Hi StickFriends!

Kita tahu bahwa akhir-akhir ini, warga se-dunia sedang dilanda kecemasan karena virus Corona sedang mewabah. Virus Corona, atau nCov ini telah menyebar di berbagai negara. Di negara-negara lain, seperti China, Jepang, Korea, dan Iran; virus corona telah menelan ratusan korban jiwa dan ribuan orang tercatat telah terinfeksi. Meskipun begitu, sebanyak ribuan warga di dunia juga telah berhasil dinyatakan sembuh.

Bagaimana dengan Indonesia? Kasus pertama bermula ketika 2 warga Depok dinyatakan positif terkena virus Corona, dan langsung mendapatkan penanganan medis. Tercatat pada 5 Maret 2020, dua pasien ibu-anak ini dinyatakan sembuh, mengikuti jejak 53,688 pasien lainnya di dunia yang dinyatakan sembuh dari Corona.

Baik, sekarang kita bisa bernafas lega dan tidak perlu panik, tapi langkah pencegahan tetap harus ada. Jadi apa aja nih, yang harus kita ‘tempelin’ buat terhindar dari virus Corona?

1. Sabun atau Antiseptik

Mencuci tangan secara berkala dan menyemprotkan antiseptik ke tangan adalah salah satu cara paling sederhana sekaligus paling ampuh untuk membunuh berbagai virus, termasuk Corona. Bahkan, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizers secara rutin adalah salah satu cara yang paling direkomendasikan oleh banyak tenaga medis hingga World Health Organization (WHO) karena terbukti sebagai cara ampuh untuk melindungi kita dari virus covid-19.

Mencuci tangan yang dianjurkan adalah mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. Sabun antiseptik jauh lebih baik. Gosok kedua tangan selama 20 detik. Lamanya mencuci tangan ini penting untuk dapat membunuh semua kuman di tangan. Jika bosan menghitung detik per detik, coba gunakan menghitung durasi mencuci tangan yang lebih menyenangkan dengan menyanyikan lagu Happy Birthday selama dua kali, atau sama dengan reff lagu “Love on Top” nya Beyonce di dalam hati. Jangan lupa juga untuk ‘tempelin’ hand sanitizers bersamamu, kemanapun kamu pergi. Produk antiseptik atau hand sanitizer yang dianjurkan adalah yang memiliki kandungan alkohol 60% karena terbukti secara klinis lebih efektif membunuh kuman dan virus.

2. Masker

Apakah kamu pengguna ride-hailing, atau ojol (ojek online)? Atau kamu komuter yang kerap menggunakan kendaraan umum saat bepergian? Kamu pasti familiar untuk menggunakan masker. Dalam dunia sejak covid-19 melanda, masker menjadi kebutuhan primer. Masker juga menjadi salah satu alat pencegahan terpapar virus covid-19 dan sangat direkomendasikan tenaga medis. Sebenarnya, yang lebih efektif untuk mencegah masuknya virus bukanlah masker yang seperti ini, melainkan masker N95.

Meskipun begitu, masker bedah (yang familiar ditemui di berbagai minimarket), lebih mudah ditemukan dan harganya lebih terjangkau, sehingga menjadi opsi yang lebih banyak digunakan. Apa bedanya dengan masker N95? Masker N95 adalah masker yang dibuat khusus untuk menyaring partikel dan virus berbahaya di udara. Perlu diingat, ketika melepaskan masker (masker bedah ataupun N95), usahakan untuk tidak memegang bagian depan masker ya, karena bagian tersebut penuh kuman yang menempel. Gunakan masker secara tepat untuk benar-benar terlindung dari virus. Anjuran pemakaiannya adalah ‘tempelin’ atau gunakan masker di wajah dengan posisi yang tepat, dimana sisi berwarna pada masker bedah harus menghadap ke luar dan sisi dalam yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Jangan lupa untuk buang setelah digunakan dan cuci tangan setelah melepasnya. Jangan lupa untuk selalu double check bahan masker yang dianjurkan, hindari yang bahannya terlalu tipis.

3. Vitamin C dan Suplemen Penambah Imun

Kamu bisa mencegah terkena virus Corona dengan menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin C dan suplemen penguat sistem imun. Untuk daya tahan tubuh yang lebih kuat, kamu juga bisa memperkuat imunitas dengan Vitamin E dan D (vitamin D bisa didapatkan juga jika kamu rajin berjemur). Kamu juga sebaiknya menghindari rokok, tidur yang cukup, rutin berolahraga, dan makan makanan yang berprotein dan matang. Mungkin terdengar klise namun hal-hal tersebut adalah cara pencegahan yang terlihat biasa namun efektif untuk melindungi diri dari terkena virus Corona.

Virus Corona akan masuk ke dalam tubuh yang kondisinya sedang tidak fit, layaknya virus lainnya. Tempel terus vitamin dan suplemen-suplemen ke mana pun kamu beraktivitas. Kamu bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk tablet atau dalam bentuk minuman kemasan, untuk mendapatkan perlindungan dari dalam tubuh.

Hingga saat ini, kita tahu bahwa pandemi belum berakhir dan kita harus selalu waspada untuk tidak terpapar virus covid-19. Bagaimana jika kamu lupa membawa survival kit ini ketika bepergian? Tenang, jangan khawatir karena kamu dapat membeli produk-produk ini ATLAS Smart Vending Machine. ATLAS Smart Vending Machine adalah mesin ritel pintar dari StickEarn yang menyediakan berbagai kebutuhan seperti makanan, minuman, hingga produk kesehatan.

Baca juga: ATLAS: Vending Machine Indonesia yang Pintar untuk Gedung Anda

ATLAS Smart Vending Machine sudah tersedia di beberapa titik di Indonesia, untuk menemukan lokasinya, kamu bisa download aplikasi ATLAS Mobile Smart Vending Machine dan cari lokasi mesin terdekat. Kamu juga tidak perlu antri, bisa belanja sambil menjalankan physical distancing, tanpa perlu sentuh mesin karena kamu bisa mengintegrasikan layar vending machine ke hp kamu untuk belanja, dan tanpa uang tunai karena pembayaran dilakukan secara cashless menggunakan QRIS.

Temukan survival kit untuk melindungi diri dari pandemi dengan produk-produk di ATLAS Smart Vending Machine terdekat. Stay safe, stay healthy, dan tetap jaga pola hidup sehat untuk bisa menang dari pandemi ini.

Cari Survival Kit