Peran influencer menjadi sangat penting di tengah era digital ini. Mengapa demikian? Karena kebanyakan pengguna internet menemukan produk baru melalui endorsement yang dilakukan oleh selebriti atau individu yang terkenal. Bergantinya tahun juga menandai naiknya persentase alasan pengguna internet secara global dalam penggunaan media sosial, yakni untuk mencari informasi sedetail mungkin terkait produk yang hendak dibeli.

Apa manfaat influencer marketing?

Sesuai dengan namanya, kekuatan utama seorang influencer adalah memberikan pengaruh positif terhadap produk atau jasa yang hendak ditawarkan. Oleh sebab itulah, banyak pemilik bisnis yang menggandeng influencer untuk mempromosikan produk atau jasa dengan harapan peningkatan brand awareness.

Lalu, adakah manfaat lain dari penggunaan influencer bagi brand owner?

1. Produk menjadi pusat perhatian

Ternyata, setiap pemilik bisnis dapat membuat produk atau jasanya menjadi pusat perhatian dengan cepat. Caranya, tak lain, dengan menggandeng seseorang yang sedang viral sebagai influencer. Setiap aktivitas influencer kerap menjadi pusat perhatian followers-nya. Poin tersebutlah yang akhirnya menjadi dasar bahwa memilih seorang influencer tidak melulu harus dari kategori premium demi menggebrak pasar. Asal pemilihannya tepat, bisa menyasar komunitas tertentu, penggunaan influencer mikro tentu lebih pas.

2. Membangun kedekatan dengan konsumen

Perlu diingat sebelum menentukan influencer, premium atau makro influencer belum tentu membawa kesuksesan bagi sebuah campaign brand. Yang penting diperhatikan adalah bagaimana influencer tersebut dapat membangun kedekatan dengan para pengikutnya. Pilihlah mereka yang memiliki konten lebih engaging dibanding sekedar jumlah follower yang banyak. Dengan kondisi tersebut, kedekatan konsumen dengan produk bisa terbangun lebih kuat.

3. Konsumen jadi lebih percaya dengan produk yang ditawarkan

Jika brand dipromosikan dengan cara konvensional, mungkin perlu waktu yang relatif lama untuk meyakinkan calon pembeli. Namun, kehadiran public figure atau seseorang yang expert mampu memengaruhi pembeli dengan membentuk kepercayaan konsumen. Bahkan, fakta menunjukkan, 53% konsumen wanita melakukan pembelian produk setelah melihat posting dari influencer.

Hal lain yang perlu diketahui dari influencer marketing:

Influencer_Marketing_infographic_(takeout)-01.png

Baca Juga: Beriklan di New York, Manfaatnya Apa?

Tertarik untuk menaikkan brand awareness produkmu menggunakan influencer marketing? Hubungi tim sales StickEarn di sales@stickearn.com atau dengan klik banner image di bawah ini!

CTA Banner Blog - 02.png