News

Kenalan dengan Istilah CPM dan Impressions

Friday, 9 October 2020
Let everyone know!

Hi StickFriends!

Dalam dunia digital mungkin Anda sering mendengar istilah impresi, impression, atau CPM. Mungkin Anda sudah paham bahwa CPM, singkatan dari cost per mille merupakan seberapa banyak iklan dilihat oleh audience. Tapi apakah Anda sudah mengetahui lebih dalam tentang apa itu impresi? Mengapa impresi menjadi tolak ukur penting dalam sebuah campaign digital? Berikut pemaparan yang sudah StickEarn rangkum dan sadur dari The Balance Career untuk kita sama-sama dapat memahami lebih dalam mengenai impression serta manfaatnya.

Apa Itu Impressions?

Impressions atau impresi adalah metrik untuk mengukur jumlah views atau engagement suatu iklan digital. Impressions juga dikenal sebagai "ad views". Pengiklan membayar pemilik situs web sejumlah biaya untuk setiap seribu tayangan iklan.

CPM adalah istilah dalam marketing yang secara teknis berarti cost per mille atau biaya per seribu tayangan di dalam situs web tertentu. CPM digunakan untuk menentukan biaya tayang iklan online yang akan dibayarkan oleh pengiklan. Karena istilahnya ‘per seribu tayangan’, maka hitungannya mengacu pada biaya 1.000 tayangan iklan di situs web. Agar tidak tertukar antara CPM, CPC (Cost per Click) dan CPA (Cost per Acquisition), Anda bisa membaca artikel istilah dalam digital advertising yang membahas perbedaan ketiganya. Intinya, saat Anda membeli iklan digital, Anda memilih untuk membayar dengan hitungan tertentu, dan yang paling populer adalah pengiklan membayar berdasarkan CPM.

Baca Juga: Kenalan dengan Istilah Dalam Digital Advertising

Bagaimana CPM bekerja?

Untuk beriklan secara online, pengiklan membeli ruang iklan di media sosial, mesin pencari, situs website atau aplikasi digital. Atau mungkin Anda memiliki situs website dengan traffic yang tinggi, Anda bisa memonetisasi situs web dengan menjual ruang iklan. Dengan CPM, penghitungan biaya iklan lebih mudah digunakan karena Anda memiliki nilai yang pasti untuk diberikan terhadap tayangan iklan yang ditayangkan. Pengiklan juga dapat menentukan seberapa banyak budget yang harus dikeluarkan untuk meraih impressions yang diinginkan.

Sebagai contoh, Anda ingin beriklan di salah satu situs web. Sebagai pengiklan, iklan digital Anda meraih 150,000 impressions dengan biaya total Rp 7,500,000. Maka, CPM atau biaya per 1,000 impressions dari campaign digital Anda adalah senilai Rp 50,000

Perbedaan CPM dan CPC

CPM CPC
Cost per thousand Cost per click
Paling direkomendasikan untuk visibility dan brand awareness Paling direkomendasikan dengan campaign yang lebih spesifik

Cost per Click (CPC) atau biaya per klik adalah opsi lain dalam periklanan digital dimana pengiklan akan membayar setiap kali seseorang mengklik tayangan iklan Anda. CPM cenderung lebih murah, sedangkan CPC akan mulai dihitung setiap kali iklan Anda diklik oleh audience. Jika Brand Anda sedang di tahap awareness dan ingin banyak orang mengetahui apa yang Anda tawarkan serta meningkatkan visibilitas brand, CPM mungkin merupakan pilihan terbaik. Jika Anda sudah dalam posisi consideration dan ingin mencari leads atau meminta audience melakukan tindakan dalam iklan Anda, maka CPC lebih cocok untuk campaign Anda.

Baca juga: Memahami Marketing Funnel Awareness Consideration Conversion

Singkatnya, CPM adalah biaya per seribu tayangan di situs web tertentu dan digunakan untuk menentukan harga iklan online. CPM paling baik digunakan jika brand ingin fokus pada tujuan brand awareness sedangkan CPC lebih direkomendasikan untuk marketing campaign yang lebih bertarget dan berorientasi pada tindakan (clicks).

StickEarn, advertising technology company yang menawarkan beragam media iklan luar ruang yang efektif, saat ini menawarkan beragam pilihan beriklan di aplikasi populer di Indonesia. Bersama StickEarn, Anda dapat menayangkan iklan di aplikasi digital seperti Tiktok, iFlix, Alodokter, ShareIT, Grab in apps, atau iklan luar ruang digital seperti MobileLED, Digitron, iklan di mobil dan motor. StickEarn dapat membantu Brand Anda menentukan platform digital yang tepat untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas campaign Brand. Butuh bantuan untuk penghitungan budget CPM? StickEarn akan senang hati untuk membantu Anda.

Contact Us

Get the latest updates !