News

Bagaimana Cara Membuat Design Iklan yang Efektif di Mobil? Ini Tipsnya!

Wednesday, 3 June 2020
Let everyone know!

Berbicara tentang advertising media atau media periklanan tentu tidak terlepas dari konten iklan yang ditayangkan. Konten dalam iklan terbagi dalam beberapa unsur, seperti copy atau tulisan, dan design atau visual yang menggambarkan inti pesan yang ingin disampaikan. Seperti media iklan pada umumnya, media iklan luar ruang juga sangat memerlukan dua unsur ini untuk menghasilkan pesan yang efektif, tepat sasaran, dan mudah diingat oleh khalayak.

Media iklan di kendaraan atau vehicle advertising bersifat selintas dan tersebar, oleh karena itu, pesan yang dibuat harus dapat membuat khalayak mampu menangkap pesan dalam waktu beberapa saat. Untuk mencapai hal tersebut, kedua unsur penting dalam iklan yaitu konten dan design perlu diperhatikan secara mendalam. Jika dalam unsur konten, yang harus diperhatikan adalah bagaimana membuat kata-kata yang useful, unique, spesific, dan memiliki high sense of urgency; dalam unsur design juga ada tips dan trik yang perlu dilakukan untuk membuat iklan di kendaraan jadi lebih efektif.

Design Content

Content yang dimaksud di sini bukan mengacu kepada copy seperti yang disebutkan di atas, tetapi konten desain yang tertera pada kendaraan sebagai media beriklan. Design content yang disarankan untuk branding di kendaraan yang efektif adalah…

  1. Menampilkan logo / brand perusahaan yang diikuti dengan headline / tagline singkat dengan font yang mudah dibaca dan mencuri perhatian.
  2. Pada bagian beriklan di kendaraan, tambahkan call to action (CTA) atau website perusahaan untuk meningkatkan engagement dengan khalayak.
  3. Headline disarankan kurang dari 6 kata dan mengandung 1 pesan utama.

Contrast

Dalam desain atau visual kreatif, permainan warna adalah hal yang juga wajib diperhatikan. Untuk membuat pesan iklan lebih menonjol, berikan kontras yang sesuai antara content dan background. Dengan begitu, iklan akan lebih menarik dan memudahkan khalayak melihat pesannya walaupun secara singkat.

Less is More

Lebih sedikit, lebih baik. Hal ini mengacu kepada konten, baik secara copy maupun design content. Buatlah sesederhana mungkin, tapi mengandung pesan yang kuat. Disarankan untuk menggunakan beberapa kata saja dan digabungkan dengan visual yang menakjubkan untuk menarik perhatian khalayak. Tujuan utama iklan luar ruang adalah sebagai percakapan awal, untuk awareness, tidak berfungsi untuk memberi tahu informasi yang padat, tapi cukup untuk membangkitkan minat khalayak terhadap brand atau produk yang diiklankan.

Bigger is Better

Kalau secara komposisi content, less is more, dari sisi ukuran tulisan maupun gambar justru bigger is better atau ukuran yang lebih besar akan jauh lebih memudahkan khalayak menangkap pesan kita dan fokus dengan yang disampaikan walaupun tidak banyak kata-kata atau informasi yang diberikan.

Demikian tips dan trik yang dapat diaplikasikan untuk memasang design iklan yang efektif di badan kendaraan. Untuk lebih jelasnya, StickEarn memiliki tim design yang ahli dan telah membantu lebih dari 300 brand membuat iklan yang efektif di badan kendaraan. Jika ingin berkonsultasi langsung seputar design iklan yang efektif, feel free untuk menghubungi kami, kami siap membantu dalam membuat iklan yang impactful, accessible, dan intelligent.

Free Consultation

Get the latest updates !