News

Ide Promosi untuk Sambut Hari Kemerdekaan di Masa Pandemi

Tuesday, 11 August 2020
Let everyone know!

Beberapa hari lagi, Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-75 tahun. Momen kemerdekaan selalu jadi hal yang seru dan festive, mulai dari perlombaan khas seperti panjat pinang dan makan kerupuk, hingga perburuan promo yang diberikan oleh beragam brand yang khusus diberikan pada saat 17-an. Namun, kita juga sama-sama tahu kalau tahun ini semuanya terasa berbeda sejak pandemi virus covid-19 berada di antara kita. Lalu sebagai pemilik bisnis atau brand, bagaimana memanfaatkan momen hari kemerdekaan dan ide promosi seperti apa yang bisa diwujudkan di saat seperti ini?

Bonus Produk Gratis: Health Kit

Berbeda dari tahun-tahun lalu, adanya pandemi di tahun ini membuat produk-produk kesehatan dan proteksi diri menjadi hal yang paling most wanted dan must have di society. Masker, hand-sanitizers, face shield, dan vitamin c adalah beberapa produk yang paling laku dicari di masa seperti ini. Salah satu ide promosi yang menarik adalah dengan membonuskan salah satu produk di atas secara gratis sebagai reward dari pembelian dengan minimum tertentu. Misalnya, saat konsumen melakukan pembelian di atas Rp 300.000, mereka dapat 1 masker yang sudah dilabeli dengan brand kamu (atau bisa secara general, your call).

Memberikan Diskon dan Harga Khusus Hari Kemerdekaan

Strategi promosi yang satu ini hampir selalu ada setiap tahunnya. Di bulan Agustus seperti ini, kamu dapat membuat diskon khusus yang tematik sesuai dengan perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945, misalnya diskon 17%, atau diskon 45%, atau harga spesial senilai Rp 45,000 untuk produk-produk tertentu khusus pembelian pada periode kemerdekaan. Tidak hanya ini, di saat pandemi yang akan sulit untuk melakukan pembelian secara fisik, kamu juga dapat memberikan promo free ongkir kepada pelanggan dengan minimum pembelian tertentu.

Produk atau Campaign Spesial Kemerdekaan

Jika bisnis kamu bergerak di bidang produk fisik seperti kuliner, fashion dan sebagainya, kamu dapat membuat produk yang tematik dengan kemerdekaan dan memberikan harga khusus untuk produk tersebut. Pun jika bisnismu bergerak di bidang jasa, campaign yang tematik seperti konvoi 17-an, online community gathering, webinar event yang mengambil tema kemerdekaan pun juga dapat dikemas secara festive dan memasukan konten promosi di dalamnya. Misalnya, membuat sesi webinar dengan tema yang related dengan 17-an dan brand kamu, lalu memberikan diskon spesial kepada peserta webinar di akhir acara.

Kompetisi di Media Sosial

Seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan media sosial pada masa pandemi ini, brand kamu dapat membuat kompetisi yang unik di media sosial. Misalnya, kamu dapat meminta pelanggan memposting foto produk di feed media sosial, atau membuat video competition mengenai 17-an dan tap in ke produk kamu dengan hadiah yang menarik, atau dapat membuat giveaway. Selain meningkatkan keuntungan atau pembelian, juga dapat meningkatkan engagement rate media sosial brand kamu.

Kostumisasi Promo Buy 1 Get 1

Familiar dengan promo buy 1 get 1? Coba level up dengan membuat Buy 4 Get 5 misalnya, atau buy 1 family pack, get 7 free snacks dan sebagainya. Pada intinya, kamu dapat mengkreasikan promo di masa 17-an ini untuk menarik perhatian pelanggan pada brand kamu.

Kode Kupon Spesial di Native Ads

Karena pada masa pandemi penggunaan smartphone untuk aplikasi film on demand hingga aplikasi kesehatan on demand sedang sangat meningkat, kamu dapat memasang iklan di aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk dapat mengkonversikan ke penjualan, kamu dapat menyampaikan kode khusus atau kupon khusus, misalnya ‘MERDEKA45’ atau sebagainya di Native Ads, yang bisa mereka screenshot dan redeem saat pembelian. StickEarn kini bekerjasama dengan iFlix dan Alodokter loh untuk dapat memasang iklanmu di aplikasi-aplikasi tersebut. Jumlah pengguna nya pun tinggi per harinya, membuat iklanmu semakin bisa dilihat lebih banyak orang dengan harga yang lebih terjangkau.

Meskipun tahun ini Hari Kemerdekaan akan sedikit terasa berbeda dibandingkan sebelumnya, tapi ke-6 ide promosi di atas dapat menjadi inspirasi untuk strategi promosi di Hari Kemerdekaan, meskipun di tengah pandemi. Selain menguntungkan untuk brand kamu, yang paling penting adalah tetap menghidupkan suasana semangat dan #TerusMelaju dalam kondisi apapun dan merdeka dari segala kesulitan. Dirgahayu Indonesia yang ke-75, semoga makin jaya!

Get the latest updates !