Apa itu brand equity? Brand equity atau ekuitas merek adalah nilai yang dapat membuat brand lebih unggul dari kompetitor. Brand equity adalah aspek yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran. Untuk mengetahui contoh brand equity, simak bagaimana tahapan brand equity dan apa saja elemen ekuitas merek berikut ini!

Apa Itu Brand Equity?

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang apa itu brand equity, StickFriends harus memahami jika setiap merek pasti memiliki nilai dan citra masing-masing. Brand equity atau ekuitas merek adalah nilai yang dimiliki oleh suatu merek yang membuat merek tersebut jauh lebih unggul daripada merek kompetitor.

Ekuitas merek yang baik akan membuat brand yang StickFriends miliki menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Nilai suatu merek bisa StickFriends dapatkan melalui pengalaman berbelanja terhadap merek tersebut.

Elemen Ekuitas Merek

Membangun ekuitas merek yang baik bisa StickFriends capai dengan memperhatikan beberapa aspek. Berikut adalah beberapa elemen ekuitas merek yang harus StickFriends pahami:

1. Brand Awareness

Elemen ekuitas merek yang pertama yaitu brand awareness. Brand awareness merupakan bentuk kesadaran konsumen terhadap suatu merek atau brand. Jika suatu merek memiliki brand awareness yang baik, maka konsumen akan merasa familiar dan mudah mengenali produk atau jasa yang berhubungan dengan brand tersebut.

2. Brand Association

Brand association merupakan sinergitas antara nama merek dengan jenis produk atau jasa. Sebagai contoh saat mendengar kata air mineral kemasan, brand apa yang pertama kali terlintas di pikiran StickFriends? Kemungkinan besar StickFriends akan langsung teringat dengan brand air mineral kemasan terkenal yaitu Aqua.

Aqua merupakan salah satu contoh brand yang memiliki sinergitas yang baik dengan jenis produk yang dipasarkan. Pasalnya, Aqua sendiri dalam bahasa Latin juga memiliki makna air.

Jika konsumen sudah bisa menghafal dan mengenali produk atau jasa dengan mudah, maka hal tersebut menandakan jika StickFriends sudah memiliki brand association yang baik. Brand association yang terus meningkat akan berdampak pada peningkatan loyalitas dan kepercayaan konsumen.

Baca Juga: Mengenal Branding & Manfaatnya Dalam Marketing

3. Perceived Quality

Elemen ekuitas merek selanjutnya yaitu perceived quality. Perceived quality yaitu persepsi atau pendapat konsumen tentang brand yang StickFriends miliki. Persepsi tersebut bisa bernilai positif yaitu berupa kepuasan atau negatif yaitu berupa kekecewaan.

Perceived quality biasanya didapatkan dari kesan pelanggan saat membeli atau menggunakan layanan StickFriends. Oleh karena itu untuk mendapatkan kesan yang positif dari pelanggan, StickFriends harus terus meningkatkan kualitas produk dan layanan. Selain itu StickFriends juga harus meningkatkan customer experience.

4. Proprietary Brand Assets

Proprietary brand assets yaitu bentuk kepemilikan aset atas suatu merek atau brand. Untuk terus mempertahankan ekuitas merek, StickFriends perlu melakukan perluasan atau ekspansi aset.

Ekspansi aset ini bisa StickFriends lakukan dengan mengurus hak paten merek, menjalin kerjasama dengan brand lain, dan terus menghadirkan inovasi-inovasi terbaru. Proprietary brand assets ini juga akan meningkatkan eksistensi merek yang StickFriends miliki di kalangan masyarakat secara luas.

5. Brand Loyalty

Elemen ekuitas merek yang terakhir yaitu brand loyalty. Brand loyalty adalah loyalitas yang diberikan oleh pelanggan terhadap suatu merek atau brand.

Baca Juga: Apa Itu Brand Loyalty? Pengertian, Indikator, dan Cara Membangun

Jika suatu brand memiliki kualitas produk atau layanan yang baik, maka pelanggan akan percaya terhadap brand tersebut. Kepercayaan inilah yang akan memicu timbulnya loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan yang terus meningkat akan membuat pelanggan tidak mudah berpindah kepada brand lainnya.

Tahapan Brand Equity

Untuk membangun dan meningkatkan ekuitas merek, StickFriends perlu melakukan beberapa upaya peningkatan ekuitas merek. Berikut adalah beberapa tahapan brand equity yang bisa StickFriends terapkan:

1. Kembangkan Produk atau Layanan yang Kuat

Dalam membangun suatu ekuitas merek, StickFriends tentunya harus memiliki produk atau layanan yang akan StickFriends pasarkan. Untuk mengembangkan produk atau layanan yang tepat, StickFriends harus memenuhi beberapa aspek yaitu persona dan brand story.

Persona merupakan aspek yang merepresentasikan target pasar dari produk atau layanan yang ingin StickFriens pasarkan. Aspek persona mencakup beberapa hal yaitu demografi penduduk, perilaku konsumen, dan lain sebagainya.

Sementara itu brand story merupakan cerita atau kisah di balik dari brand tersebut. Brand story mencakup beberapa hal antara lain tujuan brand, nilai dari brand tersebut, sejarah, dan lain-lain.

Suatu produk atau layanan jasa yang baik biasanya memiliki aspek persona dan brand story yang kuat. Hal ini karena persona dan brand story yang kuat akan membuat konsumen mudah mengenali produk atau layanan yang StickFriends pasarkan.

2. Lakukan Uji Coba Produk atau Layanan ke Target Pasar

Tahapan brand equity selanjutnya yaitu lakukan uji coba terhadap produk atau layanan yang StickFriends kembangkan kepada target pasar. Uji coba tersebut perlu StickFriends lakukan untuk mengetahui apakah produk atau layanan yang StickFriends kembangkan sudah mampu menjawab kebutuhan dan permasalahan konsumen.

Dengan melalui proses uji coba tersebut, StickFriends akan mendapatkan kritik dan saran yang membangun dari para konsumen. Kritik dan saran tersebut bisa StickFriends gunakan untuk melakukan improvisasi dan pengembangan lebih lanjut terhadap produk atau layanan tersebut.

3. Susun Strategi Pemasaran yang Baik

Tahapan brand equity selanjutnya yaitu susun strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran tersebut merupakan aspek penting untuk menjangkau target pasar. Selain itu, strategi pemasaran tersebut juga bertujuan untuk meyakinkan target pasar untuk membeli dan menggunakan produk atau layanan yang StickFriends kembangkan.

Untuk membuat strategi pemasaran yang baik, StickFriends bisa menerapkan beberapa cara, salah satunya yaitu menggunakan konsep copywriting yang baik. Copywriting yaitu salah satu bentuk kampanye marketing yang bisa StickFriends lakukan melalui tulisan, gambar, video, atau bahkan audio.

StickFriends bisa menerapkan strategi pemasaran copywriting tersebut ke beberapa platform seperti media sosial, media cetak, atau platform audio lainnya seperti radio dan spotify.

4. Tingkatkan Customer Experience

Tahapan brand equity yang terakhir yaitu meningkatkan customer experience. Setelah mengembangkan produk atau layanan dan menerapkan strategi pemasaran yang baik, StickFriends bisa meningkatkan customer experience dengan memberikan kesan yang positif kepada konsumen.

Customer experience bisa StickFriends capai dengan melakukan standarisasi pelayanan kepada pelanggan, mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan, dan selalu memprioritaskan pelanggan.

Contoh Brand Equity

Salah satu contoh brand equity yang baik dan sering StickFriends jumpai yaitu dari merek air minum kemasan Aqua. Brand Aqua memiliki produk air minum kemasan yang sudah terkenal di kalangan masyarakat luas. Setiap mendengar istilah air minum kemasan, sebagian besar konsumen akan langsung teringat dengan brand Aqua.

Beberapa alasan yang membuat Aqua menjadi salah satu contoh brand equity adalah karena brand Aqua memiliki sinergitas yang baik dari penamaan brand dan jenis produk yang dipasarkan.

Baca Juga: Pengertian Iklan Komersial: Jenis, Ciri - Ciri, Tujuan, Contoh, Hingga Cara Membuatnya

Kedua, karena brand Aqua rajin melakukan brand activation kepada konsumen melalui iklan-iklan di berbagai media. Selain itu, berbagai kampanye cinta lingkungan yang digagas oleh Aqua juga semakin membuat masyarakat mengenal brand Aqua.

Perusahaan Iklan untuk Tingkatkan Brand Equity

Dari ulasan tersebut, StickFriends sudah bisa menyimpulkan jika brand equity adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan suatu produk atau layanan jasa. Untuk menciptakan brand equity atau ekuitas merek yang baik, StickFriends membutuhkan jasa periklanan profesional yang selalu melakukan improvisasi dan aktualisasi layanan.

StickEarn merupakan salah satu perusahaan periklanan terdepan yang akan membantu StickFriends untuk membangun ekuitas merek yang kuat melalui beberapa produk periklanan antara lain Transportation Advertising, Digital Out of Home Advertising, dan Digital Platform Advertising.

Selain beberapa produk iklan tersebut, StickEarn juga menawarkan berbagai harga yang terjangkau serta aneka promo menarik yang bisa StickFriends gunakan. Untuk mendapatkan promo dan harga menarik tersebut, StickFriends bisa langsung mengunjungi website StickEarn.com.

Jadi tunggu apa lagi? Tingkatkan brand equity bersama produk-produk dari StickEarn sekarang juga!

CTA Banner Blog - 01.png