News

Selamatkan Es krimnya! Sebuah Campaign Billboard Digital Interaktif dari McDonald’s Malaysia

Tuesday, 7 January 2020
Let everyone know!

Siapa disini yang sobat McD? McD atau McDonald’s adalah salah satu restoran paling terkenal di dunia. Seth Godin, Marketing Guru ternama, pernah bilang “It’s lonely at the top”--sepertinya McD mengimani hal ini dan kemudian selalu gelisah untuk selalu mengeluarkan ide iklan kreatif terbaik mereka. 2019 yang baru saja kita tinggalkan, adalah momentum mereka.

McDonald’s di Kuala Lumpur menggabungkan iklan billboard dan digital dengan cara memanfaatkan teknologi real time di mana audiens bisa menggunakan smartphone mereka untuk ‘menyelamatkan’ es krim cone yang ada di billboard.

Gimana caranya? Sebuah papan iklan digital dengan video ice cream cone yang hampir meleleh dipasang di persimpangan jalan ramai di jantung Bukit Bintang, sebuah distrik perbelanjaan populer di Kuala Lumpur, di mana suhunya dapat naik hingga di atas 37.7°C. Area ini sangat ramai dengan tingkat lalu lintas pejalan kaki yang tinggi.

Penasaran gak sih, kayak apa campaign nya? Coba lihat video nya disini:

Dari campaign ini, Sebanyak 265 es krim ‘diselamatkan’ selama periode kampanye, dengan total 1.825 kupon diberikan kepada kurang lebih 170 orang. Dari total 960 menit total airtime, McD dapat mengarahkan rata-rata 5 pelanggan ke gerai per setiap menitnya.

Papan iklan digital dengan campaign yang interaktif ini sangat menarik perhatian para pejalan kaki di Kuala Lumpur dan membuat mereka yang melihat billboard tertarik untuk memutar kipas. Untuk bisa memutar kipas, mereka harus masuk ke dalam microsite di smartphone untuk mengontrol yang muncul di ponsel mereka seperti bermain game di aplikasi. Tugas yang harus mereka lakukan sangat mudah, cukup melakukan gerakan sirkular dengan jari secara cepat sampai es krim yang ada di billboard digital tidak jadi meleleh. Mereka yang berhasil langsung dihadiahi kupon yang dapat ditebus di lokasi McD terdekat. Menariknya, semakin banyak orang yang berinteraksi dengan microsite, semakin cepat kipas di billboard digital berputar.

Kampanye ‘Save the Sundae Cone McDonald’ termasuk ke dalam campaign interaktif yang memungkinkan pengguna untuk terlibat dengan papan iklan digital secara real time. McDonald memerlukan jaringan waktu nyata yang cepat, andal, dan dapat diskalakan untuk mengalirkan data antara aplikasi pengguna dan papan iklan digital. Tujuan mereka adalah untuk membuat pengguna di pusat perbelanjaan publik untuk mencari dan menghabiskan setidaknya satu menit terlibat dengan kampanye. Jaringan yang real time diperlukan untuk dapat menangani ratusan pengguna secara bersamaan, dan dengan audiens yang begitu besar, waktu aktif 100% sangat penting untuk kampanye.

Membuat kampanye iklan yang unik dan mengajak keaktifan audiens untuk ikut melakukan sesuatu berkaitan dengan produk kita, secara hasil menunjukkan engagement bahkan konversi yang tinggi. Kampanye McD ini bisa jadi inspirasi untuk kamu menggunakan media iklan luar ruangan yang memorable dan efektif ya, StickFriends!

Sumber dari:
https://advbombmedia.com/mcdonalds-powers-interactive-digital-billboard-campaign/

Get the latest updates !