Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu ingin mengoptimalkan berbagai tujuan pemasaran produk. Salah satunya ialah untuk meningkatkan pendapatan.

Namun, hal itu akan sulit dicapai jika Anda tidak mengetahui fungsi media promosi yang paling penting dalam pemasaran. Pasalnya, apa yang dimaksud dari fungsi media promosi tidak hanya berorientasi pada peningkatan pendapat saja.

Fungsi media promosi produk juga menjadi sarana informasi yang bisa membantu Anda meningkatkan kesadaran konsumen terhadap brand. Dari iklan yang Anda buat di Mobile Showcase misalnya, Anda bisa menyebarkan berbagai informasi secara lebih masif, kreatif, dan spesifik.

Lantas, yang menjadi pertanyaannya ialah apa fungsi dari media promosi online dan offline? Nah, untuk menjawabnya, mari simak pembahasan StickEarn di bawah ini.

Baca juga: Memahami Pengertian Iklan adalah, Fungsi, & Tujuan untuk Marketing

1. Menginformasikan

media promosi berfungsi sebagai penyampai informasi.jpg

Source: Unsplash - Manfaat media promosi ialah untuk menginformasikan tentang suatu produk.

Pada dasarnya, media promosi adalah sarana untuk menyampaikan pesan, entah pesan pemasaran maupun sosial, mengenai suatu hal. Melalui pesan yang disampaikan itu, pihak pengirim berharap pesannya dapat diterima dengan baik.

Ambil contoh begini. Anda ingin menginformasikan tentang manfaat produk Anda kepada konsumen, Anda bisa memanfaatkan berbagai media promosi yang ada.

Salah satunya ialah media promosi iklan luar ruang, seperti Mobile Showcase untuk menyampaikan dan menyebarluaskan promosi produk Anda. Mobile Showcase akan membawa iklan Anda menuju berbagai lokasi strategis, sehingga pesan bran pasti tersampaikan dengan baik.

2. Persuasif

Ketika suatu pesan sudah diterima dan dimengerti dengan baik oleh konsumen, bukan tidak mungkin mereka akan melakukan suatu tindakan. Misalnya, mencari tahu tentang produk atau bertransaksi.

Sebab, fungsi media promosi lainnya ialah dapat mendorong audiens untuk melakukan sesuatu tindakan yang diinginkan oleh brand. Dalam hal bisnis, tindakan itu dapat berupa kunjungan ke landing page, berlangganan email marketing, hingga membeli produk.

Media promosi terkadang dikemas dengan gaya bahasa iklan yang persuasif dan informatif. Jadi, konsumen tidak hanya akan mengetahui tentang sesuatu hal saja, tetapi juga terdorong untuk melakukan tindakan.

3. Reminder

Lalu, fungsi media promosi dalam strategi pemasaran produk ialah sebagai pengingat. Setiap informasi yang Anda buat, baik dalam bentuk iklan di Billboard atau Mobile Showcase, mampu menjadi pengingat bagi konsumen yang melihat.

Konsumen yang awalnya sudah tahu tentang Anda, akan merasa diingatkan lagi ketika melihat poster iklan yang Anda pasang di jalan.

Contoh kasusnya begini. Anda sedang memproduksi film, kemudian menginformasikan jadwal penayangan film itu kepada pemirsa dalam satu konferensi pers.

Namun, sebulan kemudian, saat film Anda siap tayang di bioskop, Anda akan membuat berbagai strategi marketing guna mempromosikan film itu. Nah, untuk kembali mengingatkan pemirsa Anda, Anda bisa memanfaatkan channel promosi produk, seperti media sosial, reklame billboard, iklan di radio, dan televisi.

Baca juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk dan Langkah-langkahnya yang Efektif

4. Sebagai Pembeda

fungsi media promosi untuk marketing.jpg

Source: Unsplash - Salah satu contoh fungsi media promosi ialah dapat membedakan brand dengan kompetitor.

Berikutnya, berbagai media promosi yang Anda gunakan dapat membuat Anda unik. Artinya, Anda dapat menunjukkan sisi yang berbeda daripada kompetitor saat mempromosikan sesuatu.

Media promosi membantu Anda untuk terlihat berbeda daripada kompetitor, sehingga mendorong terjadi identitas brand yang jelas.

Salah satu contohnya ialah campaign Mixue bersama StickEarn. Untuk menampilkan sisi Mixue yang identik, brand yang sempat viral di media sosial ini menggunakan Mobile Showcase StickEarn.

Mixue memanfaatkan produk StickEarn untuk menjalankan brand activation yang kreatif untuk audiensnya. Mobile Showcase StickEarn disulap dengan desain iklan Mixue dan hilir-mudik di jalan, menyebarkan promosi mereka.

Jadi, bisa dibilang bahwa iklan Mixeu out of the box karena memilih media promosi yang anti-mainstream. Audiens pun pasti akan mengingatnya karena berbeda daripada yang lain!

5. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika audiens sadar akan keberadaan Anda, bukan tidak mungkin pula brand awareness mengenai Anda dan produk akan meningkatkan. Hal itu terjadi karena setiap media promosi yang Anda gunakan mampu meningkatkan brand awareness.

Media promosi dapat membantu perusahaan memperkenalkan produk dan setelah dikenal, mereka akan langsung sadar dengan produk dan brand Anda.

6. Meningkatkan Pengalaman Audiens

Bila Anda mempromosikan produk atau jasa menggunakan media yang kreatif, Anda juga secara tidak langsung meningkatkan pengalaman audiens.

Katakan begini. Anda membuat campaign iklan kreatif melalui media OOH. Nah, apa yang Anda buat dan tampilkan di jalan juga otomatis menambah pengalaman konsumen.

Contohnya campaign Cadbury bersama StickEarn. Agar aktivasi Cadbury mencuri perhatian dan lebih engaging , Cadbury pun menggunakan Mobile Showcase StickEarn.

Activation Cadbury tidak hanya dalam bentuk iklan Mobile Showcase yang hilir-mudik di jalan. Namun, Cadbury memanfaatkan Mobile Display Advertising StickEarn sebagai sarana interaksi dengan audiens.

Brand tersebut menyulap produk iklan StickEarn itu sebagai spot foto ciamik yang bisa audiens manfaatkan untuk swafoto maupun foto grup dengan teman-temannya.

Lalu, agar makin menarik dan interaktif, Cadbury mengadakan giveaway untuk setiap foto yang terpilih di Mobile Showcase di Instagram mereka.

Fungsi Media Promosi Produk Lainya

Tidak hanya fungsi di atas saja, media promosi untuk pemasaran online dan offline juga mempunyai fungsi lainnya, di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Membentuk persepsi di masyarakat.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Sebagai sarana perbaikan.

Tujuan Media Promosi Bisnis

mobile display showcase stickearn.jpg

Source: Unsplash - Manfaat media promosi ialah untuk menginformasikan tentang suatu produk.

Jenis-jenis media promosi memang beragam, mulai dari online, seperti media sosial, SEO, dan SEM, dan kemudian offline, seperti OOH dan DOOH.

Meskipun beragam, masing-masing dari media promosi ini mempunyai tujuan yang sama. Adapun tujuannya ialah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Penjualan

Konsep dasar dari media promosi adalah untuk menyampaikan dan menarik perhatian konsumen agar mau melakukan suatu tindakan. Oleh karena itulah, pada tahap ini, tujuan media promosi yang paling utama ialah untuk meningkatkan penjualan.

Sebagaimana suatu brand mempromosikan usahanya, brand pasti mempunyai tujuan agar produk yang dipromosikan laku di pasar. Karenanya, mereka pun masif melakukan promosi terhadap produk yang ditawarkan tersebut.

2. Membangun Brand

Ketika brand mempromosikan produk, artinya brand tengah membangun mereknya agar makin dikenal oleh banyak orang. Melalui placement Anda di beberapa media, terutama di media iklan yang paling efektif, audiens pasti akan langsung mengenal Anda.

Ditambah lagi, jika Anda membuat campaign marketing yang menarik hingga viral, audiens pun akan lebih aware dengan Anda.

Karena sadar, besar kemungkinan mereka untuk mencari tahu tentang brand, bahkan hingga bertransaksi, tentu terbuka lebar.

3. Membentuk Persepsi Mengenai Harga dan Kualitas

Berfungsi sebagai sarana penunjang branding, maka media promosi mempunyai tujuan yang selaras dengan fungsinya. Media untuk promosi produk ini digunakan dengan tujuan untuk membentuk persepsi konsumen, entah itu mengenai harga maupun kualitas produk.

Pasalnya, terkadang untuk mencerminkan suatu identitas dan image yang baik, perusahaan mem-branding diri melalui setiap kanal marketing yang digunakan. Jadi, audiens pun akan melihat dan menilai citra perusahaan tersebut.

Baca juga: Pahami Jenis-jenis Branding dan Contohnya untuk Bisnis

Sudah Paham tentang Fungsi Media Promosi?

Setelah Anda menyimak artikel ini, fungsi media promosi sangat penting bagi bisnis, bukan? Media promosi yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk dapat menjadi sarana menginformasikan, meningkatkan brand awareness, membentuk persepsi, hingga meningkatkan penjualan.

Jadi, jika Anda ingin mempromosikan produk, Anda harus cermat dalam memilih jenis-jenis media pemasaran yang akan digunakan, ya.

Sebagai saran, Anda dapat memanfaatkan iklan luar ruangan, seperti Mobile Showcase Advertising, untuk mencapai fungsi dan tujuan promosi bisnis. Media outdoor advertising tersebut sangat efektif dalam membantu brand menginformasikan dan meningkatkan kesadaran serta image positif perusahaan.

Silakan klikn banner di bawah untuk langsung beriklan bersama kami atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png