Secara umum, iklan penawaran adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, kesuksesan promosi, dan tujuan bisnis lainnya. Biasanya, iklan penawaran sering kita jumpai dalam bentuk poster hingga video interaktif menarik yang dapat membujuk hasrat beli konsumen terhadap suatu produk.

Sebenarnya, apa tujuan iklan penawaran? Jika StickFriends penasaran, yuk cari tahu jawabannya melalui artikel berikut ini yang akan mengulas seputar pengertian, tujuan, dan contoh iklan penawaran beserta cara pembuatannya.

Apa Itu Iklan Penawaran?

Iklan penawaran atau iklan niaga adalah salah satu strategi promosi efektif yang mengandung penawaran terhadap barang maupun jasa. Karena iklan niaga mampu menjangkau masyarakat dan target pasar secara luas dalam waktu relatif singkat.

Ciri-ciri Iklan Penawaran

Biasanya, ciri ciri iklan penawaran tersampaikan di beberapa jenis media seperti radio, TV, surat kabar, sampai dengan internet. Selain itu, jenis iklan ini juga kerap tersaji dalam bentuk gambar, poster, hingga video interaktif.

Kelihatannya tak jauh berbeda dengan iklan-iklan pada umumnya, ya. Lantas, bagaimana cara membedakan iklan niaga dengan tipe-tipe iklan yang lain?

Pada dasarnya, terdapat jenis iklan yang berisi layanan masyarakat, permintaan, hingga pengumuman. Iklan niaga biasanya berisikan penawaran serta menjelaskan berbagai keunggulan, fitur, dan benefit agar khalayak publik mau melakukan suatu tindakan tertentu.

Perlu StickFriends ketahui juga, iklan niaga tidak melulu berisikan penawaran terhadap barang ataupun jasa. Tetapi juga bisa mengandung sebuah ajakan (penawaran) untuk melakukan kerja sama.

Ciri ciri iklan penawaran selanjutnya adalah melibatkan pembayaran ruang untuk keperluan pemasaran barang, jasa, maupun tujuan perusahaan. Di samping itu, pihak pengiklan tetap memiliki kendali penuh atas isi atau konten iklan yang ingin mereka sampaikan kepada target pasarnya.

Tujuan Iklan Penawaran

Berikut ini 3 tujuan utama dari iklan niaga yang nantinya StickFriends lakukan, yaitu:

1. Informative Advertising

Salah satu tujuan iklan niaga, yaitu untuk menginformasikan sesuatu kepada masyarakat umum maupun target pasar. Itulah sebabnya, iklan niaga perlu StickFriends buat secara jelas dan informatif. Supaya dapat menciptakan kesadaran akan brand, produk, ciri khas, makna, hingga ide bisnis yang pelaku usaha miliki. Selain itu, iklan ini juga dapat StickFriends gunakan untuk mempromosikan produk baru atau menginformasikan pembaharuan produk yang sudah ada. Jangan lupa juga untuk menyampaikan keunggulan barang atau jasa yang StickFriends tawarkan ketika membuat iklan niaga.

2. Persuasive Advertising

Pada dasarnya, tujuan iklan penawaran adalah untuk mengajak seseorang melakukan suatu tindakan seperti pembelian. Oleh sebab itu, iklan niaga perlu memiliki sifat yang persuasif guna meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka tawarkan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan secara berkualitas dan memuaskan.

Iklan yang bersifat persuasif atau membujuk akan mampu mempengaruhi konsumen dalam mengambil suatu tindakan sesuai dengan keinginan pengiklan. Contoh-contoh tindakan tersebut, yakni mencoba produk baru, loyal terhadap suatu brand, hingga membujuk konsumen untuk beralih ke merek dagang milik pengiklan.

Baca Juga: Apa Itu Branding dan Manfaatnya dalam Marketing!

3. Reminder Advertising

Sesuai judulnya, iklan niaga juga perlu bertindak sebagai reminder untuk mengingatkan pelanggan terkait kebutuhan akan suatu barang atau jasa. Sebagai reminder, iklan niaga juga bertujuan untuk mengingatkan manfaat serta fitur yang akan konsumen dapatkan saat menggunakan produk tersebut.

Oleh karena itu, StickFriends perlu mengingatkan kebutuhan konsumen secara relevan dan selaras dengan keunggulan nyata yang benar-benar ada pada suatu produk tertentu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan kepercayaan pelanggan terhadap brand bisnis yang StickFriends miliki.

Contoh Iklan Penawaran

Berdasarkan penjelasan di atas, apakah StickFriends sudah mulai paham dengan tentang iklan niaga? Jika masih bingung, coba cermati contoh iklan penawaran menarik dan kreatif dari beberapa brand bisnis berikut ini:

1. KFC

Pada tahun 2018 lalu, gerai KFC di Inggris sempat mengalami kesulitan dan tidak bisa menghidangkan menu ayam karena ketiadaan bahan baku utamanya. Cara menyikapi masalah tersebut, pihak KFC memasang kolom iklan secara mandiri yang menampilkan gambar kemasan/ember kosong dengan tulisan ‘FCK’.

Pasalnya, iklan niaga tersebut merupakan bentuk permintaan maaf pihak KFC kepada para pelanggannya. Uniknya, iklan tersebut berhasil mereka sampaikan dengan sangat jelas, ringan, kreatif, dan cukup menghibur.

2. Chupa Chups

Contoh iklan penawaran kreatif lainnya datang dari brand kembang gula asal Spanyol, yakni Chupa Chups. Pada tampilan iklannya, Chupa Chups memakai ilustrasi gambar permen yang tergeletak di tanah bersama deretan semut di sekelilingnya. Uniknya, barisan semut tadi tidak mau menyentuh permen di tanah sebagai penggambaran tidak adanya kadar gula apapun dalam produk Chupa Chups tersebut.

Tentu saja, hal ini dapat meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut dinilai lebih sehat dan jauh lebih aman untuk masyarakat konsumsi.

3. FedEx

FedEx merupakan perusahaan jasa ekspedisi multinasional yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini berhasil membangun ciri khas ikonik pada proses operasionalnya yang hampir selalu didominasi oleh armada truk putih.

Paham dengan ciri khasnya tersebut, perusahaan FedEx memanfaatkannya menjadi sarana beriklan yang hebat, unik, dan sangat menggambarkan bidang bisnis FedEx sebagai jasa pengantaran barang.

Melalui iklan niaga tersebut, FedEx mampu membuktikan bahwa perusahaannya mampu menjadi jasa ekspedisi terdepan dan pilihan utama banyak pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Billboard dan Manfaatnya Bagi Pengiklan!

Cara Pembuatan Iklan Penawaran

Demi menghasilkan iklan yang efektif, StickFriends perlu memegang pedoman dan ciri ciri iklan penawaran agar hasilnya bisa tepat sasaran. Secara umum, ciri-ciri khas dari iklan niaga, antara lain komunikatif, informatif, menarik, dan persuasif.

Supaya bisa mencapai tujuan dan ciri-ciri tersebut, setiap pengiklan perlu mengetahui cara membuat iklan niaga dengan benar. Penasaran bagaimana cara pembuatannya? Ini dia langkah-langkahnya:

  • Buat judul menarik.
  • Unggulkan benefit dan keuntungan penggunaan produk.
  • Berikan ajakan atau CTA (Call-to-Action) secara tegas.
  • Cari platform iklan yang relevan dan berkualitas.

Temukan Platform Iklan Berkualitas di StickEarn!

Khusus masalah pencarian platform pemasangan iklan penawaran berkualitas, serahkan saja pada perusahaan teknologi terkemuka Indonesia, yakni StickEarn.

Bersama StickEarn, StickFriends bebas menggunakan produk atau media iklan dari berkualitas, yang terdiri dari Transportation Advertising, DOOH Advertising, dan Digital Platform Advertising.

Melalui Transportation Advertising, StickFriends dapat melakukan kegiatan branding maupun promosi produk menggunakan media iklan stiker pada armada transportasi. Produk-produk yang tersedia, antara lain Car Advertising, Bus Advertising, Motorbike Advertising, Plane Advertising, Train Advertising, hingga Angkot Advertising.

Periklanan digital out-of-home (DOOH) merupakan salah satu strategi promosi efektif dalam meningkatkan eksposur dan memperluas jangkauan promosi sehingga mampu mencapai banyak target audiens. Aneka produk DOOH Advertising yang dapat dipilih terdiri dari Digitron dan MobileLED Advertising. Bagi StickFriends yang ingin beriklan di kanal media sosial maupun di platform-platform internet lainnya, StickEarn punya rekomendasi produk yang tepat, yaitu StickDigital.

Kalau mau punya bisnis mujur, yuk beriklan bersama StickEarn. Sudah banyak brand-brand terkemuka yang membuktikan kualitas produk periklanan ini, lho. Yuk, coba sekarang juga!

CTA Banner Blog - 01.png