News

Hi Marketers! Ini Cara untuk Tetap Menjadi Produktif bersama Tim dalam Fase WFH

Monday, 20 April 2020
Let everyone know!

Di masa-masa pandemi yang sekan tidak ada ujungnya dan segala kegiatan koordinasi dilakukan dari rumah, mengatur pola kerja dan komunikasi antar tim dapat menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, jika kamu berada dalam departemen Marketing atau Brand, yang harus memiliki sinergi komunikasi secara utuh baik dari external maupun internal stakeholders. Selain beberapa kegiatan Marketing akan tertunda di tengah pandemi ini, kegiatan brainstorming juga dituntut untuk lebih jelas agar tidak terjadi salah brief antar satu dan lain fungsi.

Dear Marketer StickFriends, berikut tips yang bisa kamu pelajari untuk tetap menjadi produktif dan meminimalisir obstacles selama melakukan teamwork di fase work from home atau WFH.

Communicate Clearly is a Must

Buatlah jadwal yang konsisten untuk melakukan koordinasi secara online. Conference Call menggunakan teknologi seperti Zoom atau Google Meet dapat kamu pilih sebagai media melakukan online meeting dan brainstorming. Selain membuat jadwal konsisten yang harus dipatuhi seluruh tim, pastikan juga brief atau ide yang kamu sampaikan sudah terstruktur dan mudah dipahami tim, agar tidak terjadi misunderstanding dalam menyampaikan ide.

Daily Meeting, Twice a Day

Sebaiknya jadwalkan meeting sebanyak 2 (dua) kali dalam sehari, terutama di pagi hari dan ketika jam kerja berakhir. Biasanya satu tim Marketing atau Brand beranggotakan para pemegang fungsi content marketing, creative visual, dan digital marketing. Masing-masing pemegang fungsi dapat menyampaikan ide yang akan digarap pada awal hari, dan membahas result nya bersama-sama pada sore hari, menjelang jam kantor berakhir (wrap up meeting). Notulensi meeting juga sebaiknya dilakukan untuk melihat input dan resolved points selama meeting pagi hingga sore hari.

Set the Deadline and Target

Sebelum mengerjakan daily activity per fungsi, tentukan dulu secara bersama-sama kapan deadline untuk per project serta apa target dan objective nya. Deadline dan target dapat ditentukan per hari, atau per project. Hal ini penting untuk mengukur performance tim dan mencapai waktu hingga goal yang diinginkan bersama-sama. Dalam divisi Marketing, biasanya pekerjaan meliputi campaign secara tactical (bersifat dalam periode sementara) atau thematic (berhubungan erat dengan brand message, dikerjakan dalam jangka panjang). Penentuan deadline, target, hingga KPI harus dilakukan sejak awal untuk dapat melihat progress pekerjaan. Dalam masa WFH, timeline dapat dibuat menggunakan Google Spreadsheet.

Emotional Approach, Less Confrontation

Penggunaan teknologi untuk mensubstitusi komunikasi tatap muka memang memudahkan selama masa work from home. Akan tetapi, minimnya tatap muka secara langsung, apalagi jika diskusi melalui messaging platform bisa memudahkan terjadinya konflik dan kesalahpahaman. Dalam masa-masa yang tidak menentukan seperti ini, team bonding sangatlah penting agar secara emotional dapat saling menguatkan ssatu sama lain dan produktivitas antar fungsi tidak terganggu. Hindari konfrontasi dan usahakan untuk lebih memahami maksud kolega kamu, agar objective dapat tercapai bersama. Untuk menunjukan support satu sama lain dan menghindari stress karena kondisi seperti ini, kamu dan tim dapat membahas hal-hal yang lebih menyenangkan dan melakukan virtual activities untuk menguatkan emotional approach dalam tim.

Want to talk more to our Marketing Team? We could do something great together! Click the link down below, and let’s (virtual) hangout!

Hello!

Get the latest updates !