News

Leaders Camp 2020: Menjadi Pemimpin Yang Menginspirasi & Berpengaruh

Wednesday, 11 March 2020
Let everyone know!

Wandhana W. Mukti | 5 menit baca

Jadi leader itu tidaklah gampang sama sekali. Itu kalimat yang pertama kali terngiang-ngiang dalam kepala saya ketika pertama kali mengecap level manajerial di 2016 silam. Mampukah saya mengemban tanggung jawab ini? Bagaimana bila nanti tim tidak menyukai saya? Bisakah saya memenuhi ekspektasi organisasi? Ketakutan dan keragu-raguan memenuhi benak kala itu.

Sejatinya, menjadi leader di dalam sebuah organisasi atau perusahaan bukan cuma perkara kemampuan teknis. Jika dulu kita hanya dituntut dalam hal hasil kerja, sebagai leader kita juga dituntut untuk mengelola organisme paling rumit di semesta: Manusia.

Kita bisa menggunakan metodologi yang sama dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan sulit, selama memiliki kesamaan karakteristik. Dalam hal mengelola manusia, jika ada sepuluh orang dalam tim kita maka ada sepuluh pemikiran yang berbeda dan harus ada sepuluh cara yang berbeda dalam mengelola mereka--sebab hakikatnya setiap individu adalah unik.

Lewat 360 Leadership Survey yang sudah pernah kami lakukan sebelumnya, ditemukan fakta bahwa masih banyak leaders yang masih berusaha untuk memahami tim-nya dengan baik. Kami menyadari salah satu kualitas yang dibutuhkan untuk mampu memahami orang lain dengan baik adalah melalui kecerdasan emosional.

Berangkat dari hal tersebut, kami di StickEarn berusaha untuk terus mengembangkan kemampuan leaders di organisasi kami, salah satunya melalui program Leaders Camp. Program tahunan yang telah berjalan sejak tahun 2018 ini mengumpulkan leaders dari berbagai departemen untuk ikut serta dalam kegiatan pengembangan kemampuan dan bersama-sama menentukan strategi perusahaan satu tahun kedepan.

Memahami Dengan Cara yang Lebih Baik

Ingin dipahami dan ingin dimengerti rasanya merupakan keinginan setiap orang tapi kemampuan untuk memahami orang lain boleh jadi tidak dimiliki oleh semua orang. Kecerdasan emosional; yang kami maknai sebagai kemampuan individu untuk mengenali dan memahami proses emosi (seperti sedih, marah, bahagia, dan turunannya) harus dimiliki oleh seorang leader manakala ingin memahami dirinya sendiri dan orang lain.

Bekerja sama dengan EQ Asia Indonesia, kami menghadirkan one-day training bertajuk “Influential Leadership with an Emphasis on Emotional Intelligence” sebagai pembuka Leaders Camp 2020. Lewat kegiatan ini, leaders mendapatkan pengetahuan bagaimana mengidentifikasi jenis dan intensitas emosi, kurva stres dan hal-hal yang berpotensi jadi pemicunya, membangun pikiran positif dan melihat suatu hal dari sudut pandang lain (reframing), melatih empati dan memberikan umpan balik (feedback) yang bersifat konstruktif.

Lewat training ini, kami berharap leaders StickEarn mampu untuk memahami diri mereka sendiri dan memahami tim mereka dengan lebih baik.

OKR: Menuju ke Tujuan yang Sama, Bersama-sama

Apakah persamaan antara kawanan domba dan kawanan serigala?

Keduanya sama-sama berkumpul. Lalu apakah perbedaan antara kedua kumpulan tersebut? Kawanan domba berkumpul tanpa memiliki tujuan bersama sedangkan kawanan serigala memiliki tujuan yang sama; menjatuhkan mangsa mereka. Organisasi tanpa tujuan bersama tidak ubahnya seperti kawanan domba. Agar organisasi mampu mencapai tujuan yang diharapkan, setiap bagian dari organisasi tersebut harus memiliki tujuan yang sama dan masing-masing memiliki peran untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itu, kami menggunakan apa yang disebut dengan OKR.

OKR adalah singkatan dari Objective & Key Results, merupakan sebuah framework baru yang kami terapkan di tahun 2020. Lewat framework ini kami berharap setiap individu melakukan hal-hal yang relevan dengan tujuan perusahaan.

StickEarn Leaders Camp 2020 berlangsung pada tanggal 5 - 7 Februari 2020, bertempat di Sentul. Selama kegiatan ini berlangsung, saya melihat banyak hal menarik. Saya melihat kesungguhan, kerja keras, antusiasme dan potensi yang belum pernah saya lihat sebelumnya di kantor. Saya bisa melihat secara dekat dan langsung bagaimana kualitas leaders di StickEarn.

Untuk pertama kalinya sejak saya bergabung, saya bangga menjadi bagian dari para pemimpin hebat ini.

Get the latest updates !