StickFriends yang sedang ingin membuat iklan untuk bisnis baru kalian atau StickFriends yang sedang ingin membuat iklan untuk sebuah perusahaan baru, tapi bingung harus mulai dari mana? Back to basic aja! Yaitu memahami unsur-unsur iklan itu sendiri. Sebenarnya kenapa sih kita perlu memahami unsur iklan?

Unsur iklan adalah dasar yang harus dipahami oleh seorang advertiser supaya StickFriends tidak bingung memulai dan membuat iklan yang bisa menarik banyak customer. Tidak sedikit advertiser atau copywriter yang melupakan unsur iklan yang paling mendasar sehingga kesulitan dan mengalami writer’s block.

Unsur - Unsur Iklan Untuk Membuat Iklan Menarik

Memahami unsur-unsur iklan itu sangat penting, lho! Supaya StickFriends bisa menjadi seorang advertiser yang profesional. Apa saja sih unsur pembentuk iklan? Yuk simak di bawah ini!

1. Penawaran

StickFriends, sebelum membuat iklan, kalian harus tahu kalau iklan yang bagus itu harus menawarkan keuntungan atau menawarkan sebuah alasan langsung kepada audience untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk yang kita iklankan atau bahkan langsung membeli produk yang kita tawarkan.

Bagaimana caranya supaya audiens mau membeli produk yang kita iklankan? Pertama, produk yang kita tawarkan pun harus bisa menjadi solusi bagi audience atau target market kalian. Produk kalian harus bermulai dari sebuah masalah di masyarakat dan kemudian produk kita harus bisa menjadi solusinya.

Sebagai contoh unsur iklan penawaran adalah penawaran dari Gojek. Siapa yang tidak tahu dengan layanan yang satu ini? Tapi tahukah kalian kalau Gojek pertama kali hadir dari sebuah permasalahan ojek pengkolan yang sulit didapatkan dan terkadang tarifnya yang seringkali ‘menembak’ penumpang.

Solusi yang ditawarkan Gojek inilah yang kemudian membuat banyak orang beralih menggunakan Gojek untuk memenuhi kebutuhan transportasi.

Baca Juga: Ini Pengertian Iklan Penawaran & Contohnya Yang Kreatif!

Terus bagaimana bisa tahu kalau produk kita bisa memecahkan permasalahan apa sementara kita bukan product development-nya?

Seperti yang sering dilakukan di StickEarn, ketika kita ingin menentukan produk tersebut bisa memecahkan permasalahan apa, maka kita akan mempelajari product story.

Pastinya, seorang product development akan menyiapkan product story, dan tugas kita sebagai advertiser adalah mengemasnya menjadi sebuah penawaran yang menarik.

Hal inilah yang membuat penawaran menjadi unsur iklan yang paling utama.

2. Headlines

Headlines adalah unsur iklan yang membuat iklan menarik. Judul dari iklan ini biasanya menawarkan pratinjau singkat dan tajam tentang apa yang kamu tawarkan. Judul dari iklan kalian bisa menjelaskan kepada pembaca manfaat atau penawaran utama yang Anda berikan.

Secara umum, headline adalah bagian terbesar dari iklan dan ia menempati posisi di bagian atas. Headlines yang baik adalah headlines yang bisa menarik audiens untuk melihat atau membaca iklan sampai akhir.

Contoh unsur iklan headlines yang menarik adalah headlines dari Tokopedia x Gosend:

“Gabung Bikin Untung! Pengiriman Instan, Ongkirnya Gratisan”

Baca Juga: Copywriting: Bagaimana ‘Copy’ yang Menarik dan Contohnya

3. Gambar

Iklan dalam bentuk apapun baik cetak maupun online, membuat iklan tanpa gambar seperti sayur tanpa garam! Tetap bisa sih beriklan layaknya iklan baris seperti iklan jual rumah yang ada di koran-koran. Tapi apakah iklan seperti masih relevan?

Iklan yang tidak memuat gambar biasanya akan sulit audiens terima, khususnya kalau audiensnya di masa sekarang. Ketahuilah, manusia itu makhluk visual. Otak manusia pun lebih cepat memproses gambar dan warna dibanding tulisan.

Oleh karena itu StickEarn menyarankan StickFriends untuk menambahkan gambar di setiap iklan yang kalian buat untuk menarik audiens dan memberikan ilustrasi produk yang Anda tawarkan.

Kalau iklan berbentuk video seperti yang Anda tayangkan di videotron, Anda bisa menggunakan artis yang sedang tren atau naik daun yang bisa membuat audiens Anda tertarik.

Baca Juga: Iklan Online: Promosi Terbaik Untuk Tingkatkan Penjualan

4. Body

Unsur iklan selanjutnya adalah body atau badan iklan. Body iklan ini biasanya berisi detail tentang penawaran, detail tentang toko atau produk, dan informasi lain yang ingin ditonjolkan.

Body iklan sebaiknya dibuat dalam bentuk teks pendek dan mudah dibaca. Supaya pembaca lebih mudah membaca detail iklan, buatlah dalam bentuk singkat per poinnya. Beberapa contoh unsur iklan pada body adalah penulisan syarat dan ketentuan promo, pengenalan brand atau produk kalau masih baru. Misalnya:

“XXX Cosmetics adalah brand lokal pertama yang punya 54 warna foundation”

5. Call To Action

Call to Action juga menjadi unsur iklan yang membuat iklan menarik. Unsur iklan ini berupa urgensi yang membuat audiens harus membeli atau menggunakan produk StickFriends. Jadi, kalian tidak hanya memberitahu pembaca tentang produk yang kalian iklankan, tetapi mendorong mereka untuk tergerak dan menggunakan produk kalian.

Supaya Call To Action ini bisa semakin menarik konsumen, kalian juga boleh membuat kalimat-kalimat persuasif dan terkesan FOMO (Fear of Missing Out). Contohnya:

“Diskon 90%, Senin Harga Naik!”

“Ambil diskonnya sekarang, slot terbatas!”

6. Informasi Kontak dan Logo Toko

Informasi kontak dan logo adalah unsur iklan yang sangat krusial. Tanpa informasi kontak dan logo, audiens akan kesulitan mengenali brand dari StickFriends. Oleh karena itu, pastikan di setiap iklan sudah mencantumkan logo dan informasi kontak.

Informasi kontak pun tidak selalu berupa nomor telepon, bisa juga dalam bentuk akun sosial media ataupun aplikasi. Hal yang terpenting adalah audiens kalian bisa menemukan kalian dengan mudah.

7. Penempatan Iklan

Letak sebuah iklan juga menjadi salah satu unsur iklan, lho StickFriends. Kalau penempatan iklan kalian tidak tepat, maka iklan kalian tidak akan bisa menarik audiens. Sebagai contoh, brosur produk atau iklan yang dibuang setelah dibagikan.

Pernahkah kalian bertanya-tanya, kenapa brosur tersebut dibuang? Ya, salah satu alasannya adalah mereka tidak butuh brosur tersebut atau produk yang ditawarkan tidak menjawab permasalahan mereka.

Sebelum menempatkan sebuah iklan pastikan, tempat penempatannya sudah sesuai dengan target audiens. Saat ini, iklan sudah mulai diimplementasikan pada platform digital seperti MobileLED ataupun Digital Billboard.

Contoh, iklan Gojek di sebuah billboard di lokasi jalanan macet. Hal ini memberi pesan kepada orang yang terjebak macet kalau Gojek akan mempermudah perjalanan karena tidak harus menyetir sendirian, atau menggunakan Go-ride agar lebih cepat sampai tujuan daripada mengendarai mobil sendiri.

Yuk Beriklan Bersama StickEarn!

Itulah 7 unsur-unsur iklan yang harus kalian ketahui. Sudah baca penjelasan ini tapi tetap masih bingung harus gimana memulai iklan sendiri? Beriklan bersama StickEarn aja yuk!

StickEarn adalah marketplace advertising yang menghubungkan brand dari berbagai industri di seluruh dunia untuk menemukan pengiklan atau advertiser yang berkualitas dan terpercaya.

Kenapa sih harus pakai StickEarn?

  • Platform All-in-One

Pengiklan dapat memanfaatkan semua saluran untuk pembelian, perencanaan, dan pengelolaan holistik - termasuk penawaran inventaris premium dan pribadi - dengan satu antarmuka.

  • Wawasan & Data Lebih Dalam

StickEarn khusus membantu merek untuk menggabungkan data di berbagai sumber dan menampilkan wawasan nyata serta kinerja media. Hal ini memungkinkan mereka untuk melihat gambaran yang lebih besar yang kamu perlukan untuk merencanakan kesuksesan bisnis secara efektif.

  • Berkualitas

StickEarn menyediakan jasa OOH, DOOH, dan Digital Inventory dengan tenaga kerja yang profesional. Saat ini, StickEarn telah memiliki 100+ mitra dengan lebih dari 10.000+ aset.

Yuk, pakai StickEarn untuk membuat dan menciptakan iklan sesuai dengan unsur iklannya!

CTA Banner Blog - 02.png