Insight

StickTrain - Media Iklan di KRL

Thursday, 8 April 2021
Let everyone know!

Bagi warga ibukota Jakarta, salah satu moda transportasi harian yang paling sering digunakan adalah kereta commuterline. Biasanya, yang memakai kereta Commuterline adalah pekerja yang tinggal di kota-kota penyangga ibukota dan sebaliknya. Saat ini, terdapat 900 unit kereta commuterline yang beroperasi tiap harinya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari Nielsen, rata-rata pengguna krl menghabiskan 57 menit untuk melakukan perjalanan harian. Sebesar 47% dari profil pengguna krl berasal dari status sosial ekonomi menengah dan 45% dari total penumpang berstatus karyawan yang bekerja di Jakarta.

Rute Commuterline

Terdapat 5 rute Commuterline yang bekerja sama dengan StickTrain untuk branding kereta, yaitu:

  1. Bogor - Jakarta Kota

    Rute Bogor - Jakarta Kota melewati 23 stasiun di sepanjang rute dan merupakan salah satu rute krl dengan kepadatan penumpang paling tinggi. Rute ini juga menjadi penghubung penumpang yang tinggal di daerah pemukiman, menuju Universitas Indonesia dan juga beberapa pusat perbelanjaan.

  2. Bogor - Jatinegara

    Rute Bogor - Jatinegara adalah rute commuterline terpanjang dengan total 29 stasiun yang dilewati rute ini. Pada rute ini juga terdapat stasiun transit di 2 pusat perbelanjaan besar Jakarta, yaitu Pasar Tanah Abang dan Pasar Jatinegara.

  3. Cikarang - Jakarta Kota

    Terdapat 15 stasiun sepanjang jalur Cikarang - Jakarta Kota dengan 65% penumpang dari rute ini berstatus sebagai karyawan. Rute ini cukup banyak melewati area pemukiman penduduk dan juga beberapa spot pariwisata seperti Kota Tua Jakarta.

  4. Rangkas - Serpong - Tanah Abang

    Rute ini menjadi jalur transit bagi kawasan pemukiman yang sedang berkembang, yaitu area Serpong dan Bintaro. Terdapat 19 stasiun yang tersebar sepanjang jalur ini dan saat ini ada 16 unit krl yang beroperasi di rute ini.

  5. Tangerang - Duri

    Rute ini adalah rute yang menghubungkan kota Tangerang ke Jakarta dan melintasi kawasan pemukiman yang juga pada penduduk. Jalur ini juga merupakan jalur transit bagi penumpang yang ingin ke area pusat perbelanjaan dan universitas di Jakarta Barat.

Traffic Insight

Berdasarkan data yang dikumpulkan pada bulan Februari 2021, tercatat adanya peningkatan penumpang sebesar 8% jika dibanding kan dengan bulan Januari 2021. Selain itu, rute Cikarang - Jakarta & Bogor Jakarta adalah 2 rute dengan peningkatan penumpang tertinggi yaitu sebesar 30%. Hal ini menunjukkan bahwa perlahan-lahan mobilitas orang-orang di wilayah Jakarta dan kota-kota sekitarnya semakin meningkat.

Sticktrain Traffic_Feb 2021-01.png

Branding di KRL

Dari pemaparan data sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa media krl adalah media transportasi dengan visibilitas iklan yang cukup tinggi. Apabila dibandingkan dengan media iklan luar ruang lainnya, 55% penumpang lebih memperhatikan iklan yang berada di kereta setiap harinya dibandingkan dengan iklan di badan kendaraan lain, seperti mobil, motor atau bis.

sticktrain-insight.png

Ada berbagai jenis train branding atau pemasangan iklan di krl yang dilakukan oleh StickTrain, diantaranya pemasangan iklan di hanging alley, wall panel, hand grip, inside door branding, ceiling panel, wall branding dan exterior wrap. Selain itu, brand juga beriklan secara digital di krl dengan menggunakan media TVC yang ada di gerbong kereta. Selain beriklan di dalam kereta, brand juga dapat memasang iklan di stasiun kereta dengan media lightbox yang tersedia di beberapa stasiun krl.

stick-train__location.jpg

Selama bulan Ramadan, StickEarn mempersembahkan Gebyar Promo Diskon Ramadan StickTrain dengan pemberian diskon hingga 45% untuk pemasangan iklan di krl, baik train branding, iklan di TVC kereta maupun di lightbox stasiun kereta. Temukan penawaran harga pemasangan iklan di KRL yang menarik dan sesuai dengan budget brand Anda.

Hubungi Kami

Get the latest updates !