Dalam bidang advertising DOOH (Digital Out-of-Home), copywriting iklan mempunyai peranan yang sangat penting. Pasalnya, iklan DOOH tampil di luar ruangan sehingga membutuhkan effort yang besar untuk merebut perhatian konsumen.

Hal itulah yang membuat Anda wajib mempertimbangkan materi promosi iklan luar ruangan yang akan dibuat, mulai dari copy iklan, teknik promosi yang baik, hingga memilih media DOOH. Dengan begitu, iklan mampu membuat konsumen berpaling ke hadapannya.

Lantas, mengapa bisnis perlu membuat strategi copy iklan sebaik mungkin? Jawabannya, karena ada berbagai manfaat copywriting dari ad copy DOOH yang akan Anda dapat dan itu berpengaruh terhadap penjualan.

Sekilas tentang Copywriting Teks Iklan

mengenal copywriting untuk iklan DOOH_stickearn.jpg

Source: Unsplash - Copywriting adalah metode penulisan materi iklan.

Sebelum membahas manfaatnya, Anda harus tahu dulu mengenai copywriting. Jika dilihat dari pengertian apa itu copywriting. Copywriting merupakan gabungan dari dua kata, yaitu copy dan writing.

Dalam dunia periklanan, copy diartikan sebagai teks iklan yang akan dipublikasikan, sedangkan writing artinya teknik penulisan copy tersebut.

Selak-beluk soal copywriting bisa Anda baca lebih lanjut melalui artikel "Copywriting: Bagaimana ‘Copy’ yang Menarik dan Contohnya". Di artikel tersebut kami sudah membahasnya secara mendalam.

Peranan & Manfaat Copywriting Iklan

Bertolok pada tekniknya, copywriting dibagi menjadi dua, yakni teknik hard selling dan soft selling. Hard selling adalah teknik copywriting yang dibuat lugas, dengan kalimat promosi secara terang-terangan.

Sementara, copywriting soft selling merupakan teknik promosi yang dibuat secara kreatif agar mampu menarik perhatian orang lain dengan cara yang halus. Dengan begitu, copy tersebut tidak terlihat seperti iklan sama sekali.

Baik teknik hard selling maupun soft selling keduanya mempunyai tujuan dan memberikan manfaat yang sama. Apakah itu?

Berikut beberapa alasan copywriting yang menarik sangat penting untuk ditonjolkan di iklan luar ruang (DOOH):

1. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari mempromosikan produk tak lain ialah untuk meningkatkan omzet penjualan. Upaya yang dapat ditempuh oleh marketer, salah satunya, adalah dengan menggunakan copywriting. Copywriting yang menarik mampu meningkatkan nilai penjualan terhadap produk.

2. Menarik Perhatian Audiens

Hal lain yang mampu dilakukan oleh sebuah copy yang menarik adalah menjerat perhatian siapa pun yang melihatnya, terutama target market yang dituju.

Ini juga merupakan bagian dari strategi marketing yang umum dilakukan. Copy yang menarik akan membuat orang penasaran sehingga ingin mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Mengandalkan StickDigital, Fintech Company Targetkan Audiens dengan Tepat

3. Copywriting Bisa Menjadi “Salesman” untuk Sendirinya

Copy yang baik dapat berperan seorang salesman, salesman untuk dirinya sendiri. Copywriting yang baik dapat membujuk calon konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Dengan demikian, copywriting mampu mengajak konsumen untuk bertransaksi tanpa merasa dipaksa. Mereka akan dengan sendirinya, membelanjakan uang yang mereka punya, ke perusahaan Anda.

Untuk membuat copy tersebut memasarkan dirinya, Anda wajib mengemas copy iklan semenarik dan sekreatif mungkin agar terlihat soft-sell.

Baca juga: Iklan Online: Promosi Terbaik untuk Tingkatkan Penjualan

4. Menggiring Opini

Karena mampu memasarkan dirinya sendiri, maka secara otomatis copy pada teks iklan, baik yang kita buat di Instagram maupun Spotify, dapat menggiring opini di pikiran orang lain.

Maksudnya bagaimana? Ketika suatu copy dibuat, Anda pasti menyisipkan berbagai fakta maupun pendapat mengenai produk, bukan?

Melalui fakta dan pendapat inilah pembaca copy dapat menarik suatu kesimpulan mengenai produk Anda. Nantinya, kesimpulan itu akan membawa mereka untuk lebih mengenal produk, menggunakan, dan bahkan mengulasnya kepada orang lain.

5. Seolah Memaksa Pembeli

Selain itu, secara psikologis, copy iklan juga dianggap mampu menghipnotis calon pembelinya, StickFriends.

Hanya sekadar baris kata atau rima dalam kalimat, jika calon konsumen dapat tergugah dengan apa yang Anda buat. Bila tergugah, mereka–-secara tak langsung-–siap untuk melakukan next action yang menguntungkan bisnis.

Contoh kecil dari pembahasan ini ialah mereka akan mencari tahu tentang produk dan bahkan membeli untuk membuktikan sendiri klaim yang Anda buat.

Contoh Pengaplikasian dari Tugas Copywriting Iklan

contoh copywriting.jpg

Source: Unsplash - Contoh penerapan copywriting pada iklan di jalan raya.

Ada banyak contoh pengaplikasian copywriting yang bisa Anda temui. Namun, supaya Anda makin paham mengenai hal ini, Anda bisa menemui pengaplikasian teks iklan yang sudah dibuat oleh Copywriter di media iklan seperti berikut.

  • Pada iklan luar ruang, seperti digital billboard (videotron), mobile led, iklan di motor iklan di mobil, iklan di kereta, iklan di angkot, dan iklan di pesawat.
  • Pada iklan di media cetak, seperti koran dan majalah.
  • Pada iklan di media online, seperti email marketing, blog, media sosial, pop-up banner di website.
  • Pada iklan audi maupun audiovisual, seperti iklan TV, iklan radio, dan iklan di digital audio platform.

Bagaimana Membuat Copywriting untuk Iklan yang Menarik?

cara membuat copy iklan yang bagus.jpg

Source: Unsplash - Langkah-langkah dalam mempersiapkan copy yang menarik.

Lalu, bagaimana cara membuat copy yang menarik? Untuk membuat copy iklan yang menarik sebenarnya gampang-gampang susah. Dikatakan mudah karena kami yakin StickFriend pasti bisa membuatnya.

Apalagi jika perusahaan Anda mempunyai Copywriter. Maka, segala kebutuhan dan strategi membuat copy yang diinginkan pasti mudah dilakukan.

Namun, untuk menghasilkan copy yang menarik, balik lagi kepada taste dan penilaian masing-masing orang. Setiap perusahaan tentunya punya kategorisasi sendiri dalam mengidentifikasi mana copy yang menarik dan mana yang tidak.

Hanya saja, jika saat ini Anda ingin mendapatkan gambaran tentang seperti apa copy yang menarik itu, Anda bisa simak pembahasan StickEarn di artikel "Contoh Copywriting Menarik dan Ampuh Menjual untuk Iklan"

Buat Copywriting Iklan yang Menarik Sekarang!

Nah, karena sekarang Anda sudah tahu akan pentingnya membuat copy yang menarik di iklan DOOH, sekarang saatnya Anda memersiapkan materi promo bisnis, StickFriends.

Namun, jika masih bingung dalam memilih media iklan yang tepat, Anda bisa menyerahkannya kepada kami.

StickEarn dapat menjadi solusi untuk bisnis Anda dalam mempromosikan produk dan jasa melalui iklan digital luar ruangan. Tak hanya di ranah DOOH, Anda juga bisa menikmati beragam layanan transportasion advertising yang kami sediakan.

Bila Anda tertarik, silakan kunjungi website resmi kami atau langsung dapatkan tawaran menariknya dengan klik banner yang ada di bawah, ya.

CTA Banner Blog - 04.png