Saat kamu berada di tengah lalu lintas yang padat di kota-kota besar di Indonesia, apakah kamu mulai sering melihat papan iklan OOH dihiasi wajah-wajah artis korea padahal diketahui bahwa brand yang menggunakannya adalah brand lokal? Tidak berhenti sampai di situ, di televisi pun, artis korea banyak berseliweran sebagai bintang utama tv commercial sebuah brand Indonesia.

Mengapa dua hal tersebut bisa terjadi? Tentu saja jawabannya adalah karena demam k-pop yang memberikan pengaruh tinggi, baik di dunia hiburan hingga bisnis. Munculnya k-pop wave ini tercatat ada sejak 10 tahun yang lalu, di mana kalangan remaja hingga dewasa mulai menikmati musik pop dan drama korea. Banyak dari mereka bahkan tak segan membeli merchandise (baju, totebag, tumblr) dengan embel-embel artis korea.

Maraknya penggunaan artis korea sebagai brand ambassador dilihat sebagai fenomena tersendiri. Apa yang membuat brand lokal rela berbondong-bondong memilih artis korea untuk mempromosikan produk mereka yang jelas-jelas target market-nya adalah penduduk asli Indonesia?

Setidaknya ada 4 alasan utama yang melatarbelakangi fenomena tersebut.

Baca Juga: Traffic Update: Kondisi Arus Lalu Lintas Jakarta dan Daerah Lainnya

Sebagai bagian dari strategi marketing

Strategi marketing yang dimaksud di sini adalah pemanfaatan momen hebohnya demam korea di Indonesia. Mungkin di antara kalian juga banyak yang berpikiran bahwa artis korea tersebut kurang relevan dengan brand tertentu. Terlebih jika kita membicarakan produk kecantikan. Sebagian orang berpendapat kulit orang Indonesia tidak dapat disamakan dengan kulit orang korea. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika brand ambassador yang dipilih adalah artis lokal saja.

Kendati demikian, penggunaan artis korea sebagai representatif brand lokal tetap membawa keuntungan sendiri. Semakin banyak brand dibicarakan meski dalam konteks yang beragam, semakin terkenal pula produk tersebut.

Meningkatkan brand awareness produk lokal

Untuk poin ini, faktanya, penelitian telah membuktikan bahwa citra suatu produk mempengaruhi keputusan seseorang untuk membeli. Kuatnya reputasi artis korea serta basis fans yang banyak di Indonesia, menjadi salah satu alasan kuat pelaku bisnis memilihnya. Dengan demikian, keuntungan dari brand awareness yang meningkat akan mudah tercapai.

StickEarn - Blog Artikel [Recovered]-02.png

Mampu menjangkau skala pasar global

Demam k-pop tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga mendunia. Pemilihan artis korea sebagai ambassador brand lokal akan mendorong jangkauan pasar menjadi lebih luas hingga merambah pasar internasional. Tren marketing ini secara tidak langsung menarik investor asing untuk menanamkan modalnya.

Meraup keuntungan dari fans k-pop yang loyal

Apa pun yang dilakukan oleh bintang korea pujaan, akan didukung semaksimal mungkin oleh para penggemarnya. Jika idola tersebut menjadi brand ambassador produk lokal, maka akan muncul hasrat untuk mempromosikannya secara sukarela. Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

Nah, itulah tadi pembahasan tentang 4 alasan utama brand lokal ramai-ramai menggunakan bintang korea sebagai ambassador. Jika brand kamu membutuhkan jasa marketing influencer untuk meningkatkan sales growth, langsung saja hubungi tim StickCreator by StickEarn di accounts@stickearn.com atau agar lebih mudah, bisa klik banner di bawah ini!

CTA Banner Blog - 02.png