News

Iklan Luar Ruang vs Iklan Digital

Friday, 13 November 2020
Let everyone know!

Berbicara tentang Out-of-Home (OOH) Advertising atau iklan luar ruang tidak selalu terbatas dengan billboard atau baliho. Ada banyak pilihan dan ragam media iklan luar ruang yang bisa Brand gunakan untuk mempromosikan produk. Apalagi dengan kehadiran teknologi yang semakin hari semakin canggih, berbagai inovasi pun bermunculan di dalam industri periklanan yang kemudian menghadirkan kategori iklan luar ruang yang lebih luas seperti digital billboard, vehicle advertising, hingga programmatic advertising.

Sama hal nya dengan media iklan digital. Di era yang semakin maju, ditambah dengan pandemi yang mengharuskan sebagian besar aktivitas dilakukan di rumah, media digital kemudian semakin dilirik untuk menjadi pilihan channel promosi. Meskipun menurut data yang dikutip dalam webinar dari Nielsen bertajuk ‘Game Changers, Riding The Pandemic for Growth’ yang dilaksanakan pada Rabu, 30 September 2020 lalu, media tradisional dan iklan luar ruangan (out-of-home advertising) masih menjadi media kunci yang dapat menjangkau pelanggan dengan masif. Melihat trend marketing pasca PSBB jilid 2 pun, untuk menjangkau khalayak ramai, media OOH advertising masih menjadi pilihan bagi para media buyer.

Baca juga: Strategi Inovasi untuk Mempertahankan Bisnis saat Pandemi

Namun apa yang membedakan iklan luar ruang dan iklan digital secara manfaatnya, dan bagaimana menentukan media iklan yang tepat untuk beriklan?

Apakah pesan yang ingin brand Anda sampaikan bersifat selintas dan hanya ingin menyasar rasa ingin tahu konsumen? Apakah Anda mengejar virality daripada action atau engagement? Kebutuhan iklan yang seperti ini biasanya dilakukan oleh brand pada tahap awal yang ingin menyasar sebanyak-banyaknya massa untuk mengetahui eksistensi atau keberadaan brand ini. Tahap pertama adalah bagaimana menjadi stand out diantara brand lainnya dalam kategori tertentu dan memiliki news atau content value yang dapat diperbincangkan khalayak ramai. Untuk tahap ini, iklan yang diperlukan adalah iklan luar ruang seperti billboard atau digital billboard seperti videotron, vehicle advertising (car branding, LED truck), atau bahkan signages dengan design unik yang dapat mencuri perhatian. Tujuan nya adalah awareness, membuat khalayak aware dengan identitas brand, meskipun pesan bersifat selintas.

Kemudian, oleh brand yang sudah mencapai tingkat awareness yang cukup tinggi, langkah berikutnya adalah memikirkan engagement atau keterlibatan konsumen kepada iklan yang dibuat oleh brand, berharap terjadinya interaksi antara audiens dengan brand kita, lalu mengubah audiens menjadi leads (potential customers).

Baca juga: Tingkatkan Brand Awareness dengan Iklan di Mobil

Dalam tahap ini, brand membutuhkan iklan yang tujuan akhirnya adalah sebuah aksi untuk dapat menarik audiens lebih dalam dan memaparkan informasi yang lebih banyak dan terstruktur, dengan konten yang padat informasi. Dalam tahap ini, iklan digital dibutuhkan karena dengan teknologi digital, sebuah iklan yang menarik secara visual, kemudian dapat menarik audiens ke laman yang memuat banyak informasi mengenai produk atau brand, dan dapat mengubah mereka menjadi potential customers atau bahkan menjadi customers baru. Jenis iklan digital yang dibutuhkan contohnya adalah native advertising dan banner advertising.

Baca juga: Mengenal Native Advertising dan Banner Advertising

Sebagai penyedia layanan iklan terlengkap, StickEarn memberikan beragam inovasi dalam dunia periklanan untuk memudahkan para brand melakukan promosi sesuai dengan kebutuhan brand masing-masing. Tidak hanya beriklan di beragam kendaraan atau vehicle advertising, StickEarn juga menawarkan layanan digital out of home advertising seperti di mobile billboard yaitu MobileLED dan Digital Billboard yaitu Digitron. Selain itu, StickEarn juga menyediakan layanan iklan digital native advertising dan banner advertising dengan aplikasi-aplikasi populer seperti TikTok, Spotify, Alodokter, iFlix, ShareIT, Grab in apps dan masih banyak lagi untuk dapat menayangkan iklan di aplikasi digital sesuai kebutuhan brand.

Konsultasikan segala kebutuhan beriklan Anda bersama kami.

Pelajari Selengkapnya

Get the latest updates !