Insight

Curi Perhatian Publik dengan Media Iklan Luar Ruang (Digital Billboard)

Friday, 23 April 2021
Let everyone know!

Stickfriends sudah familiar belum sama digital billboard? Kalau belum, yuk kita kenalan dengan salah satu media iklan luar ruang tersebut!

Digital billboard merupakan jenis media iklan luar ruangan yang lebih baru dan lebih terintegrasi dengan digital. Formatnya menggunakan papan iklan digital yang dipasang di lokasi strategis serta disesuaikan dengan target audience yang akan dibidik.

curi-perhatian-publik-dengan-media-iklan-luar-ruang-digital-billboard__digitron-location.jpg

Digitron di beberapa lokasi strategis

Apa Saja Perbedaan Digitron dengan Media Luar Ruang Konvensional?

  1. Pada digitron, konsep konten iklan dapat bersifat dinamis maupun statis sehingga memungkinkan untuk mengakomodasi kebutuhan penyampaian informasi beralur. Sementara pada media konvensional, konsep iklan hanya bersifat statis sehingga langsung fokus pada informasi.

  2. Dari segi teknologi, digitron menggunakan teknologi lampu LED yang tersusun sedemikian rupa untuk memancarkan cahaya dan membentuk gambar maupun tulisan. Ukurannya pun besar dan biasa ditempatkan di bangunan atau sekitar jalan besar. Sementara itu, media konvensional hanya menggunakan sticker/banner dan tinta sebagai bahan dasar untuk membentuk gambar maupun tulisan. Ukurannya bergantung pada media yang akan ditempel.

  3. Digitron dapat diperuntukkan bagi 4 hingga 8 brand yang diputar secara simultan dalam kurun waktu 15 sampai 18 jam. Lain halnya dengan digitron, media konvensional hanya diperuntukkan bagi 1 brand dan bisa ditempatkan di satu lokasi dalam kurun waktu 24 jam maupun ditempatkan secara dinamis yang diukur berdasarkan mobilitas yang telah ditempuh.

  4. Media yang digunakan untuk menampilkan iklan di digitron tahan akan faktor eksternal, cuaca misalnya.

  5. Penggantian materi iklan juga dilakukan secara digital pada digitron sehingga tidak memerlukan biaya.


Baca Juga: StickTrain - Media Iklan di KRL

Marketers Pasang Iklan di Digitron, Keuntungan Apa yang Akan Didapatkan?

Riset dari Talon Outdoor (US dan UK Major OOH Agency) menyatakan bahwa dengan menggunakan konten animasi di Digitron sebagai bagian dari campaign, efektivitas meningkat rata-rata 23% di brand metrics.

Digital billboard juga mampu memfasilitasi marketers untuk menerapkan campaign yang kreatif dan berisi informasi yang dapat dibuat menjadi alur cerita yang menarik perhatian target market. Keberhasilan campaign pun dapat diukur melalui report traffic yang diberikan dan dihubungkan dengan tingkat keberhasilan goal campaign yang ingin dicapai.

Selain 2 keuntungan di atas, LED Videotron yang ukurannya besar dan diletakkan sedemikian rupa, dipercaya mampu menjangkau area eye level dengan jarak pandang yang mengoptimal kualitas konten. Inilah yang membuat digitron memiliki sumber impresi cukup tinggi.

curi-perhatian-publik-dengan-media-iklan-luar-ruang-digital-billboard__traffic.jpg

Contoh digitron yang bisa ditemui di jalan besar

Tips Membuat Iklan di Digital Billboard Dilirik Banyak Orang

Membuat konsep iklan yang akan dipasang di area umum sangatlah menantang. Mengapa demikian? Karena butuh kreativitas dan daya imajinasi tinggi sebagai modal awalnya. Tujuannya tentu saja untuk menarik perhatian mata orang yang melihatnya bila dibandingkan dengan billboard lainnya.

Konten Billboard Harus Unik dan Mudah Diingat

Akhir-akhir ini pasti marketers sudah tidak asing lagi dengan brand yang billboard-nya viral di media sosial, menjadi headline di media berita, dan jadi buah bibir banyak orang. Kebanyakan dari billboard tersebut bisa populer karena konsepnya yang unik atau copywriting-nya yang memang sangat kreatif sehingga bisa selalu diingat oleh siapa pun yang pernah melihatnya.

Sebagai contohnya, salah satu perusahaan ojek online pernah memasang sebuah billboard dengan format karangan bunga. Dengan mengusung hashtag #AnakBangsaBisa, billboard karangan bunga tersebut dipersembahkan untuk brand-brand tertentu, seperti Kopiko dan Tolak Angin sebagai ucapan terima kasih atas sumbangsihnya mengharumkan nama Indonesia. Campaign ini pun sukses karena menjadi buah bibir publik.

Ada pula brand salah satu minuman ringan yang menghadirkan iklan billboard ucapan selamat hari raya idul fitri, tapi menggunakan font dan desain yang tidak semestinya. Copywriting-nya pun sangat menarik, pesannya menggambarkan permohonan maaf desain billboard-nya kacau karena yang biasa mendesain sudah mudik. Justru kekacauan desain tersebutlah yang membawa billboard itu viral, diperbincangkan banyak orang.

Ide dan Konsep yang Original

Selain desain dan copywriting yang ciamik, konsep atau ide original dalam sebuah iklan sangat diperlukan. Bagaimana cara mendapatkannya? Biasakanlah banyak melihat referensi iklan, baik dari brand lokal maupun brand multinasional. Marketers perlu mengumpulkan informasi dan pengetahuan iklan, baik dari kompetitor maupun dari lini bisnis yang berbeda karena sumber inspirasi bisa didapatkan dengan banyak cara.

curi-perhatian-publik-dengan-media-iklan-luar-ruang-digital-billboard__jpo.jpg

Digitron di Dago Atas



Stickfriends tertarik untuk mencoba Digitron sebagai salah satu media mempromosikan brand?

BERIKLAN SEKARANG

Get the latest updates !