Di era digitalisasi muncul berbagai inovasi dan tren marketing terbaru yang dapat marketers manfaatkan. Salah satunya ialah dalam bidang tulis-menulis menggunakan copywriting AI atau Artificial Intelligence.

Dengan mengarahkan mesin untuk menulis copy iklan atau artikel menggunakan tools copywriting AI seperti ChatGPT, Anda sudah bisa menghasilkan content marketing yang menarik. Hasil pekerjaan AI juga bisa diedit agar sesuai dengan yang Anda inginkan.

Namun, yang menjadi pertanyaan ialah apakah copy AI gratis dan bagaimana cara menggunakannya? Sebab, sebagian orang belum mengetahui tentang hal tersebut. Apakah Anda juga?

Jika iya, Anda bisa menyimak penjelasan StickEarn di bawah. Di artikel ini kami membahas langkah-langkah menyusun copywriting menggunakan AI dan tools atau aplikasi/situs apa saja yang bisa Anda gunakan untuk membuat tulisan.

Pelajari juga case studies brand yang beriklan menggunakan copy yang unik:

Sekilas tentang AI Copywriting

copywriting ai ialah tulisan yang dibuat oleh mesin.jpg Source: Maxpixel - Copywriting AI ialah tulisan yang dibuat oleh mesin.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai teknik Copywriting AI, Anda harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Copywriting AI bisa dibilang bukanlah istilah baru dalam industri marketing saat ini.

Kata-kata "copywriting" dan "AI" tentunya sering Anda dengar dalam berbagai kesempatan. Neil Patel dalam artikel "Best AI Copywriting Tools (2023 Update)" menyebutkan bahwa copywriting AI pada dasarnya adalah alat untuk menghasilkan suatu tulisan, dengan topik tertentu, melalui sistem komputer.

Tulisan yang dihasilkan oleh sistem ini diklaim Patel sangat alami. Pebisnis bisa menghasilkan beberapa tulisan untuk materi iklan mereka dari mesin komputer. Hasil tulisannya pun tak jauh berbeda dengan tulisan manusia.

Dari sistem itu, Anda bisa membuat artikel yang umumnya panjang atau caption Instagram singkat untuk keperluan media sosial. Menariknya, Anda juga bisa memerintah AI untuk membuat tulisan mengenai deskripsi produk Anda dengan cepat.

Terkait naturalisasi tulilsan yang dihasilkan, beberapa perusahaan ada yang mengklaim bahwa tulisan yang dihasilkan oleh AI writer mereka cukup alami. Tulisan mesin ini tak sekaku Google Translate.

Dikutip dari rasa.io, salah satu klien mereka, yaitu American Marketing Association (AMA), mampu meningkatkan returning customer dan engagement rate hanya dengan AI copywriting saja.

Perusahaaan AI tersebut pun berhasil membantu AMA membuat 10.000 lebih newsletter untuk subscriber AMA. Menakjubkan, bukan?

Baca juga: Ciri-Ciri Bahasa Iklan yang Baik & Menarik Serta Contoh

Bagaimana Cara Menggunakan AI Copywriting?

Jadi, jangan membayangkan tulisan yang dihasilkan oleh mesin (AI) kaku seperti buatan bot, ya, StickFriends. Kalau Anda lihat dari hasilnya, kami yakin Anda pun akan terkesima.

Pasalnya, teknologi yang hadir dalam copywriting software makin ke sini makin canggih dan pintar. Ia bekerja dengan cara menganalisis konten serupa untuk kemudian menghasilkan copy terbaru dan bebas dari plagiasi.

Namun, jika kita bicara tentang cara kerjanya, tools tersebut tidak dapat bekerja sendiri. Ia harus diberi perintah terlebih dahulu mengenai topik yang ingin Anda buat. Baru setelah itu, AI dapat menghasilkan tulisan berdasarkan topik yang Anda inginkan.

Bila penasaran, Anda bisa mencoba salah satu free tool copy AI yang tengah populer saat ini, yaitu ChatGPT yang dibuat oleh OpenAI.

Diketahui dari CNN, ChatGPT mampu menghasilkan tulisan deskriptif dalam berbagai bahasa. Hasilnya juga komprehensif dan tidak kaku.

Anda dapat mengakses ChatGPT melalui website copywriting yang dibuat oleh OpenAI. Lalu, masukkan ide yang Anda inginkan. Sangat mudah!

Kelebihan dan Kekurangan Copywriting AI

Manfaat copywriting berbasis AI.jpg

Source: Freepik - Copywriting AI memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Meskipun diklaim canggih, tetapi copywriting AI memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, StickFriends.

Oleh karena itu, bila sampai di sini Anda tertarik untuk menggunakannya, kami sarankan agar menyimak dan mempertimbangkan faktor-faktor yang ada di bawah ini terlebih dahulu.

Kelebihan Copywriting Generator AI

Berdasarkan kelebihannya, copywriting AI yang bisa menghasilkan tulisan dari berbagai bahasa, khususnya bahasa Indonesia, dan memberikan berbagai manfaat lain untuk perusahaan, di antaranya seperti berikut.

  • Bisa menghasilkan berbagai tulisan, mulai dari tulisan deskriptif hingga yang singkat, dari macam-macam topik yang pengguna tentukan.
  • Bisa memproduksi tulisan dalam waktu singkat
  • AI tidak akan mengalami masalah Writer Block seperti manusia.
  • Sebagian besar tools copywriting AI bisa diakses di semua jenis perangkat.

Kekurangan Copywriting AI

Manfaat yang dibawa oleh kemajuan teknologi di bidang content marketing ini sangatlah membantu, tetapi jangan lupa bahwa secanggih-canggihnya suatu perangkat, pasti ada kekurangannya juga.

Berikut kelemahan AI copywriting yang harus Anda pahami sebelum berinvestasi di tools tersebut.

  • Walaupun menghasilkan tulisan baru, tetapi hasil tulisan dari copywriting AI untuk marketing mempunyai kemiripan dengan tulisan orang lain.

  • Tools tersebut juga tidak bisa membangkitkan emosi pembaca. Hal ini perlu Anda pertimbangkan matang-matang bila ingin membuat copy iklan yang menarik. Sebab, menambahkan sedikit emosi pada sebuah copy adalah keharusan yang sedapat mungkin hadir dalam tulisan Anda.

  • Dalam beberapa topik, tulisan yang dibuat masih terasa kaku.

Baca juga: Pengertian Brand Equity: Elemen, Tahapan & Contoh Penerapannya

Membuat Copywriting yang Kreatif untuk Iklan

tahapan membuat copywriting yang menarik tanpa  bantuan bot.jpg Source: Unsplash - Tahapan membuat copywriting yang menarik tanpa bantuan bot AI.

Berkembangnya copywriting yang menggunakan AI ditandai dengan hadirnya beragam tools atau software untuk membuat copy melalui teknologi tersebut. Memang, kehadirannya memudahkan pekerjaan manusia, tetapi Anda tak bisa bergantung sepenuhnya pada teknologi ini.

Tulisan yang dihasilkan oleh copy AI terkadang tidak natural. Kesan kaku seperti ditulis oleh bot masih terasa.

Frasa dan pemilihan katanya juga kadang kala tidak pas sehingga Anda pun perlu memeriksanya kembali. Sebab, jika tidak dikoreksi, hasilnya bisa menjadi boomerang yang menurunkan profesionalitas bisnis Anda, StickFriends.

Terlebih lagi, copywriting bukanlah suatu topik yang sulit dipelajari. Anda bisa mengimprovisasi pemahaman mengenai copywriting secara mandiri melalui berbagai kursus atau artikel di mesin pencari (Google).

Sebagai saran, Anda dapat mempelajari materi tersebut dengan membaca artikel kami berjudul "Copywriting: Bagaimana ‘Copy’ yang Menarik dan Contohnya". Dari artikel itu, Anda akan mengetahui apa itu copywriting, contoh, dan cara membuatnya untuk pemasaran.

Baca juga: 12 Jenis-Jenis Strategi Pemasaran Terbaik dan Efektif Beserta Contoh

Sudah Siap Membuat Copywriting AI yang Menarik?

Copywriting AI pada dasarnya hanya sekadar supporting tools yang harus Anda awasi di saat menggunakannya. Sebab, jika Anda ingin menghasilkan copy ads atau blog untuk menggencarkan strategi pemasaran, Anda harus memeriksanya kembali.

Hal itu karena apa yang dikerjakan mesin terkadang tidak 100% benar. AI mengambil rangkuman dari search engine, yang bisa jadi belum diperbarui. Selain itu, kemungkinan kesalahan tik atau ejaan pasti ada. Jadi, perlu ditinjau kembali.

Setelah sudah disupervisi, barulah Anda bisa mendistribusikan copy itu ke berbagai kanal. Anda pun dapat menggunakan tulisan AI untuk copy advertising iklan luar ruang di StickEarn, seperti Transportation Advertising, Digital Out-of-Home, maupun Offline-to-Online Advertising.

Bagaimana, tertarik melakukannya? Yuk, berkolaborasi bersama kami dengan klik banner di bawah atau simak lebih lanjut produk-produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png