Bagi warga ibukota Jakarta, salah satu moda transportasi harian yang sering digunakan ialah kereta Commuter Line. Moda transportasi tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para pekerja yang tinggal di kota-kota penyangga ibukota atau sebaliknya

Namun, saat ini Commuter Line tak hanya digunakan sebagai sarana transportasi publik saja. Transportasi itu juga dimanfaatkan sebagai media iklan di KRL oleh sebagian brand. Pasalnya, banyaknya pengguna harian KRL, sehingga memungkinkan promosi bisnis lihat oleh ratusan mata konsumen.

Berdasarkan data yang kami dikumpulkan dari Nielsen, rata-rata pengguna KRL menghabiskan 57 menit untuk melakukan perjalanan. Jadi, bukan tidak mungkin iklan di dalam KRL yang Anda buat lebih diperhatikan oleh banyak orang.

Pelajari juga Case Studies brand yang beriklan di KRL Jabodetabek di bawah ini

Rute KRL Commuter Line

Agar Anda mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif, silakan simak infografik periklanan OOH KRL telah kami buat di bawah.

Infografis_Media Iklan di KRL yang Menguntungkan_StickEarn.png Source: Doc. StickEarn - Manfaat beriklan di kereta Commuter Line.

Selain itu, 47% dari profil pengguna KRL berasal dari status sosial ekonomi menengah dan 45% dari total penumpang berstatus karyawan yang bekerja di Jakarta.

Mereka menggunakan moda transportasi ini untuk menjangkau tempat kerja, sekolah, ataupun berwisata setiap hari libur. Adapun rute yang digunakan di antaranya ialah 5 Commuter Line Jabodetabek.

Rute-rute tersebut dimanfaatkan juga oleh StickEarn sebagai wadah beriklan di kendaraan untuk marketers. Terdapat 5 rute Commuter Line yang bekerja sama dengan StickTrain (sekarang dikenal dengan nama Train Advertising) untuk branding iklan di kereta, yaitu:

1. Bogor - Jakarta Kota

Rute Bogor - Jakarta Kota melewati 23 stasiun di sepanjang rute dan merupakan salah satu rute krl dengan kepadatan penumpang paling tinggi. Rute ini juga menjadi penghubung penumpang yang tinggal di daerah pemukiman, menuju Universitas Indonesia dan juga beberapa pusat perbelanjaan.

2. Bogor - Jatinegara

Rute Bogor - Jatinegara adalah rute Commuter Line terpanjang dengan total 29 stasiun yang dilewati rute ini. Pada rute ini juga terdapat stasiun transit di 2 pusat perbelanjaan besar Jakarta, yaitu Pasar Tanah Abang dan Pasar Jatinegara.

3. Cikarang - Jakarta Kota

Terdapat 15 stasiun sepanjang jalur Cikarang - Jakarta Kota dengan 65% penumpang dari rute ini berstatus sebagai karyawan. Rute ini cukup banyak melewati area pemukiman penduduk dan juga beberapa spot pariwisata seperti Kota Tua Jakarta.

4. Rangkas - Serpong - Tanah Abang

Rute ini menjadi jalur transit bagi kawasan pemukiman yang sedang berkembang, yaitu area Serpong dan Bintaro. Terdapat 19 stasiun yang tersebar sepanjang jalur ini dan saat ini ada 16 unit krl yang beroperasi di rute ini.

5. Tangerang - Duri

Rute ini adalah rute yang menghubungkan kota Tangerang ke Jakarta dan melintasi kawasan pemukiman yang juga pada penduduk. Jalur ini juga merupakan jalur transit bagi penumpang yang ingin ke area pusat perbelanjaan dan universitas di Jakarta Barat.

Traffic Insight Beriklan di KRL Jakarta

Berdasarkan data yang kami kumpulkan pada bulan Februari 2021, tercatat adanya peningkatan penumpang sebesar 8% jika dibandingkan dengan bulan Januari 2021. Selain itu, rute Cikarang - Jakarta & Bogor Jakarta menjadi 2 rute dengan peningkatan penumpang tertinggi yaitu sebesar 30%.

Hal ini menunjukkan bahwa perlahan-lahan mobilitas masyarakat di wilayah Jakarta dan kota-kota sekitarnya semakin meningkat. Kereta Api Commuter Line menjadi saranan transportasi yang begitu diandalkan.

Sticktrain Traffic_Feb 2021-01.png Source: Doc. StickEarn - Infografik data penumpang transpotasi publik.

Branding Perusahaan di KRL

Dari pemaparan data sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa iklan di KRL adalah media transportasi dengan visibilitas iklan yang cukup tinggi. Bahkan lebih tinggi dari media lain karena 55% penumpang lebih memperhatikan iklan yang berada di kereta setiap harinya.

Keuntungan beriklan dari media tersebut dapat Anda lihat lebih lanjut melalui infografik yang ada di bawah.

sticktrain-insight.png

Train Advertising StickEarn

Lebih lanjut, ada berbagai jenis train branding atau pemasangan iklan di KRL yang dilakukan oleh Train Advertising StickEarn, di antaranya ialah pemasangan iklan dalam kereta melalui di hanging alley, wall panel, hand grip, inside door branding, ceiling panel, wall branding, dan exterior wrap.

Selain itu, brand juga dapat beriklan secara digital di KRL dengan menggunakan TVC atau Television Commercial yang ada di gerbong kereta. Brand pun dapat memasang iklan di stasiun kereta dengan media lightbox yang tersedia di beberapa stasiun KRL.

stick-train__location.jpg Source: Doc. StickEarn - Infografik tempat iklan di dalam KRL yang bisa brand manfaatkan.

Baca juga: Spot Iklan di KRL yang Bisa Dimanfaatkan untuk Promosi

Tertarik Beriklan di KRL Menggunakan Train Advertising?

Beriklan di kereta api Commuter Line kini tengah menjadi pilihan berbagai brand. Tak hanya perusahaan tertentu yang menayangkan iklan di moda transportasi itu, tetapi perusahaan yang bergerak di bidang perfilman, fashion, dan event management juga memanfaatkannya.

Jika Anda tertarik memanfaatkan media iklan outdoor ini, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn melalui Train Advertising. Kami siap membantu Anda membuat dan menyebarluaskan iklan yang lebih inovatif dan berdampak kepada para komuter.

CTA Banner Blog - 01.png