News

Mau Iklan Kamu Diingat banyak Orang? Coba Lakukan Hal Ini!

Tuesday, 21 January 2020
Let everyone know!

iklan-diingan-banyak-orang--infographic.jpg

Hi StickFriends!

Tahun 2019 jadi tahun yang baik untuk industri periklanan luar ruang atau Out of Home Advertising di seluruh dunia. Mengutip laporan dari AdWorld.com, sebanyak lebih dari 25% menginvestasikan biaya promosi untuk memasang iklan di media OOH digital. Kutipan lain dari Global Media and Entertainment Outlook terbitan PWC, menunjukkan data penghasilan iklan OOH di Indonesia pada tahun 2020 ini akan diperkirakan tumbuh sebesar 10%.

Kita sama-sama tau kalau ada banyak media iklan luar ruang yang bisa dipilih untuk memasang iklan. Tapi kepikiran gak sih gimana caranya untuk bikin iklan kita bisa diingat bahkan jadi obrolan orang-orang, dalam konteks positif? Nah, ada beberapa tips untuk membuat iklan yang efektif, dikutip dari berbagai sumber, sebagai bahan referensi kamu…

Pahami Dulu Audiens Kamu

Nggak cuma si dia yang harus kamu pahami, sebelum kamu bikin iklan kamu harus tau siapa target audiens kamu dan paham bagaimana pendekatan yang tepat sesuai dengan karakter target market kamu. Kesuksesan sebuah iklan, atau bahkan brand, dapat dilihat dari bagaimana mereka memahami audiens secara emosional. Kamu dapat memahami audiens dengan cara mencari tahu interest, demografis, hingga perilaku belanja konsumen kamu. Setelah memahaminya, kamu dapat mulai mengkostumisasikan pesan iklan yang sekiranya dapat menyentuh mereka langsung secara personal sehingga iklan jadi mudah diingat jika audiens merasa related dengan apa yang mereka lihat.

Punya Suatu Value

Bukan mau berusaha jadi SJW--Social Justice Warrior, tapi iklan kamu bisa lebih diingat kalau apa yang kamu sampaikan punya value atau nilai kebaikan yang dapat diambil. Misalnya Rinso yang menggemakan pesan ‘berani kotor demi kebaikan’, Dove dengan menggaungkan nilai ‘real beauty’, atau sesederhana Nike dengan value ‘Just Do It’, yang ternyata sangat powerful dan mudah diingat, tidak hanya menjadi tagline atau iklan tematik saja.

Menyampaikan Pesan yang Konsisten tapi Relevan dengan Tren

Kencangnya dinamika tren dan persaingan pasar di Indonesia sekarang ini menuntut brand untuk membuat iklan-iklan yang viral bahkan cenderung ‘nyeleneh’ untuk bikin orang-orang ingat sama yang kita tampilkan. Meskipun ‘wow factor’ jadi salah satu fokus pengiklan, namun konsistensi pesan dan nilai brand juga wajib menjadi hal yang harus selalu ada di setiap iklan yang dipasang. Pesan dari brand harus benar-benar konsisten, terutama ketika pergerakan tren berputar dengan sangat cepat. Sebuah brand yang pesannya memiliki nilai konsisten akan membuat brand tetap relevan dan terus berkembang pesat. Pelanggan brand juga akan lebih menghargai merek itu dan akan tetap loyal karena masih merasa related. Pergerakan tren yang cepat berubah juga harus bikin kamu selalu keeping up with the latest hype, namun yang harus kamu ingat: angle iklannya bisa terus disesuaikan dengan tren terbaru, namun pesan dari brand kamu tetap harus konsisten sesuai dengan pesannya.

Bikin yang out of the box

Semakin unik iklan kamu, bakalan semakin gampang brand kamu diingat. Dengan kreatifitas, sedikit humor dan memanfaatkan peluang tren yang ada, kamu bisa banget bikin iklan yang out of the box dan bikin orang inget terus, seperti iklan billboard dengan tulisan terbalik dari Lazada, iklan Nego dari BukaLapak atau iklan Ramayana dengan tema qasidahan. Tren beberapa tahun terakhir ini, semakin ‘norak’ konsep iklannya, semakin gampang diingat audiens. Tapi tergantung kamu dan tim, bagaimana membuat iklannya tetap relevan dan tidak lari dari value brand kamu.

Pilih Media Iklan yang Tepat

Menyusun konsep iklan juga harus diiringi dengan memillih media iklan yang efektif, disesuaikan dengan target pasar iklan kamu. Seperti StickEarn yang menyediakan beragam pilihan media iklan di kendaraan seperti mobil, motor, truk LED, hingga pesawat; iklan OOH secara keseluruhan menawarkan beragam platform yang bisa dipilih. Penggunaan media iklan yang tepat, ditambah dengan kreatifitas konsep iklannya, akan menghasilkan iklan yang menarik, mudah diingat banyak orang, dan tentunya peningkatan brand recall yang dapat menuju kepada konversi atau pembelian.

Bikin iklan kamu stand out di tengah ramainya iklan luar ruang, atau bahkan iklan secara keseluruhan memang susah susah gampang. Tapi dengan menentukan tujuan iklan secara tepat dan mengimplementasikan langkah demi langkah di atas, peluang kamu untuk membuat iklan yang viral dan diingat banyak orang bisa lebih besar lagi, StickFriends!

Get the latest updates !