Menentukan media untuk mempromosikan suatu produk di iklan luar ruangan bukan pekerjaan yang mudah. Ada beberapa faktor yang akhirnya membuat Anda bingung dalam memilih pasang iklan billboard atau MobileLED.

Selain karena kedua media ini sama-sama menjadi andalan para pengiklan, pemilihannya juga perlu dilakukan secara tepat. Sebab, setiap strategi marketing offline yang akan dilakukan pasti akan mempengaruhi keberhasilan bisnis Anda.

Ditambah lagi, belanja iklan OOH diproyeksikan mencapai US$38,41 miliar pada tahun 2023 ini. Jika tidak cermat dalam menganggarkan dan memilih jenis promosi offline, kampanye pemasaran tidak berjalan sesuai harapan.

Nah, agar Anda dapat menentukan iklan billboard atau MobileLED Truck Advertising yang tepat untuk iklan, Anda wajib menyimak pembahasan StickEarn di bawah ini. Sebagai market leader OOH & DOOH di Indonesia, StickEarn siap mengarahkan Anda dalam memilih media iklan yang sesuai untuk bisnis.

Baca juga: 7 Tren Outdoor Advertising untuk Meningkatkan Penjualan

Pengertian Iklan Billboard

contoh iklan di billboard digital yang kreatif.jpg Source: Doc. StickEarn - Beriklan di billboard sering menjadi brand karena menguntungkan.

Iklan luar ruangan terus mengalami peningkatan, khususnya dalam segi penampilan. Beberapa tahun lalu mungkin Anda lebih mengenal spanduk dan reklame.

Seiring bertransformasinya iklan tersebut, OOH juga menghadirkan media baru yang disebut digital out of home. Iklan itu terdiri dari beberapa jenis, di antaranya seperti billboard 3D, videotron, dan megatron.

Terkait billboard yang kita bahas ini ialah billboard digital. Lalu, apa itu billboard? Billboard digital atau 3D adalah papan atau media iklan yang tampil dalam balutan digital di pinggir jalan.

Materi iklan dalam billboard hadir di layar LED. Billboard terkadang menempel dengan gedung bertingkat yang menjadi tempat billboard itu berada.

Format yang digunakan dari billboard digital lebih maju dibanding billboard statis. Hal itu karena billboard digital sudah didukung oleh teknologi mutakhir, sehingga dapat menampilkan visual yang dinamis, seperti video, gif, dan animasi.

Di Amerika, billboard mampu menarik 57% perhatian konsumen dan 32% sisanya mengaku hampir setiap waktu melihat iklan di billboard. Artinya, iklan tersebut memang mampu mencuri perhatian publik.

Begitu juga iklan billboard di Indonesia. Jika Anda perhatikan, billboard digital mulai banyak dipasang di mana-mana. Banyak brand yang memanfaatkan media itu sebagai sarana promosi kreatifnya.

Untuk mengetahui contoh dan jenis iklan billboard, harga pasang, dan manfaatnya, silakan Anda simak artikel "Apa Itu Billboard dan Manfaatnya bagi Pengiklan". Dengan menyimak pembahasan tersebut, Anda pun akan mendapatkan insight yang lebih mendalam.

Pengertian MobileLED

iklan di mobile led videotron yang unik.jpg

Source: Doc. StickEarn - Iklan di badan mobil dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

MobileLED atau lebih dikenal mobile billboard adalah billboard digital yang tampil di badan truk. Iklan di media ini tak hanya stay di jalan saja, tetapi iklan akan dibawa oleh pengemudi kendaraan untuk hilir-mudik di rute yang sudah ditentukan pengiklan.

Menurut LED Craft, MobileLED lebih canggih daripada billboard statis maupun dinamis. Pasalnya, iklan truk tidak hanya mampu menampilkan berbagai materi promosi dari klien, tetapi juga dapat menyajikan insight usai kampanye yang terukur dan berguna.

Ketika mobil wara-wiri di jalan, MobileLED dapat mendeteksi keramaian di lokasi yang dilaluinya. Dilengkapi dengan teknologi AI yang canggih, media ini pun dapat melacak tayangan dan jangkauan, StickFriends.

Bahkan, iklan yang tampil juga jauh lebih fleksibel untuk dilihat oleh audiens. Tak hanya satu arah pada bagian tertentu saja, audiens juga bisa melihat iklan kreatif brand di berbagai sisi: kanan, kiri, maupun belakang mobil

The Neuron Intelligent Connections menyebutkan bahwa layar LED yang digunakan dalam iklan MobileLED dapat mencuri perhatian publik secara cepat.

MobileLED ads dibekali dengan cahaya lampu yang sempurna, sehingga kendaraan ini tampil paling mencolok dibanding mobil lainnya yang ada di jalan. Riset LED Craft menyebutkan bahwa 98% MobileLED lebih diperhatikan orang.

Keunggulan lain dari beriklan di MobileLED bisa Anda rasakan dari kustomisasi rute yang menjanjikan. Sebagai pengiklan, Anda diberikan hak untuk mengatur sendiri rute perjalanan MobileLED yang telah disewa.

Umumnya iklan di MobileLED akan menyasar audiens di lokasi tertentu dan potensial. Jik ditarik di Ibukota, MobileLED Advertising StickEarn dapat Anda gunakan untuk tampil di lokasi bisnis, seperti di Sudirman, Senayan, dan lokasi sibuk lain.

Selain itu, Anda pun bisa mengatur sendiri waktu penayangan iklan di media ini. Misalnya, Anda dapat mengatur jam operasi agar tampil di saat prime time, misalnya jam berangkat kerja, makan siang, maupun pulang kerja.

Di StickEarn, produk MobileLED kami dapat melakukan hal tersebut dengan mudah. Sebagai klien, Anda dapat memilih hari penayangan, waktu, dan urutan iklan sesuai keinginan. Iklan Anda pasti akan StickEarn secara tepat!

Baca juga: Manfaat Beriklan di Mobile Billboard dan Digital Billboard

Mana yang Lebih Efektif, Iklan Billboard atau MobileLED?

iklan outdoor yang efektif.jpg

Source: Unsplash - Apa iklah offline efektif untuk bisnis?

Bicara soal efektivitas beriklan sebenarnya tak bisa dilihat hanya dari kelebihan atau kekurangan masing-masing media pilihan saja. Anda juga perlu menelaah tujuan dari promosi yang ingin dilakukan.

Apapun iklan yang Anda pilih, entah itu online advertising ataupun offline seperti iklan MobileLED, balik lagi kepada objektif yang ingin dicapai. Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness sewa iklan di billboard atau MobileLED dapat Anda manfaatkan.

Namun, jika tak hanya sekadar awareness, tetapi ingin mengadakan activity offline yang lebih cepat, terukur, dan engaging, maka MobileLED jawabannya.

MobileLED dapat Anda gunakan menginformasikan dan menawarkan produk kepada khalayak. Selain itu, jenis iklan tersebut juga dapat brand manfaatkan sebagai sarana brand activation yang efektif.

Lalu, Mobile Display Advertising dilengkapi dengan teknologi canggih. Bermodalkan teknologi itu, Anda akan mendapat feedback mengenai laporan keberhasilan iklan secara langsung dan lengkap.

Terkait aktivitas offline yang dilakukan oleh berbagai brand bersama MobileLED, dapat Anda lihat melalui contohnya campaign 88Rising di Heads in the Clouds (HITC) Jakarta 2022 lalu bersama kami.

Event berskala internasional itu menggunakan MobileLED Advertising StickEarn untuk mempromosikan HITC. Tak sekadar berlalu-lalang, setiap pengguna jalan yang melihat mobil iklan, dapat mengikuti aktivasi atau giveaway agar mendapatkan tiket HITC gratis.

Promosikan Iklan Anda di Billboard atau MobileLED!

Iklan di billboard maupun di MobileLED Advertising sangat efektif untuk bisnis. Kedua media ini sering menjadi pilihan, sehingga terkadang membuat brand, khususnya perusahaan yang baru mau beriklan di offline, bingung.

Namun, untuk bisa memanfaatkan keduanya, Anda perlu meninjau kembali objektif marketing yang ingin dicapai. Apakah objetif promosi sesuai dan bisa diakomodasi oleh billboard atau MobileLED.

Oleh karena itu, tentang efektivitas kedua media ini, lagi-lagi kembali pada tujuan dari masing-masing perusahaan, ya. Setelah Anda tahu tujuan pemasaran produk, Anda bisa menyerahkan pemasangan iklan di billboard atau MobileLED kepada StickEarn.

Kami menyediakan berbagai layanan OOH, DOOH, dan Digital Advertising yang bisa menjadi pilihan untuk mencapai tujuan iklan. Tertarik berkolaborasi? Silakan klik banner atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png