News

Cara Memahami Pelanggan dengan Marketing Funnel

Thursday, 16 July 2020
Let everyone know!

Dalam mencapai kesuksesan dalam promosi atau marketing, selain membuat iklan unik yang akan diingat banyak orang, juga penting untuk memahami karakteristik pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang yang produktif dengan pelanggan. Marketers juga harus memahami kebutuhan mereka dan menggunakan pemahaman itu untuk melayani mereka dengan lebih baik. Namun, bagaimana cara memastikan komunikasi yang efektif ke pelanggan yang tepat? Sangat penting bagi setiap marketers untuk tahu di mana sebetulnya posisi setiap brand dalam setiap aktivitas marketing.

Tahukah kamu, marketing funnel, atau yang juga biasa disebut sebagai customer journey adalah jawaban untuk memahami pelanggan secara lebih terperinci, sistematis, serta hulu ke hilir. Apa itu Marketing Funnel? Marketing funnel adalah proses pemasaran untuk membuat seseorang dari yang tidak mengenal brand, jadi mengenal, menimbang-nimbang, melakukan pembelian. Dalam jangka panjangnya, Marketing Funnel mencakup proses pelanggan dalam menilai produk yang telah dibeli hingga menjadi pelanggan setia.

Ada beberapa model dalam marketing funnel. Di tahun 1898, E. St. Elmo Lewis memperkenalkan model AIDA. AIDA merupakan pioneer model untuk marketing funnel. AIDA, atau singkatan dari Awareness, Interest, Desire, dan Action, digambarkan sebagai corong, pun kadang sebagai segitiga terbalik, yang menggambarkan tahapan pelanggan dan hubungan kedekatannya dengan brand kita. Sebagai proses kognitif, AIDA mampu membantu pemasar atau pemilik bisnis untuk memahami komunikasi dan campaign apa yang tepat dilakukan sesuai dengan stage yang akan disasar.

Seiring perkembangannya, AIDA pun berkembang menjadi AIDAR, yaitu dengan penambahan retention atau loyalty untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berhenti di satu kali pembelian dan dapat menjadi pelanggan loyal. Selain penambahan, terkadang model ini juga disimplifikasi agar lebih on point. Dalam content marketing, tahapan marketing funnel pun dibagi menjadi 3. Apa aja sih tahapan di Marketing Funnel?

AWARENESS

Awareness adalah tahap di mana konsumen sadar barang apa yang ia inginkan atau butuhkan.

CONSIDERATION

Consideration adalah tahap konsumen mencari info lebih banyak soal produk yang diinginkan. Termasuk dalam tahap ini adalah membanding-bandingkan satu merek dengan merek lainnya.

CONVERSION

Conversion adalah proses dimana konsumen memutuskan produk terbaik untuk dibeli.

Setelah memahami ketiga tahapan dalam marketing funnel, langkah selanjutnya adalah melakukan strategi untuk memahami pelanggan. Kamu memerlukan tiga hal berikut ini:

  1. Data pelanggan yang akurat dan real-time untuk mensupport kamu memahami pelanggan secara tepat. Hal ini bisa didapatkan melalui survey, forum group discussion (FGD) atau A/B Testing.

  2. Teknologi yang memudahkan kamu dalam menggunakan data yang didapatkan untuk mengatur strategi yang tepat dalam memahami pelanggan sesuai stage-nya. Misalnya menggunakan tools Marketing Automation.

  3. Tim internal yang dapat bekerja sama untuk membantu mengoptimalkan strategi bisnis yang tepat per stage. Misalnya tim Sales, atau Business Development, atau tim Data yang bisa membantu, jika konteksnya adalah di dalam sebuah perusahaan

Bagian atas funnel adalah tahap awal hubungan konsumen, dimana pelanggan potensial pertama kali mengetahui suatu brand. Biasanya ada lebih banyak orang di funnel atas, kemudian mengerucut ke bawah. Meskipun ada banyak calon pelanggan yang tertarik mengetahui brand kamu; biasanya semakin ke tahap yang membutuhkan komitmen akan semakin sedikit yang memutuskan ingin coba membeli dan lebih sedikit lagi yang benar-benar akan melakukan pembelian tersebut.

Tentu setiap marketer berharap orang yang mengetahui brand yang kita promosikan pada akhirnya dapat digiring untuk memutuskan dan membeli produk kita, serta membangun hubungan dengan pelanggan secara jangka panjang dengan brand kita. Untuk mewujudkannya, kamu butuh proses, namun dengan melakukan step by step secara tepat, kamu tentu akan bisa menembus pelangganmu hingga ke tahap pembelian bahkan mengubah mereka menjadi pelanggan loyal.

Get the latest updates !