News

Cara Jitu Promosi dan Menjaga Bisnis di Tengah Wabah Corona

Thursday, 23 April 2020
Let everyone know!

cara-jitu-menjaga-bisnis-di-tengah-wabah-corona--infographic.jpg

Meskipun physical distancing saat pandemi covid-19 ini sangat dianjurkan untuk dilakukan dengan harapan dapat memutus mata rantai wabah, namun efek samping yang dihasilkan, terutama dalam ekonomi cukup memprihatinkan. Bisa dikatakan tidak ada yang aman dari dampak ekonomi terkait physical distancing. Pebisnis skala kecil hingga besar pun turut menjadi ‘korban’ dari kebijakan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah dijalankan di Indonesia.

Lesunya kegiatan jual-beli dan produktivitas pekerja, selain dikarenakan adanya wabah corona, juga karena karantina yang belum diketahui bisa berakhir sampai kapan. Wajar apabila banyak pemilik bisnis khawatir bahwa dampak covid-19 dapat memperburuk perekonomian bisnis. Agar tidak khawatir terlalu lama dan dapat menyelamatkan bisnis kamu, berikut adalah beberapa cara jitu melakukan promosi yang tepat dan menjaga bisnis di tengah pandemi covid-19.

Go Digital menggunakan fitur Video Online

Aplikasi video online seperti Google Hangout, Skype, Zoom dan sebagainya dapat digunakan untuk membuat pelanggan selalu ingat dengan brand kamu. Buatlah webinar, free training atau how-to videos yang dapat disambungkan dengan benefit atau poin-poin unggul dari bisnis kamu. Di akhir acara, kamu dapat menyampaikan promosi terbaru atau cara mendapatkan produk untuk membuat pelanggan kamu tidak hanya akan ingat dengan brand kamu, tapi juga dapat mengarahkan mereka untuk melakukan pembelian.

Berikan Diskon Spesial

Untuk membangkitkan lagi minat beli pelanggan, buatlah diskon spesial yang dapat digunakan untuk memikat pembelian jangka panjang. Untuk pebisnis kopi susu, bisa mulai menjual kopi berukuran literan, atau bahkan kartu membership untuk diskon selama 1 tahun penuh. Strategi kartu keanggotaan juga dapat digunakan dalam mempromosikan pusat kebugaran, taman bermain, atau restoran. Bisnis iklan luar ruang juga dapat menawarkan diskon khusus yang dapat di-redeem setelah virus berlalu. Kalau kamu memiliki toko ritel, kamu dapat menawarkan pengiriman gratis (free ongkir), atau diskon untuk pesanan online. Bila kamu mau beriklan lagi setelah corona mereda, kamu dapat pasang iklan di mobil dan ikan di motor dengan diskon sebesar 50% dari Promo Diskonria!

Buat Campaign yang Kreatif

Meskipun corona adalah hal yang sensitif, namun kamu tetap bisa mengambil aspek-aspek tertentu dari corona dan menjadikannya sebagai campaign yang kreatif, disesuaikan dengan value brand kamu. Bila kamu bergerak di bidang perhotelan, kamu dapat memberikan campaign marketing tentang pentingnya tetap refresh secara pikiran saat harus WFH, atau membuatnya jadi Work From Hotel (instead of Work From Home) dan memberikan diskon khusus sebagai pendukung campaign. Kamu juga dapat menyesuaikan brand kamu dengan kebutuhan saat ini, misalnya Anne Avantie yang membuat Alat Proteksi Diri (APD) dan membagikannya untuk para pejuang medis. Meskipun tidak sepenuhnya untuk mencari keuntungan, namun langkah seperti ini dapat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi brand, menjaga kelangsungan bisnis, sekaligus memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.

Promosi Melalui Tim Internal

Tim yang kamu miliki dalam bisnis, baik besar mau pun berskala kecil, merupakan aset yang dapat sangat membantu kelangsungan bisnis pada saat ini. Untuk menyampaikan segala company updates atau adanya promo menarik bisnis kamu secara luas, kamu dapat menyebarkan informasinya melalui seluruh anggota tim untuk dapat menjangkau banyak orang. Selain mempertahankan brand awareness, hal itu juga dapat menjaga tim agar tetap bangga dan memiliki sense of belonging yang tinggi dengan bisnis kamu.

Bila tertarik membahas lebih banyak tentang bagaimana bisnis kamu dapat melakukan promosi di tengah wabah corona, atau setelah mereda nantinya, kamu bisa langsung menghubungi tim kami loh! Konsultasikan secara gratis! Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratisnya ya.

Hello!

Get the latest updates !