Seiring berjalannya zaman, tren pemasaran saat ini juga turut berkembang pesat. Ada banyak konsep pemasaran yang ditawarkan dan salah satunya yang naik daun ialah marketing 5.0.

Sederhananya, marketing 5,0 adalah konsep baru dalam dunia pemasaran yang menempatkan manusia sebagai fokus dari strategi pemasaran produk. Konsep marketing 5.0 dicetuskan oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan dalam buku mereka yang berjudul Marketing 5.0: Technology for Humanity.

Karena terus berkembang, banyak marketers yang ingin menerapkannya, tetapi tidak tahu secara detail mengenai apa itu marketing 5.0. Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, StickEarn telah membahas tentang pengertian dan cara menerapkan marketing 5.0 di bawah ini.

Baca juga: Apa Itu Marketing? Ini Contoh Strategi & Aktivitas Pemasaran Produk

Mengenal Marketing 5.0

apa itu marketing 5.0.jpg

Source: Unsplash - Memahami konsep marketing 5.0.

Marketing 5.0 adalah konsep terbaru yang kini tengah banyak diperbincangkan oleh berbagai marketers. Konsep ini hadir dan berkembang dari marketing 1.0, 2.0, 3.0, 4.0, dan terbaru 5.0.

Jika Marketing 4.0 menekankan pada pemasaran digital dan interaksi online, Marketing 5.0 lebih fokus pada penggabungan teknologi digital dengan pengalaman manusia yang lebih mendalam.

Sebab, visi-misi marketing tersebut melibatkan pendekatan holistik yang mempertimbangkan nilai-nilai manusia. Manusia menjadi tolok ukur dan fokus utama dalam konsep ini.

Bahkan, berfokus pada pemasaran yang keberlanjutan dan interaksi sosial. Lalu, 5.0 marketing juga berhubungan dengan Internet of Things (IoT) dan blockchain. Pasalnya, era 5.0 dalam marketing berpendapat bahwa manusialah yang menjadi pendorong hadirnya IoT, sehingga begitu menjadi fokus dalam marketing 5.0 ini.

Pilar Marketing 5.0

Hadirnya marketing 5.0 melibatkan beberapa pilar dan elemen penting. Hal tersebut menjadi faktor penting keberhasilan bisnis. Adapun pilar dan elemennya telah StickEarn bahas di bawah ini. Mari disimak sampai habis!

1. Pilar tentang Konsumen

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, konsumen menjadi fokus yang sangat penting dalam perkembangan marketing 5.0. Pemahaman yang lebih dalam tentang konsumen inilah yang menjadi pilar dalam era marketing tersebut.

2. Pilar Pengalaman Konsumen

Tidak hanya sebagai subjek, pengalaman konsumen juga menjadi pilar yang sangatlah penting bagi konsep marketing ini. Marketing 5.0 menekankan pada pentingnya memberikan pengalaman konsumen yang luar biasa.

Dengan memahami perjalanan konsumen dan menawarkan solusi yang relevan, perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dan setia dengan pelanggan. Ini mencakup penggunaan teknologi, seperti kecerdasan buatan, analisis prediktif, dan personalisasi konten untuk menciptakan pengalaman yang memukau.

3. Keberlanjutan dan Tanggung Jawab Sosial

Perusahaan yang mengadopsi marketing 5.0 juga harus mementingkan keberlanjutan dan tanggung jawab sosial. Ini bukan hanya tentang produk atau layanan yang dijual saja, tetapi juga tentang dampaknya produk terhadap masyarakat dan lingkungan.

Sebab, konsumen modern cenderung mendukung perusahaan yang memiliki komitmen terhadap kegiatan pemasaran yang keberlanjutan dan bertanggung jawab sosial. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadakan hal tersebut guna mendukung jalannya campaign marketing yang dibuat.

Elemen dalam Marketing 5.0

contoh marketing 5.0.jpg

Source: Freepick - Apa saja elemen marketing terbaru 5.0.

Selain pilar, marketing dengan konsep terbaru tersebut menitikberatkan proses pemasarannya melalui satuan elemen penting. Ada beberapa elemen pemasaran yang perlu diupayakan hadir dalam konsep ini.

Menurut Kontan, yang dikutip dari buku marketing 5.0 Philip Kotler dan Hermawan Kartajaya, elemen itu, di antaranya, predictive marketing, contextual marketing, dan augmented marketing. Ketiganya dibangun di atas dua disiplin organisasi, yakni data-driven marketing dan agile marketing.

  • Predictive marketing: elemen ini menitikberatkan pada pemahaman bahwa kekuatan analitik perlu ditonjolkan untuk memprediksi sebuah hasil. Misalnya, suatu perusahaan mengadakan riset mengenai produk yang akan dikembangkan. Perusahaan perlu menentukan hasil risetnya dan bisa mengambil kesimpulan dengan memprediksi hasil risetnya itu.
  • Contextual marketing: Contextual marketing adalah elemen yang mengambil pemahaman berdasarkan personalisasi dan kustomisasi para penggunanya.
  • Augmented marketing: Nah, elemen yang satu ini mengacu pada kehadiran AI dalam membantu pekerjaan manusia, seperti chatbot yang membantu mempermudah kehidupan Anda dalam bekerja.
  • Agile marketing : Elemen terakhir ialah agile marketing yang berhubungan dengan mindset. Saat berhadapan pada suatu masalah, elemen ini begitu dibutuhkan. Perusahaan dituntut untuk dapat lincah saat mengambil suatu keputusan.

Baca juga: Apa Itu Strategi Marketing 360: Pemasaran Offline-to-Online

Menerapkan Marketing 5.0 dalam Perusahaan

Penerapan marketing 5.0 perlu dilakukan karena pemasaran ini sangatlah penting untuk bisnis Anda. Cara kerja marketing juga mampu membantu Anda untuk lebih kenal dengan konsumen.

Anda dapat membuat produk yang berorientasikan pada kebutuhan mereka. Dengan begitu, produk yang Anda buat tidak hanya sekadar digunakan, tetapi bermanfaat, sehingga bisa mendorong pembelian berulang.

Lalu, sebagai brand Anda bisa meningkatkan brand image yang lebih baik karena berpotensi diklaim modern oleh konsumen. Sebab, proses marketing 5.0 nantinya akan membuat Anda melibatkan teknologi dan digitalisasi.

Namun, sebagai catatan sebelum akhirnya memutuskan menerapkan konsep ini, Anda perlu mempersiapkan penggunaan teknologi di perusahaan terlebih dahulu. Tujuannya, agar marketing 5.0 yang dibuat dapat diimplementasikan dengan baik.

Siap Melaksanakan Marketing 5.0?

Marketing 5.0 menandai evolusi yang signifikan dalam dunia pemasaran. Dengan berfokus pada pemahaman yang lebih mendalam tentang konsumen, pengalaman konsumen yang mendalam, keberlanjutan, dan integrasi strategi pemasaran, perusahaan dapat memenangkan hati dan pikiran konsumen, khususnya konsumen modern di era ini.

Adopsi marketing 5.0 bukanlah pilihan, melainkan suatu keharusan yang siap membantu Anda untuk tetap relevan dan berhasil dalam era pemasaran yang terus berkembang. Karena itu, penting bagi Anda untuk menerapkan marketing 5.0.

Dengan konsep ini, perusahaan dapat membuka peluang baru, menghadapi tantangan dengan lebih baik, dan menciptakan masa depan pemasaran yang penuh inovasi dan makna.

Jika Anda serius, Anda bisa menerapkan marketing 5.0 bersama StickEarn melalui iklan di MobileLED Advertising dan Offline-to-Online Advertising (O2O). Kedua media tersebut, siap membantu Anda meningkatkan impresi secara offline dan online.

Spesial untuk Anda di akhir tahun ini, Anda bisa menggunakan promo YES! (Year End Sales 2023) dari StickEarn. Ada promo Q4 untuk penggunaan MobileLED Advertising akan dapat gratis O2O.

Tertarik? Silakan klik banner di bawah mendapatkan promonya atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png