi tujuan tak terbatas pada negara domisili saja, tetapi kini Anda dapat menargetkan iklan hingga keluar negeri.

3. Proses Tayang Instan

Hanya dalam hitungan hari atau jam, bila materi iklan sudah selesai, iklan dapat langsung dipasang di Digital Billboard tanpa harus memakan waktu pemasangan poster iklan berhari-hari. Tanggal pemasangan, penurunan, dan update dalam iklan juga fleksibel.

Sebagai pengiklan, Anda dapat membuat campaign marketing di DOOH yang lebih efektif dan efisien dari biasanya. Iklan tayang dalam waktu yang instan, prosesnya mirip periklanan online.

4. Ruang Pesan Lebih Banyak

Hampir sama seperti iklan di MobileLED, dengan format digital dan penayangan berbentuk video interaktif, pesan yang dikemas pengiklan bisa tersampaikan lebih banyak.

Anda tak perlu mengkhawatirkan space iklan, dalam satu layar Digitron, Anda bisa menampilkan beberapa content marketing dari promosi bisnis.

Sebab, saat Anda menyewa Digitron, satu papan video LED tersebut akan menampilkan iklan Anda saja. Namun, hal itu kembali lagi pada kesepakatan Anda dengan perusahaan pengiklan, apakah ingin menyewa sepenuhnya atau hanya beberapa slot dan periode saja.

5. Ruang Kreasi Lebih Luas

Tidak hanya ruang pesan yang lebih banyak, keunggulan teknologi digital yang hadir di dalam media outdoor advertising ini juga dapat mengasah kreativitas yang lebih dalam dengan fitur-fitur dan space yang ditawarkan, StickFriends.

Anda dapat membuat iklan billboard yang unik seperti iklan kreatif yang ada di jalan atau mengemas iklan sesuai keinginan.

Intinya, Anda tak perlu khawatir dalam mengembangkan kreativitas beriklan di Billboard atau Digital OOH, media ini dapat mewadahi kreativitas Anda. Iklan Anda pasti lebih menarik lagi!

Baca juga: 5 Alasan Brand Perlu Memanfaatkan Digital OOH sebagai Media Beriklan

Ayo, Beriklan di Mobile Billboard & Digital Billboard

Beriklan di Mobile Billboard dan Digital Billboard memberikan banyak manfaat, bukan? Dengan iklan DOOH ini Anda bisa menjangkau dan memaksimalkan kampanye pemasaran.

Bagaimana, tertarik beriklan menggunakan Mobile Billboard Truck Ads dan Digitron? Jika ya, Anda wajib menyisipkan campaign promosi menggunakan media tersebut.

Lalu, pilih perusahaan OOH & DOOH di Jakarta yang bisa Anda ajak kerja sama. Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn untuk sewa iklan Billboard Mobile maupun Digitron.

Silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png