Insight

Mau Konten TIKTOK Dilihat Banyak Orang? Cek Tips ini Agar Konten Brand-mu Viral!

Monday, 24 May 2021
Let everyone know!

Sejak 2020 silam, siapa pula yang tidak mengenal TikTok. TikTok telah menjadi platform populer yang jangkauan penggunanya cukup luas. Betapa tidak, mulai dari remaja, influencer, ibu rumah tangga, pegawai kantoran, wirausaha, Youtuber, artis papan atas, hingga brands. Mengapa TikTok begitu menarik perhatian? Alasannya karena platform ini menyediakan video berdurasi relatif pendek, yakni 15 detik sehingga memang lebih banyak digunakan untuk hiburan, campaign, dan challenge menarik.

Bagi Stickfriends yang sudah dari awal mengikuti perkembangan TikTok, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah FYP (For Your Page). FYP (For Your Page) merujuk pada video-video yang berhasil tampil di halaman utama platform atau bisa juga disebut sebagai video yang direkomendasikan oleh TikTok. Jadi, jangan heran ya setiap Stickfriends membuka TikTok, langsung disuguhkan video-video yang berhasil masuk FYP.

Baca Juga: TikTok Marketing: Panduan untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Seperti yang telah diketahui bahwa setiap platform memiliki sistem algoritma yang berbeda, begitu pun dengan TikTok. Masuknya konten FYP seolah menjadi tujuan tersendiri bagi penggunanya karena konten tersebut memiliki nilai social currency dan visibilitas. Social currency memiliki artian jika seseorang mendapatkan informasi yang berharga atau bernilai, ia tidak akan segan untuk membagikannya kepada orang lain. Sementara visibilitas adalah ketika sesuatu mudah dilihat, maka orang akan lebih mudah meniru.

Agar kesempatan konten brand-mu masuk FYP lebih besar, Stickfriends perlu mengetahui beberapa tipsnya. Apa saja ya? Yuk, mari kita bahas bersama!

Konten yang Dibuat Harus Sesuai dengan Target Market

Stickfriends sebagai seorang marketer, pastinya, sudah sangat mengenal target market yang akan dibidik. Jika brand kamu mengincar target audience generasi Z, maka Stickfriends perlu mengoptimalkan TikTok lewat konten-konten yang kreatif.

Lalu, apa yang sebaiknya Stickfriends lakukan? Stickfriends bisa melakukan riset melalui insight di TikTok untuk mengetahui interest, followers behavior, dan trend yang banyak diikuti para target market muda tersebut. Buatlah video pendek yang kreatif sehingga generasi Z pengguna TikTok melihatnya sangat relevan tanpa merasa terbuai oleh strategi marketing.

Gunakan Hashtag dan Lagu yang Trend

Jangan sampai lupa untuk menyertakan hashtag ya, Stickfriends! Kamu pasti pernah melihat konten TikTok yang mencantumkan hashtag #ForYourPage atau #FYP kan? Kedua hashtag tersebut memang nyatanya sangat populer digunakan oleh pengguna TikTok sebagai salah satu upaya menembus halaman rekomendasi.

Menggunakan lagu yang sedang trend juga tak kalah penting. Dengan memakai lagu yang sedang viral, maka tidak menutup kemungkinan konten brand kamu juga akan viral setelah berhasil masuk FYP.

Buat Konten yang Simpel dan Gampang Dimengerti

TikTok hadir sebagai platform yang mewadahi penggunanya untuk dapat membuat video berdurasi singkat, namun berkesan dan mudah dimengerti. Maka dari itu, pastikan video dari brand kamu memiliki ide yang berkualitas, simpel, tanpa terkesan ribet. Dengan demikian, orang lain pun akan bersedia menyaksikan video kamu sampai tuntas. Ini berkaitan juga dengan sistem algoritma yang telah dibahas sebelumnya, video brand kamu berkesempatan masuk FYP bukan lagi hal yang mustahil.

Usahakan Selalu Berinteraksi dengan Followers

Salah satu cara meningkatkan engagement di TikTok adalah dengan selalu menjaga interaksi dengan audiens. Sebisa mungkin, berikan respon dari komentar-komentar mereka sehingga algoritma TikTok akan melihat frekuensi aktivitas akun brand kamu.

Nah, sekarang udah gak ada keraguan lagi kan untuk mulai membuat konten video iklan di TikTok? Agar lebih mudah, StickDigital dari StickEarn akan membantu Stickfriends beriklan di media digital salah satunya TikTok. Tim StickEarn akan membantu memberikan konsultasi jenis TikTok ads yang sesuai dengan kebutuhan marketing brand-mu. Selain itu, brand kamu juga berkesempatan mengintegrasikan online dan offline advertising dengan mengombinasikan OOH advertising dari StickEarn, seperti pemasangan iklan di mobil, motor, hingga digital billboard.

Artikel_20200193 TikTok StickDigital_CTA.png

Get the latest updates !