News

Tips Menggencarkan Promosi Akhir Tahun dengan Iklan Luar Ruang

Monday, 16 December 2019
Let everyone know!

Menjelang libur akhir tahun, produk retail ramai memberikan diskon besar-besaran. Iklan-iklan yang dibuat bertemakan Natal dan Tahun Baru pun kerap tampil di berbagai media. Dari banyaknya promosi akhir tahun, bagaimana ya caranya untuk bikin iklan kamu jadi yang paling stand out, menggunakan platform iklan luar ruang? Berikut tips-tips untuk menggencarkan promosi menjelang musim liburan…

Menggunakan Kata-kata Promosi

Pemilihan keywords yang tepat adalah salah satu strategi yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan peluang promosi agar lebih efektif. Mengutip dari Gobiz, beberapa keywords atau kalimat yang dapat membuat promosi lebih efektif di antaranya adalah:

  • Menggunakan sapaan untuk pelanggan (kamu/anda)
  • Memberikan arahan untuk pelanggan (follow ini/subscribe ini/scan QR code, dst)
  • “Gratis!”
  • “Diskon …%”
  • “Baru”
  • “Buy 1 Get 1”
  • “Promo”

Untuk iklan di akhir tahun, Advertisers juga bisa menyertakan kata-kata “Natal”, “Tahun Baru”, “Akhir Tahun”, dan “Midnight Sale” untuk menunjukan pesan campaign yang lebih spesifik. Meskipun menggunakan media iklan luar ruang, pemilihan kata yang tepat akan membuat audience lebih mudah menangkap maksud dari iklan yang ingin disampaikan.

Buat Pesan yang Singkat dan Kreatif

Selain pemilihan kata yang tepat, pesan yang dibuat juga harus singkat, tepat sasaran dan tentunya kreatif apabila memasang iklan di luar ruangan. Memasang iklan OOH, khususnya di kendaraan, pasti akan menghasilkan impresi iklan yang tinggi. Namun pesan yang disampaikan juga harus dengan cepat dimengerti audience dan harus menarik secara visual. Dikutip dari Mix Marcomm, dalam artikel yang dibuat Michaela McCormack berjudul “What is Visual Communication & How Can it Help Tell Your Brand Story?”, berdasarkan studi sebanyak 80% manusia lebih mudah menyerap dan mengingat informasi berbentuk visual. Iklan yang kamu pasang di badan kendaraan bisa berbentuk visual kreatif tanpa perlu banyak kata, tapi cukup jelas menggambarkan maksud dari yang Brand kamu ingin sampaikan ke target audience. Apalagi menjelang akhir tahun, tema iklan yang diusung bisa lebih kreatif dan tematik, seperti Natal, Tahun Baru, Hari Ibu dan sebagainya, sesuai dengan value yang ingin Brand kamu sampaikan.

Tentukan Lokasi Iklan

Berbicara tentang iklan luar ruangan, menentukan titik lokasi iklan juga menjadi hal yang krusial untuk dipikirkan. Berdasarkan heatmap yang dihimpun oleh StickEarn dan Grab, beberapa lokasi di Jakarta pada hari kerja seperti Sudirman, Thamrin, Kuningan hingga Taman Anggrek menjadi lokasi yang ramai untuk target konsumen; pekerja maupun eksekutif. Di akhir pekan, beberapa titik di pusat perbelanjaan seperti Kota Kasablanka, Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Pondok Indah dan Central Park secara kepadatan dirasa tepat untuk segmentasi audience keluarga. Penentuan lokasi iklan untuk OOH atau iklan luar ruang dapat juga menjadi cara menampilkan iklan yang lebih personalized.

Pasang QR Code

Dengan fenomena smart OOH atau iklan luar ruangan pintar yang sudah mengadaptasi proses penghitungan digital, QR Code dapat digunakan untuk memudahkan audiences mengakses informasi yang lebih detail hanya dengan scan QR Code. Menjelang akhir tahun, QR code juga dapat digunakan untuk memuat landing page khusus promo natal atau promo tahun baru untuk meningkatkan sales.

Cara untuk menggencarkan promosi melalui platform iklan luar ruang ini juga dapat diaplikasikan untuk momen lainnya seperti awal tahun, Imlek, hingga Harbolnas. Apapun momen dan campaign nya, StickEarn siap bantu kamu gencarin promosi yang selain measurable secara data, juga impactful sehingga dapat menghasilkan profit untuk perusahaan kamu. Tunggu apa lagi? Yuk #TempelinAja iklan kamu di StickEarn sekarang!

Get the latest updates !