Green marketing adalah strategi pemasaran dengan konsep ramah lingkungan. Kesadaran akan lingkungan membuat banyak perusahaan yang menerapkan green marketing. Untuk mengetahui apa itu green marketing, StickFriends bisa melihat ulasan tentang contoh green marketing, dan bagaimana penerapan green marketing berikut ini.

Apa Itu Green Marketing?

Green marketing adalah suatu strategi pemasaran atau marketing dengan menggunakan konsep ramah lingkungan. Penerapan green marketing tersebut mencakup proses awal produksi hingga pemasaran kepada konsumen. Sebagai contoh, StickFriends memiliki bisnis penjualan material bangunan. Untuk menerapkan konsep ramah lingkungan pada bisnis tersebut, StickFriends bisa memproduksi material bahan bangunan baru yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.

StickFriends bisa membuat bahan bangunan baru yang ramah lingkungan seperti batu bata dari sabut kelapa atau serat pohon lainnya. Selanjutnya, StickFriends bisa menggunakan strategi pemasaran ramah lingkungan untuk menjual batu bata ramah lingkungan tersebut.

Beberapa perusahaan yang menerapkan green marketing biasanya membuat strategi pemasaran melalui aksi tanam pohon, kampanye pembersihan pantai, dan aksi-aksi peduli lingkungan lainnya.

Baca Juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Langkah - Langkahnya

Contoh Green Marketing

Screen Shot 2022-10-10 at 19.58.37.png

Salah satu contoh perusahaan yang menerapkan green marketing yaitu Unilever melalui brand Love Beauty and Planet. Brand Love Beauty and Planet tersebut merupakan merek produk perawatan dan kecantikan yang berada di bawah naungan Unilever.

Love Beauty and Planet menerapkan konsep pemasaran ramah lingkungan mulai dari penggunaan bahan baku alami hingga kemasan yang ramah lingkungan. Produk-produk dari Love Beauty and Planet juga banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki aroma yang natural dan bahan kandungan yang aman untuk tubuh.

Screen Shot 2022-10-10 at 20.00.18.png

Contoh green marketing selanjutnya yaitu terdapat pada brand produk perawatan dan kecantikan The Body Shop. Sama halnya dengan Love Beauty and Planet, The Body Shop juga menggunakan konsep pemasaran ramah lingkungan pada bahan baku produk dan kemasan mereka.

Selain itu, The Body Shop juga aktif memberikan kampanye kepada para konsumen tentang pentingnya kesadaran lingkungan di era globalisasi saat ini. The Body Shop memiliki komitmen untuk mengelola sampah yang dihasilkan agar tidak mencemari lingkungan.

Baca Juga: Apa Itu Branding? Ini Manfaatnya dalam Marketing!

Elemen Green Marketing

Green marketing memiliki beberapa elemen atau komponen penting dalam penerapannya. Berikut ini adalah beberapa komponen dalam penerapan green marketing yang perlu StickFriends ketahui:

1. Green Production Process

Green production process yaitu komponen pemasaran ramah lingkungan dimana setiap proses produksi suatu barang harus dilakukan dengan mengadopsi nilai-nilai ramah lingkungan.

Beberapa konsep nilai ramah lingkungan yang harus StickFriends terapkan dalam green production process yaitu penggunaan bahan baku yang aman dan tidak mencemari lingkungan. Selain itu, StickFriends juga harus melakukan produksi secara aman dan ramah lingkungan.

Proses produksi yang aman mencakup proses pengolahan limbah selama produksi, dan proses pengolahan limbah setelah produksi. StickFriends harus memastikan jika limbah produksi yang dihasilkan tidak beracun dan sudah melalui proses pengolahan limbah yang benar.

Aspek green production process selanjutnya yaitu menggunakan bahan kemasan yang aman dan ramah lingkungan. StickFriends bisa memanfaatkan bahan-bahan alam atau mendaur ulang bahan kemasan yang sudah tidak terpakai menjadi bahan kemasan baru yang aman dan ramah lingkungan.

2. Green Campaign

Selain proses produksi yang harus memperhatikan nilai-nilai ramah lingkungan, konsep pemasaran dan kampanye juga harus mengacu pada nilai-nilai konsep ramah lingkungan.

Jika beberapa brand diluncurkan menggunakan acara-acara resmi di mall atau gedung, StickFriends bisa melakukan kampanye dan promosi produk dengan cara yang lebih berbeda. StickFriends bisa mengajak para konsumen untuk melakukan aksi tanam pohon, pembersihan laut, atau kampanye daur ulang untuk acara peuncuran produk.

Penggunaan konsep peluncuran produk tersebut akan sesuai dengan konsep green campaign yang mengedepankan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan.

3. Green Customers

Green customers yaitu para konsumen yang memiliki pengetahuan atau wawasan tentang konsep kesadaran lingkungan. Konsumen dengan tingkat kepedulian lingkungan yang tinggi biasanya cenderung akan memilih produk-produk yang ramah lingkungan.

Sikap dan orientasi konsumen tersebut akan mendorong dan memotivasi banyak perusahaan untuk menciptakan produk-produk yang ramha lingkungan di pasaran. Hal ini bisa StickFriends lakukan sebagai bentuk upaya untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen.

4. Reason for Being Green

Selain untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen, StickFriends juga harus menentukan reason atau alasan kenapa menciptakan produk dengan konsep ramah lingkungan.

Salah satu alasan yang paling tepat yaitu karena ingin berkontribusi pada lingkungan dan menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi. StickFriends bisa melakukan kampanye promosi produk dengan mensosialisasikan visi misi dan alasan kenapa StickFriends menciptakan produk yang ramah lingkungan tersebut.

Dengan memiliki alasan yang kuat, maka para konsumen akan menilai perusahaan StickFriends memiliki integritas dan tingkat kepedulian yang tinggi pada lingkungan.

Baca Juga: Cara Kerja Marketing Terbaik Untuk Pemasaran Produk!

Tujuan Green Marketing

Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, green marketing juga memiliki beberapa tujuan lain yaitu sebagai berikut:

1. Mendapatkan Segmentasi Pasar Baru

Tujuan konsep pemasaran ramah lingkungan yang pertama yaitu untuk mendapatkan segmentasi pasar yang baru. Para konsumen yang menanamkan nilai-nilai ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari merupakan segmentasi pasar yang bisa StickFriends jangkau dengan strategi ini.

Besarnya efek globalisasi dan tingginya kesadaran akan lingkungan membuat demografi konsumen pecinta lingkungan semakin meningkat. Peluang ini bisa menjadi salah satu kesempatan yang bagus untuk StickFriends jika memiliki rencana untuk mengembangkan produk yang ramah lingkungan.

2. Meningkatkan Profit dan Loyalitas Brand

Konsep pemasaran ini tentu akan membuat perusahaan StickFriends lebih unggul jika dibandingkan dengan perusahaan kompetitor dengan tipe produk yang sejenis. Apalagi jika target konsumen StickFriends adalah para konsumen dengan tingkat kesadaran lingkungan yang tinggi.

Selain unggul dari para kompetitor, konsep pemasaran lingkungan ini juga akan membuat citra brand dan perusahaan StickFriends semakin positif di mata konsumen. Integritas dan konsistensi mengembangkan produk yang ramah lingkungan akan meningkatkan nilai profit dan loyalitas konsumen.

3. Sebagai Bentuk Pemenuhan Kebutuhan Konsumen

Kemunculan isu-isu kerusakan lingkungan baru sebagai dampak dari globalisasi membuat banyak konsumen berkomitmen untuk mulai berkontribusi pada lingkungan. Salah satu bentuk kontribusi yang dilakukan oleh konsumen adalah dengan komitmen menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.

StickFriends bisa merespon hal tersebut sebagai peluang baru untuk menciptakan suatu produk dengan konsep ramah lingkungan. Kebutuhan dan tingkat permintaan yang semakin meningkat juga akan menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan StickFriends.

Hal tersebut diperkuat dengan penelitian yang dilakukan di Universitas Duquesne. Hasil penelitian tersebut menyatakan jika selama 10 tahun terakhir, jumlah permintaan akan produk organik yang ramah lingkungan mengalami pertumbuhan sebesar 240%.

4. Meminimalisir Biaya Overhead

Biaya overhead merupakan biaya produksi yang tidak memiliki keterkaitan secara langsung dengan proses operasional produksi. Beberapa contoh biaya overhead yaitu biaya tagihan listrik, air, telepon, alat tulis kantor, depresiasi, dan lain sebagainya.

Penggunaan bahan-bahan produksi yang ramah lingkungan merupakan salah satu upaya yang bisa StickFriends lakukan untuk meminimalisir biaya overhead. Dengan menggunakan bahan-bahan produksi yang ramah lingkungan, maka StickFriends akan bisa menghemat biaya overhead seperti contoh sebelumnya.

Tertarik Menerapkan Konsep Green Marketing untuk Bisnismu?

Green marketing merupakan salah satu strategi pemasaran ramah lingkungan yang sangat cocok untuk StickFriends terapkan pada perusahaan. Untuk mengoptimalkan strategi pemasaran tersebut, StickFriends membutuhkan jasa pemasaran dan periklanan kreatif yang memahami konsep green marketing dengan baik.

StickEarn merupakan sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang periklanan kreatif yang akan membantu StickFriends untuk mewujudkan konsep pemasaran ramah lingkungan yang tepat.

Hal ini karena StickEarn merupakan perusahaan yang aktif mengikuti tren pemasaran global dan peduli pada isu-isu lingkungan. Untuk mengetahui produk-produk iklan apa saja yang ditawarkan oleh StickEarn, StickFriends bisa langsung mengunjungi website StickEarn.com.

StickFriends juga akan berkesempatan untuk mendapatkan berbagai promo dan penawaran harga terbaik lainnya. Jadi tunggu apa lagi? Ayo mulai kampanye pemasaran ramah lingkungan bersama StickEarn sekarang juga!

CTA Banner Blog - 01.png