Facebook Pixel
News

Mengenal Jell-o Wagon, Inovasi Iklan di Kendaraan sejak Tahun 1904

Monday, 12 August 2019
Let everyone know!

Industri kreatif dan Industri periklanan ternyata sudah berinovasi sejak abad ke 19. The Jell-o Company dari LeRoy, New York adalah pelopornya. Pada tahun 1904, mereka mengiklankan Jello-O Ice Cream Powder, dengan tagline "America's Most Famous Dessert" yang dituliskan di badan wagon – kereta kuda beroda empat yang ramai digunakan pada masanya. Kendaraan milik Jell-o Company yang dinamakan The Jell-O Wagon tersebut menjadi media iklan yang besar dan efektif bagi perusahaan. Konsep iklan yang unik ini membuat The Jell-O Wagon menyita perhatian khalayak, dan kerap disebut sebagai “significant symbol of turn of the century advertising.”

The Jell-O Wagon dibangun oleh George Higgins Company, dan hak patennya dibeli oleh Orator F. Woodward, seorang penduduk Desa LeRoy pada tahun 1899. Woodward ‘menyulap’ wagon ini untuk mempromosikan Jell-O Ice Cream. Woodward menggunakan strategi beriklan dengan mengirimkan katalog, dan memberikan free sampling. Dua kuda hitam untuk menarik wagon dan seorang kusir berpakaian rapi disewa untuk mengendarai wagon dan memberikan sampel gratis tersebut. Dengan strategi itu, dalam dua tahun saja penjualan Jell-O mampu menembus angka mencapai $ 250.000 - lebih dari $ 1 juta bila dikonversi dengan nilai hari ini. The Jell-O Wagon yang dianggap sebagai the first moving advertising unit ini ditemukan dan diceritakan dalam dua episode ‘American Pickers’ di History Channel, yang kemudian dibeli seharga $9,500 pada September 2017 oleh Jim Sandoro, pemilik Pierce Arrow Museum. Saat ini, Anda bisa melihat The Jell-O Wagon di Pierce Arrow Museum, atau yang lebih dikenal dengan Buffalo Transportation Museum, yang terletak di Buffalo, New York, Amerika Serikat.

Melihat potensi periklanan kreatif, khususnya iklan di kendaraan yang telah berhasil sejak ratusan tahun lalu, tentu di era digital seperti saat ini ada banyak peluang inovasi yang dapat dilakukan Brand atau Advertisers dalam mempromosikan brand Anda dan menghasilkan sales number yang signifikan. Dengan pesan dan media yang tepat, dikombinasikan dengan sistem seperti dashboard dan aplikasi yang dapat mengukur analytics iklan Anda, StickEarn menawarkan sebuah revolusi media periklanan yang mampu menciptakan iklan yang impactful dan menjangkau publik secara luas.

Dengan StickEarn, brand Anda tidak hanya akan dapat dikenal lebih luas.

Anda dapat melakukan free sampling dan bahkan mendapatkan customer feedback melalui survey yang dilakukan oleh teknologi StickEarn, seperti StickMart dan StickTab. Bila dibandingkan dengan out of home advertising lainnya, StickEarn menawarkan teknologi yang lebih canggih, pilihan media yang lebih banyak dan tentunya dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Media promosi yang ditawarkan StickEarn tidak hanya iklan di mobil, tetapi Anda juga dapat beriklan di motor, truk, bis, angkot, hingga videotron. Sebagai Grab official partner, Anda juga dapat mengintegrasi promosi Anda melalui StickMob (iklan di mobil) dengan Grab In-Apps, layanan native advertising dari Grab. Kalau Jell-O sudah berhasil meraih keuntungan dengan pasang iklan di mobil sejak seratus tahun lebih yang lalu, bagaimana dengan Brand Anda? Promosikan brand Anda dengan mulai beriklan dengan StickEarn, revolusi dunia periklanan!

Get the latest updates !