Jenis iklan luar ruangan atau outdoor advertising makin hari makin berkembang. Bila dahulu spanduk dan reklame menjadi media iklan paling fungsional karena banyak digunakan, saat ini berbeda.

Di era tren pemasaran hari ini, muncul berbagai macam iklan di jalan yang bisa menjadi pilihan Anda. Tak hanya itu, perkembangan teknologi dan digitalisasi juga berhasil membuat iklan tersebut juga makin canggih, sehingga Anda bisa menjalankan campaign promosi yang lebih efektif lagi.

Statista bahkan menyebutkan bahwa seiring berkembangnya iklan luar ruang atau OOH Advertising (Out-of-Home), belanja iklan tersebut naik sebesar US$38.41 milyar di 2023 ini. Berbagai brand menganggarkan budget pemasarannya untuk mempromosikan produk di media tersebut.

Oleh sebab faktor itulah, Anda pun perlu meng-update insight terkait apa saja iklan yang termasuk OOH di era sekarang. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membuat strategi promosi yang tepat menggunakan media ini.

Pelajari Case Studies Brand yang Beriklan di Luar Ruang:

Apa Itu Iklan Luar Ruangan?

jenis iklan luarangan yang ada di jalan.jpg

Source: flickr - Ilustrasi iklan luarangan yang bisa menjadi contoh.

Sederhananya, iklan luar ruangan adalah iklan yang tampil di luar ruangan, seperti di jalan, pusat perbelanjaan, dan area tertentu, misalnya di kendaraan.

Karena hadir di luar ruang, maka target dari iklan ini ialah orang-orang yang berada di luar, seperti pengguna jalan, pengunjung mal, atau penumpang kendaraan.

Terkait media iklan luar ruangan ini, Anda bisa mendapatkan insight lebih dalam mengenai definisi OOH melalui artikel Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Media Iklan Luar Ruang

Jenis-jenis Iklan Luar Ruangan Paling Populuer

Ada beberapa jenis iklan OOH yang populer di era ini. Beberapa di antaranya sudah menjadi primadona pebisnis dalam mempromosikan produk.

Hal itu karena jenis iklan tersebut dianggap paling tepat dalam mencapai goals yang ingin mereka capai. Lantas, apa sajakah contoh-contoh media promosi luar ruangan paling populer?

1. Baliho

Jenis iklan luar ruangan yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda yang sering hilir-mudik di jalan. Wajar saja karena baliho sering digunakan untuk menyampaikan suatu pesan, baik itu pesan bisnis, organisasi, maupun kelompok tertentu.

Umumnya, baliho dipilih sebagai media untuk menyebarkanluaskan awareness perusahaan kepada masyarakat. Ukurannya yang besar diklaim mampu mencuri perhatian orang.

Baliho juga dibalut dengan material kayu, logam, fiberglass. Materi iklan yang digunakan ialah banner atau poster iklan berupa gambar statis yang dicetak tebal.

Dengan begitu, keberadaan baliho tidak akan mengganggu keamanan dan kenyamanan orang yang berada di jalan.

2. Billboard

Billboard atau sering disebut reklame luar ruangan sepintas mirip dengan baliho. Ukuran dan bentuknya acapkali membuat orang keliru.

Namun, baik baliho maupun billboard mempunyai perbedaan, StickFriend. Billboard berukuran jauh lebih besar daripada baliho.

Selain itu, materi iklan yang dipromosikan juga tak tampil dalam format gambar (iklan statis), tetapi dalam bentuk gambar bergerak (dinamis). Lalu, billboard lebih mudah dikenali karena dibekali pencahayaan yang tajam sehingga jauh lebih kontras di mata para pengguna jalan.

Berdasarkan jenisnya, billboard dikategorikan menjadi beberapa bagian, di antaranya LED billboard, neonbox, backlit dan frontlite, dan lain sebagainya.

Dari semua kategori itu, pada dasarnya billboard sama-sama memberikan keuntungan dan kelebihan masing-masing untuk pengiklan. Bahkan, media yang satu ini juga tergolong efektif untuk digunakan.

Anda bisa memasang billboard dengan menargetkan beberapa wilayah sasaran. Anda dapat beriklan di daerah Jakarta atau dengan pasang billboard di luar Jakarta, seperti di Bandung, Surabaya, Malang, dan wilayah luar Jawa lainnya.

Sebagai brand, Anda bisa menyerahkan pemasangan billboard di luar Jakarta bersama StickEarn. StickEarn siap membantu Anda untuk menayangkan iklan di media tersebut.

Baca juga: Apa Itu Billboard dan Manfaatnya Bagi Pengiklan?

3. Videotron

Videotron merupakan bentuk nyata dari perkembangan iklan luar ruangan, StickFriend. Iklan OOH yang satu ini hadir dalam balutan teknologi canggih sehingga bisa membuat promosi Anda lebih bersinar.

Videotron adalah iklan luar ruangan yang mempromosikan produk dalam bentuk video. Nantinya, video tersebut akan diputar terus-menerus sesuai kesepakatan Anda dengan perusahaan iklan.

Meski bisa membuat promosi on point di mata audiens, Anda wajib membuat konten video yang menarik di videotron ini, ya. Soalnya, jika video Anda tidak dikemas dengan story dan copy iklan yang baik, bisa saja promosi Anda diabaikan orang.

Berdasarkan jenisnya, videotron terbagi menjadi beberapa kategori. Jika Anda tertarik memanfaatkan media ini, Anda bisa beriklan di videotron indoor, seperti di dalam gedung, atau di videotron outdoor, seperti videotron yang menempel di badan gedung bertingkat

Mungkin Anda bisa belajar dari "Cerita Sukses IKEA Beriklan di MobileLED". Lewat campaign iklan di MobileLED Advertising StickEarn, brand ternama itu bisa mendapatkan exposure bisnis yang optimal.

Pasalnya, iklan di MobileLED Display Truck memungkinkan iklan Anda untuk dibawa ke berbagai tempat. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan layar LED kendaraan ini untuk menampilkan konten promosi yang menarik dan kreatif.

Selain MobileLED, Anda juga bisa memanfaatkan Display Truk sebagai sarana brand activation melalui Mobile Showcase. Mobil Showcase Advertising adalah produk StickEarn yang mirip MobileLED, tetapi kendaraan ini tidak dibekali layar LED.

Badan truk diubah menjadi suatu ruangan yang dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan campaign engaging bersama audiens secara offline. Contohnya, kampanye iklan Cadbury bersama StickEarn.

4. Megatron

Popularitas videotron membuat masyarakat keliru dalam mengartikan jenis iklan megatron. Sebabnya, baik megatron maupun videotron, sering dianggap mirip.

Padahal, megatron berbeda dari videotron. Perbedaan itu dapat Anda temui pada ukuran kedua iklan ini. Ukuran megatron jauh lebih besar dibanding videotron.

Meski sama-sama menampilkan iklan berbentuk video, tetapi video yang tayang di megatron sangat jelas dengan resolusinya yang besar.

Contoh dari iklan megatron dapat Anda jumpai di layar LED video yang ada di Sudirman dan layar besar lainnya yang dipasang di pusat keramaian.

5. Transportation Advertising

contoh iklan luar ruangan ialah transpotation advertising.jpg

Source: Pixabay - Iklan di kendaraan bisa Anda jumpai di badan mobil transportasi umum.

Transportation advertising mempunyai jenis yang beragam. Iklan yang tampil di moda transportasi ini tak hanya bisa Anda jumpai di kendaraan roda dua saja.

Akan tetapi, Anda juga bisa melihat bentuk nyata dari transportation ads tersebut di badan mobil, kereta, angkot, maupun pesawat yang dibalut stiker iklan produk.

Nah, kalau Anda ingin punya gambaran lebih mengenai jenis iklan kendaraan, Anda bisa kunjungi deretan produk StickEarn ini.

6. Wall Painting

Bila jenis iklan di atas menggunakan media papan, kayu, dan kendaraan, wall painting advertising berbeda. Wall painting adalah seni iklan di dinding yang digunakan perusahaan untuk memasarkan produk.

Iklan mereka tidak dicetak, kemudian dipasang. Namun, digambar atau dilukis di dinding yang ada di lokasi tertentu, yaitu lokasi yang memang diperuntukkan untuk beriklan.

Bentuk wall painting atau penerapannya bisa Anda lihat di sekitar Jakarta Utara, tepatnya di kawasan Priuk. Sebagian jalanan tersebut digunakan pemerintah untuk mempromosikan campaign edukasi.

Dengan menggandeng seniman, pemerintah membuat pesan edukatif untuk masyarakat, khususnya yang tinggal dan lewat di sekitar kawasan Tanjung Priok. Anda pernah melihatnya juga tidak?

Contoh lainnya ialah activity wall painting Samsung bersama StickEarn. Dalam rangka meluncurkan produk barunya, Samsung menyulap dindin kawasan mBloc sebagai sarana promosi sekaligus brand activation yang menarik.

Melalui media ini, Samsung dapat menarik perhatian dan melibatkan audiens terhadap promosinya.

7. Pylon Signs

plang iklan luar ruangan untuk branding.jpg

Source: Unsplash - Contoh pemasangan plang iklan luar ruangan Pylon Signs.

Pernah lihat papan besar yang menjulang di pinggir jalan bertuliskan nama perusahaan atau toko tidak? Kalau pernah, itu contoh dari pylon signs.

Pylon Signs adalah media iklan luar ruangan berupa papan petunjuk. Biasanya, papan ini dipasang dengan tujuan untuk menunjukkan arah atau lokasi dari toko maupun perusahaan.

Jenis iklan ini tak hanya tampil dalam balutan papan tanda saja. Terkadang, pylon signs dimodifikasi sedemikian rupa agar tampak unik sehingga mampu mengambil perhatian orang.

Keunggulan iklan pylon signs tak hanya dapat mempromosikan perusahaan, tetapi efektif dipakai untuk jangka panjang. Pylon Signs dapat Anda gunakan selama beberapa tahun dan tidak mudah dirusak oleh cuaca.

8. Vending Machine Advertising

Vending Machine Advertising termasuk baru dalam jenis iklan luar ruangan. Teknologi ini hadir saat berkembangnya machine learning dan artificial intelligent.

Dengan menggunakan Vending Machine, Anda tak hanya bisa mempromosikan produk di badan mesin. Namun, Anda juga bisa menjual barang dagangan secara langsung tanpa menggunakan pramuniaga.

Media iklan Vending Machine terbilang canggih. Menggunakan teknologi mutakhir dan inovatif, Anda bisa menjual produk lewat bantuan teknologi di mesin ini.

Nantinya, konsumen cukup melakukan transaksi pembayaran sesuai petunjuk di mesin dan memilih barang yang akan di beli di Vending Machine tersebut

Walaupun tergolong baru, tetapi sudah banyak perusahaan yang meliriknya. Tak sedikit brand yang akhirnya menggunakan Vending Machine untuk mempromosikan produk mereka.

Kalau Anda ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai jenis iklan luar ruangan tersebut, Anda bisa menyimaknya dan melihat contoh produknya di produk StickVend.

Contoh Iklan di Luar Ruangan Lainnya

baliho iklan di jalan.jpg

Source: Pixabay - Baliho iklan yang mengedukasi soal pemakaian masker.

Selain iklan di atas, contoh iklan luar ruangan lainnya juga bisa Anda temui pada jenis-jenis berikut:

  • Spanduk
  • Poster
  • Direction Signs
  • Accessible Signs

Tentukan Jenis Iklan Luar Ruangan yang Tepat untuk Promosi Anda!

Itulah dia berbagai jenis iklan luar ruangan yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mempromosikan produk. Dari yang kami sebutkan, yakni baliho, billboard, videotron, megatron, transportation ads, dan Vending Machine, dapat dikatakan paling populer karena sering dipilih brand untuk beriklan.

Namun, apapun pilihan media iklan OOH yang Anda ingin gunakan, Anda bisa menyerahkan pemasangannya kepada StickEarn. Melalui StickEarn, iklan yang Anda buat tak hanya tersebar luas, tetapi dapat memberikan feedback positif untuk bisnis.

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan insight dari campaign marketing yang sudah dibuat bersama kami. StickEarn menyediakan report dan wawasan dari kampanye yang dilakukan, sehingga iklan Anda akan makin terukur dan dapat dioptimalkan di kemudian hari.

Jika tertarik berkolaborasi, silakan klik banner di bawah untuk langsung beriklan atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png