Periklanan DOOH Advertising atau dikenal juga dengan nama digital out of home sudah ada sejak lama. Kehadirannya begitu dipertimbangkan karena iklan tersebut mampu memberikan hasil yang maksimal untuk promosi bisnis.

Jenis iklan outdoor yang satu ini dapat menghasilkan exposure yang lebih luas. Research and Market melaporkan bahwa DOOH akan tumbuh 30% dari tahun ke tahun hingga 2027.

Oleh karena itu, bila kini Anda berencana menjalankan campaign offline marketing dengan DOOH, Anda wajib mengetahui beberapa benefit yang akan didapat dari iklan digital out of home tersebut. Berikut ulasannya!

Baca juga: Apa Itu DOOH Advertising? Cara Kerja dan Contohnya!

1. Periklanan DOOH Akan Terus Tumbuh

contoh iklan dooh advertising.jpg

Source: - DOOH diprediksi akan terus tumbuh hingga beberapa tahun ke depan.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak riset yang dibuat oleh lembaga survey memprediksikan bahwa iklan out of home, khususnya DOOH advertising, mengalami peningkatan yang signifikan di tahun 2023 ini.

Hal itu ditandai dengan kembali normalnya kehidupan masyarakat setelah dua tahun terpukul pandemi. Masyarakat mulai diperbolehkan beraktivitas di luar rumah sehingga permintaan marketers untuk menaruh spotlights di luar pun turut tinggi.

Di Amerika, riset Upbeat menjelaskan kalau pasar DOOH akan tumbuh pada tahun 2023. Peningkatan yang terjadi pada segmen tersebut diperkirakan mencapai $8,5 miliar. Angka yang fantastis!

Potensi itu juga ditangkap dengan baik oleh tim riset Statista. Perusahaan penyedia data pasar dan konsumen ini mengatakan bahwa mulai tahun 2022 hingga beberapa tahun ke depan, DOOH akan menjadi pilihan perusahaan dalam beriklan.

Karena pertumbuhan dan tren itulah, banyak pengiklan yang kini tak ingin melewatkan DOOH sebagai salah satu channel promosi bisnis mereka.

Sebagai contoh, Anda bisa melihat melalui semangat FIFA menyewa Transportation Advertising StickEarn untuk konvoi dalam rangka mempromosikan e-sport dan video game di Tugu dan Malioboro, Yogyakarta.

2. Exposure Lebih Luas

Tak jauh berbeda dengan online ads, iklan DOOH juga dapat memberikan jangkauan yang lebih luas. DOOH dianggap mampu mengisi kekosongan yang terjadi ketika audiens berada di luar rumah.

Masih dikutip dari Market and Research, sebagian besar warga AS mengatakan kalau mereka senang melihat iklan luar ruangan.

80% dari mereka lebih memerhatikan iklan outdoor saat berada di jalan raya, 83% saat mengemudi, 63% senang melihat iklan saat berjalan di pusat kota, dan 46% senang melihat iklan di transportasi umum.

Begitu juga di Indonesia. Disadar atau tidak, saat aktivitas sudah kembali normal, tak sedikit dari masyarakat kita yang mencoba melepas pandangan dari ponsel dengan melihat iklan DOOH.

Selain platform ini menarik, DOOH juga berusaha hadir mengisi kekosongan waktu luang masyarakat di jalan melalui pesan iklan yang perusahaan buat.

Itulah mengapa, DOOH dianggap mampu memberikan exposure yang luas sehingga bukan tak mungkin campaign Anda akan berhasil.

3. Meningkatkan Keterlibatan Audiens

Iklan DOOH yang Anda buat, katakanlah dengan MobileLED, mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi audiens. Anda bisa mengajak mereka untuk terlibat melakukan sesuatu sesuai apa yang Anda inginkan.

Bahkan, pada action yang lebih spesifik, Anda bisa meminta mereka untuk menghubungkan DOOH dengan channel online yang perusahaan Anda punya.

Aktivitas yang tak bisa ini dapat mendorong interaksi yang tak hanya terjadi secara offline saja. Namun, juga bisa mendorong engagement di dalam online channel perusahaan.

Terkait keuntungan dari DOOH tersebut bisa Anda simak lebih lanjut melalui aktivitas StickEarn bersama 88Rising. Pada saat event HITC, kami mengadakan campaign yang dilakukan melalui iklan offline dan online.

Baca juga: Brand Activation Adalah Strategi Terbaik untuk Branding

4. Mendukung Kreativitas

kreativitas dalam iklan dooh advertising.jpg

Source: Flickr - Iklan digital out of home menggunakan berbagai format sehingga dapat mendukung kreativitas Anda.

Sebagai versi OOH yang lebih mutakhir, DOOH juga diyakini dapat mendukung kreativitas pebisnis.

Bagaimana tidak, iklan digital out of home tersebut sudah menggunakan berbagai media atau format terkini yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Melalui DOOH, Anda bisa membuat copy iklan dengan tulisan bergerak, menggunakan video, atau animasi yang menarik lainnya. Iklan digital outdoor lebih dinamis sehingga bisa Anda manfaatkan untuk berkreativitas.

Seiring perkembangannya, iklan ini juga acapkali gunakan untuk menayangkan video dengan story seperti film. Hasilnya, tentu saja, iklan lebih diperhatikan orang.

5. Menghasilkan ROI yang Lebih Baik

Keuntungan menggunakan DOOH selanjutnya yang akan bisnis dapatkan ialah ROI (Return of Investment) yang lebih baik. Sebagian besar iklan DOOH yang ditawarkan, kini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih.

Pebisnis bisa memanfaatkan hal itu untuk melakukan segmentasi market dengan lebih sempurna lagi. Iklan akan tampil kepada orang-orang yang tepat sehingga penjualan berpotensi meningkat.

Keunggulan Lainnya dari DOOH yang Harus Anda Ketahui

Periklanan DOOH juga memberikan keuntungan lain untuk membantu keberhasilan promosi bisnis Anda, yakni iklan tidak bisa di-skip, tidak dapat di-mute oleh konsumen, dan tidak dapat diblokir.

Oleh karena itulah, DOOH atau iklan luar ruang menjadi iklan yang tak dapat dihindari konsumen.

Dapatkan Keuntungan DOOH Sekarang!

Itulah tadi keuntungan yang akan Anda dapat saat beriklan menggunakan DOOH Advertising. Jika disimpulkan, digital out of home mampu membantu perusahaan menyukseskan campaign promosi, bukan.

Namun, agar manfaat tersebut bisa Anda rasakan secara maksimal, Anda memerlukan bantuan platform DOOH profesional seperti StickEarn. Kami menyediakan layanan iklan DOOH untuk kebutuhan marketing, seperti iklan di Mobile LED, DigiTron, dan Vending Machine Advertising.

Iklan DOOH ini dapat ditempatkan di berbagai lokasi strategi dan dibekali teknologi AIM (Audience Intelligence Measurement) sehingga mampu memberikan awareness dan laporan yang lebih lengkap.

Untuk pemahaman lebih lanjut, Anda bisa pelajari produk DOOH StickEarn atau klik banner di bawah agar langsung mendapatkan penawaran spesial dari kami.

CTA Banner Blog - 01.png