Jika StickFriends sedang mencari strategi pemasaran yang sesuai untuk meningkatkan konversi penjualan, maka email marketing menjadi salah satu strategi online marketing terbaik yang cukup efektif.

Cara kerjanya sederhana dan biayanya lebih terjangkau, sehingga banyak kelebihan yang bisa StickFriends dapatkan. Misalnya, menjaga relasi, sarana mempromosikan produk, dan menaikkan traffic website. Tidak hanya pengertiannya saja, StickFriends juga akan mengetahui lebih dalam mengenai bagian, kelebihan, hingga contohnya.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah email yang dikirimkan kepada pelanggan dan calon pelanggan berupa pesan ataupun konten komersial. Contohnya, informasi produk, penyelenggaran event, dan promo yang tengah berlangsung.

Umumnya, para pebisnis melakukan pengiriman email tersebut dengan tujuan agar tetap bisa terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan secara lebih personal. Sesungguhnya, jalinan baik inilah yang menjadi jembatan terwujudnya keberhasilan branding hingga peningkatan konversi penjualan.

Kelebihan Email Marketing

Ada beberapa kelebihan penggunaan email marketing yang patut StickFriends pertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat atau kelebihan mempromosikan produk dan layanan melalui email:

1. Lebih Hemat Biaya

Dengan satu klik saja, StickFriends bisa menjangkau puluhan ribu email target audience. Selanjutnya, StickFriends tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli layanan email marketing.

Pasalnya, StickFriends bisa mendapatkan peluang keuntungan hingga 38 kali lipat dari modal awal. Tambahan lagi, 1 dari 5 bisnis yang telah menggunakan strategi pemasaran ini melaporkan bahwa ROI (Return of Investment) bisa mencapai 1:70.

2. Informasi yang Lebih Lengkap, Spesifik, dan Tertarget

Jika social media marketing terhambat karena batasan konten, maka email marketing memecahkan masalah tersebut. Sehingga, Stickfriends bisa menyampaikan segala informasi dan promosi secara lebih lengkap tanpa khawatir adanya aturan batasan konten.

Data-data penerima yang StickFriends dapatkan bisa menjadi bahan promosi selanjutnya agar lebih spesifik bagi tiap-tiap target sasaran. Personalisasi email marketing dapat mendorong ketertarikan dan keterlibatan penerima serta terbukti meningkatkan open rates dan revenue sebanyak 760%.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Setiap StickFriends mengirimkan email komersial pada pelanggan atau calon pelanggan, kesadaran mereka terhadap merek, produk, atau layanan bisnis akan semakin meningkat. Kesempatan ini akan membantu nama brand selalu diingat. Lama-kelamaan, pelanggan membutuhkan atau mencoba apa yang ditawarkan.

Baca Juga: Apa Itu Brand Awareness? Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Jika brand StickFriends telah mencapai top of mind pelanggan, maka bukan tidak mungkin lagi bila mereka setia dengan apa saja yang StickFriends tawarkan. Bagaimana cara agar loyalitas pelanggan meningkat? Buatlah penjadwalan pengiriman konten yang bervariatif dan banyak disukai pelanggan.

5. Mudah Digunakan dan Diukur

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan digital marketing yang siap membantu. Biaya yang StickFriends keluarkan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Nantinya, perusahaan layanan tersebut akan memberikan laporan secara up-to-date yang berisi angka rasio buka email, rasio klik dan penayangan, rasio email tidak terkirim, serta rasio konversi. Data-data tersebut sangat berguna sebagai tolok ukur keberhasilan strategi pemasaran dan acuan evaluasi.

Baca Juga:Apa Itu Digital Marketing? Strategi, Jenis, Panduan, & Contohnya

Bagian Bagian Email Marketing

Para tenaga pemasar mungkin lebih sering menghabiskan waktu untuk mengotak-atik layout dan visual body email saja. Padahal, subject line, preheader text, dan footer juga memegang peranan yang sangat penting. Sebelum membuat campaign, ketahui dulu apa saja bagian-bagian email marketing, diantaranya:

1. “From” Label

Daripada hanya menggunakan alamat email “no-reply”, sebaiknya siapkan alamat khusus yang bisa StickFriends tautkan ke email perusahaan untuk mengirimkan email komersial.

2. Subject Line

Sebanyak 69% penerima melaporkan email sebagai spam sesaat setelah mereka melihat subject line. Inilah mengapa betapa pentingnya menggunakan subject line yang menjelaskan isi email.

3. Preheader

Setelah menentukan label “from”, selanjutnya pikirkan tampilan teks awal pesan yang dapat menarik perhatian penerima untuk membuka email marketing tersebut. Misalnya, StickFriends dapat menyematkan kata-kata yang menjadi fokus utama pesan.

4. Body Text

Pada bagian ini sudah bisa dipastikan bahwa penerima telah membuka email. Dengan demikian, StickFriends bebas memberikan informasi, penawaran khusus, ulasan, atau konten apapun. Namun, sub-bagian teks body harus memuat gambar dan mengikuti pola reguler.

5. CTA

StickFriends juga harus menambahkan CTA (Call-to-Action) ke dalam email marketing yang berisi pesan singkat dan menarik. Artinya, CTA harus memuat ajakan atau saran lanjutan yang sesuai sekaligus mudah dan cepat dipahami oleh penerima.

6. Footer

Inilah satu bagian, dimana StickFriends dapat menempatkan tautan reguler yang mencakup berhenti berlangganan, pernyataan penafian, dan akses ke pusat preferensi. Jika penerima ingin mengubah frekuensi email atau informasi lainnya, mereka dapat melakukannya di bagian ini.

Baca Juga: Contoh Copywriting Menarik dan Ampuh Menjual untuk Iklan

7. Informasi Kontak dan Tautan Media Sosial

Bagian email terakhir berisi informasi kontak dan tautan media sosial untuk memudahkan penerima menghubungi perusahaan StickFriends. Jadi, tutup email marketing dengan saluran mana saja yang menyediakan akses keterlibatan pelanggan dengan perusahaan.

Contoh Email Marketing

Banyak marketer gagal membentuk strategi mereka sejak awal. Alhasil, penerima email tanpa ragu mengarahkan pesan mereka ke dalam daftar spam. Supaya tidak terjadi hal demikian, StickFriends dapat mencoba contoh-contoh email yang inovatif dan efektif sebagai referensi kampanye berikutnya.

1. Sociolla

Screenshot 2022-12-13 at 14.56.14.png

Screenshot 2022-12-13 at 14.56.46.png

Screenshot 2022-12-13 at 14.57.32.png

Screenshot 2022-12-13 at 15.02.02.png

Seringkali pengguna platform belanja online memilih dengan cermat platform mana yang paling menguntungkan bagi mereka. Beberapa faktor yang mereka anggap menguntungkan adalah diskon, extra treats, flash sale, gratis ongkos kirim, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, email marketing dari Sociolla telah memenangkan hati pelanggan sejak kemunculan cuplikan pesan. Setelah itu, deretan visual produk dengan penawaran menarik tertata dengan sangat apik di bagian isi email. Tak lupa CTA dan informasi lengkap yang dapat membuat target audience rela meluangkan waktunya.

2. Netflix

Screenshot 2022-12-13 at 15.49.01.png

Saat ini platform streaming lebih ramai peminat daripada platform lainnya. Salah satunya adalah Netflix. Saluran streaming ini seringkali memberikan daftar pilihan acara terbaru yang mungkin sesuai dengan minat pelanggan berdasarkan riwayat tontonan mereka.

Isi email penuh dengan tampilan poster film yang mendukung kampanye pemasaran mereka. Terlebih, CTA di bagian akhir yang membujuk target audience untuk menghentikan kegiatan mereka dan bersantai sejenak menuju Netflix untuk melihat konten baru yang masih segar.

Optimalkan Email Marketing untuk Meningkatkan Penjualan!

Setelah mengetahui pengertiannya, kelebihan, bagian-bagian, hingga contohnya, siapkah StickFriends mengoptimalkan promosi melalui email untuk meningkatkan penjualan?

StickFriends tidak usah risau harus memulai digital branding dari mana, karena StickEarn siap membantu. Mulai dari memilih jenis promosi terbaik, strategi, hingga tips implementasinya. Berbagai jenis promosi terbaik bisa StickFriends gunakan agar lebih cost-effective dalam pemasaran produk.

Misalnya, opsi inventaris iklan berbasis OTT (Over The Top) dari StickDigital yang menghubungkan pengiklanan di seluruh lanskap global penerbit digital terpercaya dan berkualitas tinggi. Sehingga, StickFriends dapat beriklan di platform besar seperti Spotify, TikTok, WeTV, dan Viu.

500+ brand di Indonesia telah membuktikan manfaatnya, kini saatnya StickFriends merasakan branding yang kuat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi Stickeran.com untuk mendapatkan informasi secara lebih lengkap serta dapatkan penawaran terbaik lainnya!

CTA Banner Blog - 01.png